Hasil Belanda vs Jerman 2-3, Oranje Bangkit Tapi Kebobolan di Detik Terakhir

Hasil Belanda vs Jerman 2-3, Oranje Bangkit Tapi Kebobolan di Detik Terakhir

Hasil pertandingan Belanda vs Jerman di Johan Cruijff Arena, Senin (25/3), usai dengan skor akhir 2-3. Oranje bangkit dari ketertinggalan dua gol di babak pertama tapi kebobolan gol di detik-detik terakhir.

Namun sebelum itu, dua gol dalam 15 menit di babak pertama dengan cepat meredupkan usaha Belanda mempertahankan gawang mereka. Salah satu duet pertahanan terbaik di dunia, Virgil Van Dijk dan Matthijs De Ligt tak mampu menahan serangan-serangan Jerman yang lebih kreatif. Dari lima tembakan on target oleh Die Mannschaft selama babak pertama, dua berubah menjadi gol.

Gol pertama berawal dari pergerakan Nico Schulz di sisi kiri lapangan, yang menerima umpan dari arah belakang – usai satu bola panjang tim Oranje diintersepsi – dan dengan cepat membawanya ke depan sebelum melepaskan satu crossing berbahaya. Dan benar saja. Leroy Sane mengolahnya sesaat sebelum melepaskan tendangan mendatar ke sudut terjauh gawang dan GOL! 0-1!

Sementara itu gol kedua terlihat jauh lebih mudah. Sekali lagi umpan panjang Belanda diintersepsi dan kemudian dikirimkan jauh ke depan ke arah Serge Gnabry, yang kemudian membawanya melebar sebelum menuruk ke dalam kotak di bawah kawalan bek Liverpool Virgil Van Dijk, sebelum melepaskan tendangan melengkung ke pojok kiri atas gawang Jasper Cillessen. GOL! 0-2!

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Babak pertama usai dengan skor 0-2. Jerman tampil lebih baik. Mereka memanfaatkan kecepatan lari serta ruang kosong di lini pertahanan Belanda untuk mencetak dua gol. Manajer tim KNVB Ronald Koeman akan melakukan rotasi di awal babak kedua.

Nah, benar kan. Ryan Babel yang kurang efektif ditarik keluar, digantikan oleh Steven Bergwijn. Setelah itu dalam rentang 15 menit pula di awal babak kedua, Oranje membalaskan dua gol. Pertama, melalui Matthijs de Ligt menit 48 dan kedua melalui mantan pemain Manchester United, Memphis Depay menit 63.

Gol balasan pertama berawal dari sebuah situasi bola pojok. Usaha pertama mengirim bola ke depan gawang berhasil diblokir, bola kembali ke arah Memphis Depay, yang kemudian mengirim umpan lambung ke depan gawang Manuel Neuer. De Ligt dengan cepat menanduk bola, membuat Neuer tak berdaya. GOL! 1-2! Matthijs de Ligt yang tadi bersalah untuk gol pertama Jerman, kini boleh sedikit lega.

Belum sempat para pemain skuad Joachim Low mengatur nafas, sudah terjadi gol kedua. Memphis Depay memperoleh bola silang dari sisi kiri kotak penalti. Di bawah kawalan dua pemain lawan ia berputar ke kiri dan kemudian ke kanan, sebelum melepaskan serangan pertama yang terlalu lemah, memantul di kaki pemain lawan. Mantan pemain Manchester United itu kemudian menyambar bola muntah, bersarang di gawang Neuer. GOL! 2-2!

Saat semua orang yakin pertandingan akan usai dengan skor imbang 2-2, Nico Schulz membawa kemenangan bagi Die Mannschaft dengan golnya pada detik-detik terakhir laga! Hasil pertandingan Belanda vs Jerman usai dengan skor 2-3.

Susunan Pemain Belanda vs Jerman

BELANDA (4-3-3): Jasper Cillessen; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk (c), Daley Blind; Marten de Roon, Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong; Quincy Promes, Memphis Depay, Ryan Babel. Cadangan: Jeroen Zoet, Patrick van Aanholt, Steven Bergwijn, Luuk de Jong, Marco Bizot, Nathan Ake, Tonny Vilhena, Pablo Rosario, Donny van de Beek, Kevin Strootman, Steven Berghuis, Hans Hateboer.

JERMAN (3-5-2): Manuel Neuer (c); Niklas Sule, Matthias Ginter, Antonio Rudiger; Thilo Kehrer, Leon Goretzka, Joshua Kimmich, Toni Kroos, Nico Schulz; Serge Gnabry, Leroy Sane. Cadangan: Timo Werner, Kevin Trapp, Ilkay Gundogan, Maximilian Eggestein, Marco Reus, Kai Havertz, Julian Brandt, Jonathan Tah, Marcel Halstenberg, Niklas Stark, Marc-Andre ter Stegen.