Hanya Berusia Enam Hari, Rekor Jude Bellingham Rontok di Laga Spanyol Kontra Polandia

Gilabola.com – Rekor Jude Bellingham sebagai pemain termuda di ajang Euro dikalahkan Kacper Kozlowski yang membela Polandia di laga melawan Timnas Spanyol yang berakhir imbang 1-1, Sabtu (20/6) dini hari.

Bellingham harus menerima nasib rekornya itu hanya berumur enam hari saja. Padahal ia baru saja pecahkan rekor Jetro Willems yang sudah sembilan tahun tak pernah terpecahkan, saat ia turun sebagai pemain pengganti di laga Inggris kontra Kroasia dan menjadi pemain termuda yang pernah berlaga di ajang Piala Eropa.

Sabtu dini hari, rekor itu telah berpindah tangan. Kacper Kozlowski bermain melawan Spanyol sebagai pemain pengganti Mateusz Klich di menit 55 di usia 17 tahun 246 hari. Atau, 103 hari lebih muda dari Bellingham ketika ia turun di laga melawan Kroasia akhir pekan lalu.

Advertisement

Gelandang asal klub Pogon Szczecin itu sebelumnya sudah memulai debutnya di kompetisi internasional saat ia bermain dalam kemenangan 3-0 atas Andorra di kualifikasi Piala Dunia pada bulan Maret 2021. Sama seperti Jude Bellingham yang juga diturunkan sebagai pemain pengganti, saat itu Kozlowski juga turun menggantikan Piotr Zielinski.

Ia kemudian bermain menggantikan Klich dan juga Zielinski masing-masing dalam pertandingan persahabatan melawan Rusia serta Islandia pada awal bulan ini, sebelum lakoni pertandingan terbesar dalam karirnya, yakni melawan juara Eropa 2008 dan 2012.

Diungkapkan Daily Mail, Jetro Willems berhasil bukukan rekor tersebut pada tahun 2012 ketika ia memulai debutnya di laga pembuka Timnas Belanda melawan Denmark di turnamen yang sama pada usia 18 tahun 71 hari.

Namun, mantan bek kirim Newcastle itu masih mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang menjadi starter di ajang Euro, setelah ia dimainkan sejak kickoff pertandingan melawan Denmark. Jadi, ini menjadi rekor yang sama-sama bisa diperjuangkan Jude Bellingham maupun Kozlowski.

Dini hari tadi, Timnas Polandia akhirnya berhasil bukukan skor imbang setelah sundulan kepala Robert Lewandowski membatalkan keunggulan Spanyol yang memimpin di awal laga lewat gol Alvaro Morata. Tim asuhan Paulo Sousa ini menyamakan kedudukan tepat sebelum Kozlowski masuk lapangan.

Kozlowski sudah masuk lapangan saat Spanyol sia-siakan peluang emas untuk bukukan gol penentu kemenangan, ketika Jakub Moder secara tak sengaja menginjak Gerard Moreno, dan Spanyol mendapat hadiah penalti setelah VAR. Eksekusi penalti yang langsung dilakukan Moreno berhasil digagalkan kiper Polandia, Wojciech Szczesny

Polandia saat ini bertengger di posisi juru kunci Grup E dengan hanya koleksi satu poin. Sedangkan Spanyol, sebelumnya mendapat dua penalti, lalu Slovakia tiga hadiah penalti dan Swedia empat penalti.