Hasil Ballon d’Or 2021: Lionel Messi Menang Ketujuh Kalinya, Kalahkan Jorginho dan Lewandowski

Seperti sudah diduga sejak awal, mantan bintang Barcelona Lionel Messi memenangkan Ballon d’Or untuk kali ketujuh tadi malam, mengalahkan Robert Lewandowski yang menduduki posisi kedua terbaik.

Tanda-tanda penghargaan ini jatuh ke Messi sudah terlihat beberapa menit sebelumnya saat striker Bayern Munchen Robert Lewandowski menang penghargaan Penyerang Terbaik, kategori yang baru diciptakan pada tahun 2021. Jika sang pemain Polandia menang penghargaan striker terbaik, apakah ia juga akan meraih Ballon d’Or? Kecil kemungkinannya.

Sementara itu urutan ketiga diduduki Jorginho. Gelar juara Piala Eropa 2020 dan juara Liga Champions ternyata tidak cukup untuk memberinya penghargaan terbaik individual di dunia sepak bola. Posisi keempat diberikan bagi Karim Benzema dan ranking kelima N’Golo Kante.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Keberhasilan merebut Ballon d’Or 2021 tersebut menjadikan Messi unggul dua penghargaan dari Cristiano Ronaldo yang memenangkannya lima kali, dan unggul empat di atas Michel Platini, Johan Cruyff dan Marco van Basten. Semua legenda sepak bola itu sudah pernah memenangkannya masing-masing tiga kali.

Sepanjang satu setengah dekade terakhir Luka Modric (Real Madrid, Kroasia) adalah satu-satunya pemain lain yang pernah menerima penghargaan Ballon d’Or, dengan acara itu dibatalkan pada 2020 akibat situasi kesehatan dunia yang tidak mengizinkan.

Sang bintang Argentina itu menikmati tahun yang luar biasa sepanjang 2021 setelah membawa Albiceleste meraih kemenangan Copa America, yang merupakan gelar internasional pertamanya, dan menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol pada musim 2020/21 dengan 30 gol.

Messi melakukan transfer kejutan ke PSG pada musim panas 2021 setelah tidak bisa menandatangani kontrak baru dengan Barcelona akibat situasi keuangan klub, yang menderita utang sangat besar sebagai hasil dari mismanajemen direksi sebelumnya.

Penghargaan Ballon d’Or ini datang di saat yang tepat ketika La Pulga berhasil mencetak gol pertamanya di ajang Ligue 1 untuk PSG ke gawang Nantes pada laga 21 November lalu. Di luar liga domestik, Messi sudah menyumbangkan tiga gol dalam tiga penampilan di ajang Liga Champions musim 2021/22 ini.

Daftar 10 Finalis Teratas Ballon d’Or

Sejumlah nama terkenal hilang dari daftar 10 finalis teratas penghargaan Ballon d’Or. Di antaranya Romelu Lukaku dari Chelsea dan Erling Haaland dari Borussia Dortmund. Berikut ini adalah daftar 10 finalis, tanpa urutan tertentu.

  • Karim Benzema, Real Madrid, Perancis
  • Kevin De Bruyne, Manchester City, Belgia
  • Gianluigi Donnarumma, PSG, Italia
  • Jorginho, Chelsea, Italia
  • N’Golo Kante, Chelsea, Italia
  • Robert Lewandowski, Bayern Munchen, Polandia
  • Kylian Mbappe, PSG, Perancis
  • Lionel Messi, PSG, Argentina
  • Cristiano Ronaldo, Manchester United, Portugal
  • Mohamed Salah, Liverpool, Mesir
AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO