Hasil Amerika Serikat vs Belanda 2-0, Final Piala Dunia Wanita 2019

Hasil Amerika Serikat vs Belanda 2-0, Final Piala Dunia Wanita 2019

Gilabola.com – Hasil Amerika Serikat vs Belanda pada final Piala Dunia Wanita 2019 hari Minggu (7/7) malam usai 2-0. Amerika mempertahankan gelar juara.

The Stars and Stripes berhasil mempertahankan gelar juara mereka di ajang Piala Dunia Wanita setelah mengalahkan Oranje dengan skor 2-0 pada pertandingan final turnamen itu pada hari Minggu malam.

Pertandingan berlangsung seru dan seimbang pada babak pertama, meski tidak ada gol. Kedua tim terlihat saling menyerang dengan Belanda lebih suka menunggu dan menyerap tekanan dari Amerika, sebelum melepaskan serangan balik.

Tim Oranje beberapa kali terlihat mengubah formasi mereka guna beradaptasi dengan gelombang serangan yang tak kunjung henti dari Amerika Serikat. Oranje berusaha memanfaatkan ruang kosong yang ditinggalkan anak-anak Amerika setiap kali mereka maju ke depan.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Namun nasib buruk Belanda terjadi di babak kedua saat sebuah penalti dijatuhkan wasit pada menit 61. Dan selisih kurang dari delapan menit kemudian mereka menambahkan gol kedua.

Amerika Serikat Lebih Siap, Belanda Tertolong Kiper van Veenendaal

Amerika Serikat tampak jauh lebih siap daripada Belanda menghadapi partai final ini. Hal itu terlihat dari statistik pertandingan. Pada pertengahan paruh kedua permainan di Groupama Stadum ini sudah empat tembakan on target serta delapan percobaan serangan yang meleset berhasil dilepaskan oleh The Stars and Stripes. Bandingkanlah itu dengan hanya satu tembakan off target oleh Belanda.

Peluang terbaik pada babak pertama terjadi menit 28 dalam sebuah situasi bola mati. Julie Ertz menyambar bola lambung hasil sepak pojok dengan tendangan voli, tapi kiper Sari van Veenendaal tampil cekatan dan menepis bola menjauh.

Aksi hebat kiper van Veenendaal terulang kembali pada menit 38 saat ia bukan hanya sekali, tapi dua kali melakukan penyelamatan hebat menggagalkan serangan dari Samantha Mewis dan Alex Morgan. Demikian juga menit 41 saat Morgan melepaskan satu serangan yang tertuju ke sudut bawah gawang. Kiper Sari van Veenendaal membanting tubuhnya dan menepis bola keluar.

Laporan Babak Kedua Amerika Serikat vs Belanda

Situasi menegangkan terjadi menit 59 babak kedua saat sebuah kaki tinggi menyambar Alex Morgan yang kemudian terjatuh di dalam kotak penalti Belanda. Wasit menyimak tayangan VAR sebelum memutuskan tendangan penalti bagi tim berjuluk USWNT itu. Di saat yang sama Stefanie van der Gragt dikibaskan kartu kuning untuk posisi kakinya yang terlalu tinggi.

Bintang Amerika Megan Rapinoe maju sebagai eksekutor dan melepaskan tendangan keras. Saking kerasnya kiper Sari van Veenendaal yang sepanjang babak pertama tampil mengesankan, tak sempat bereaksi. Skor pun berubah 1-0 untuk Amerika. Itu tadi merupakan sebuah rekor sendiri karena merupakan gol ke-25 The Stars and Stripes. Terbanyak yang pernah ada dari satu tim di kompetisi ini.

Kurang dari 10 menit kemudian, terjadilah gol kedua timnas Amerika Serikat. Gol ini lahir dari sebuah serangan balik kilat dari Rose Lavelle, yang menerobos masuk ke sisi tengah dan kemudian melepaskan tendangan kaki kiri yang ternyata melesat ke gawang! Sebuah gol yang hebat!

Tidak ada gol lagi. Hasil Amerika Serikat vs Belanda pada final Piala Dunia Wanita 2019 usai 2-0. Dengan hasil ini The Stars and Stripes berhasil mempertahankan gelar juara mereka!

Starting XI Amerika Serikat vs Belanda

Amerika Serikat (4-3-3): Alyssa Naeher; Kelley O’Hara, Abby Dahlkemper, Becky Sauerbrunn, Crystal Dunn; Rose Lavelle, Julie Ertz, Samantha Mewis; Tobin Heath, Alex Morgan, Megan Rapinoe.

Belanda (4-3-3): Sari van Veenendaal; Desiree van Lunteren, Stefanie van der Gragt, Dominique Bloodworth, Anouk Dekker; Jackie Groenen, Sherida Spitse, Danielle van de Donk; Lineth Beerensteyn, Vivianne Miedema, Lieke Martens.