Hasil Austria vs Makedonia Utara di EURO 2020, Menang Mudah di Laga Perdana

Gilabola.com – Hasil Austria vs Makedonia Utara di pertandingan pembuka Grup C EURO 2020 malam ini ditutup dengan skor 3-1.

Austria bermain gemilang sejak awal laga dan berhasil menciptakan banyak peluang, meskipun Makedonia Utara pun kerap mengancam wilayah pertahanan mereka. Namun seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya, Austria berhasil memenangkan laga ini – kemenangan pertama mereka di ajang Euro.

Laga di babak pertama ditutup imbang 1-1 setelah Stefan Lainer berhasil membawa Austria memimpin lebih dulu di menit 18. Sepuluh menit kemudian pemain veteran Makedonia Utara, Goran Pandev, berhasil menyamakan kedudukan.

Advertisement

Alih-alih wujudkan impian mereka mengalahkan Austria yang diperkuat banyak pemain bintang, Makedonia Utara kembali kebobolan dua gol lawan di babak kedua. Pemain pengganti Michael Gregoritsch mencetak gol kedua Austria di menit 78, lalu Marko Arnautovic yang juga muncul sebagai pemain pengganti menambahkannya menjadi 3-1 di menit 89.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kedua tim berusaha mendominasi jalannya pertandingan di awal laga. Makedonia Utara secara mengejutkan berhasil lakukan serangan balik, dan mencoba mengancam gawang Austria lewat aksi Ezgjan Alioski. Beruntung upaya ini berhasil digagalkan skuad Austria.

Di menit ke-14, Austria punya peluang bagus saat Martin Hinteregger sodorkan umpan silang ke arah gawang Makedonia Utara. Bola disambar Sasa Kalajdzic dan coba disarangkan ke gawang lawan dengan sundulan kepalanya, tapi bola berhasil diamankan kiper Dimitrievski.

GOOLL!! Austria berhasil memimpin di menit ke-18 saat Stefan Lainer menyambar umpan jauh Marcel Sabitzer dengan tendangan volinya dan menyarangkan bola ke gawang Makedonia Utara dari sudut yang sulit. 1-0 Untuk Austria

Pemain kedua tim cukup kesulitan saat hujan mewarnai pertandingan yang digelar di stadion National Arena, Bucharest, Romania itu. Namun para pemain Austria tampak lebih bersemangat setelah gol Lainer.

Upaya mencetak gol kembali dilakukan Austria, kali ini lewat aksi Kalajdzic. Namun bola berhasil diamankan kiper lawan.

GOOLL!! Goran Pandev berhasil membawa Makedonia Utara menyamakan kedudukan 1-1 di menit 28, setelah blunder dilakukan kiper Austria dan pemain belakang mereka, hingga Pandev dengan leluasa menceploskan bola ke gawang yang kosong. 1-1 Untuk Makedonia Utara!

Pandev menjadi pemain sepak bola tertua kedua yang berhasil mencetak gol di ajang Euro di usianya yang ke-37 tahun 321 hari. Ia berada di belakang bintang Austria, Ivica Vastic, yang mencetak gol ke gawang Polandia di Euro 2008 pada usia 38 tahun 257 hari.

Hingga menit ke-35 Austria unggul dalam penguasaan bola (56:44), meskipun para pemain Makedonia Utara tunjukkan permainan gemilang dan kerap lancarkan ancaman ke wilayah pertahanan Austria. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga jeda turun minum.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, skuad Makedonia Utara mencoba membangun serangan ke wilayah Austria. Namun beberapa kali bola yang berusaha mereka mainkan berhasil diantisipasi para pemain belakang Austria.

Meski demikian, Austria tetap unggul dalam penguasaan bola (57:43) hingga 10 menit pertama. Beberapa kali kiper Makedonia Utara, Stole Dimitrievski, harus tingkatkan kewaspadaan dan amankan bola di awal babak kedua ini.

NYARIS!! Marcel Sabitzer berusaha sodorkan umpan silang yang berusaha dialihkan Marko Arnautovic yang baru turun di babak kedua menggantikan Kalajdzic ke area terlarang lawan. Namun upaya ini berhasil diantisipasi pemain Makedonia Utara.

Pandev kembali mendapat peluang mencetak gol di menit 63. Sayangnya, kali ini bola tembakannya hanya melambung ke atas gawang Austria.

Enam menit kemudian Xaver Schlager mencoba mencetak gol dari luar kotak penalti. Namun sayangnya, tembakan itu masih melebar.

Makedonia Utara harusnya bisa mencetak gol penentu kemenangan mereka di menit 74, saat Eljif Elmas mendapat peluang untuk lakukan tendangan ke arah gawang Austria dari pinggir kotak terlarang. Sayangnya tendangannya seakan tak bertenaga, hingga bola langsung berhasil diamankan kiper Austria.

GGOOLL!! Austria berhasil tunjukkan kekuatan mereka atas tim Makedonia Utara di menit 78 saat tendangan voli Michael Gregoritsch membuat umpan David Alaba bersarang di gawang Dimitrievski. Austria pun kembali memimpin 2-1.

Gregoritsch yang membela klub Augsburg itupun langsung mendedikasikan golnya tersebut untuk Christian Eriksen. Pemain 27 tahun inipun mengukir sejarah di gelaran EURO, di mana ia menjadi pencetak gol ke-700 di putaran final turnamen tersebut.

GOOLL!! Marko Arnautovic menambah koleksi gol Austria menjadi 3-1 setelah lagi-lagi, pemain Makedonia Utara lakukan kesalahan yang membuat pemain Shanghai Port itu dengan mudah menyambar bola dan menggiringnya mendekati gawang lawan. Kiper Dimitrievski pun tak mampu menahan bola tembakan Arnautovic, hingga skor Austria bertahan menjadi 3-1 di menit ke-89.

Susunan Pemain

Timnas Austria (3-5-1-1): Daniel Bachmann; Aleksandar Dragovic/Lienhart, David Alaba, Martin Hinteregger; Stefan Lainer, Konrad Laimer/Baumgartlinger, Christoph Baumgartner/Gregoritsch, Xaver Schlager, Andreas Ulmer; Marcel Sabitzer; Sasa Kalajdzic/Arnautovic.

Timnas Makedonia Utara (5-3-2): Stole Dimitrievski; Ezgjan Alioski, Visar Musliu/Ristovski, Darko Velkovski, Stefan Ristovski, Nikolov/Bejtulai; Elif Elmas, Arijan Ademi, Enis Bardhi/Trickovski; Aleksandar Trajkovski/Kostadinov, Goran Pandev.