Hasil Belanda vs Ukraina di EURO 2020: Memphis dan Wijnaldum Kesetanan, Tapi Pasukan Shevchenko Sempat Bangkit

Gilabola.com – Coba semua pertandingan Euro 2020 seperti Belanda vs Ukraina. Seru, saling serang silih berganti dengan drama lima gol terjadi pada Senin dinihari 14 Juni 2021. Pasukan Andriy Shevchenko bangkit setelah tertinggal dua gol tapi Oranje mencetak gol kemenangan pada menit-menit akhir.

Barcelona akan menyesal gagal mendapatkan Georginio Wijnaldum setelah mantan gelandang Liverpool itu mencetak sebuah gol indah pada laga Belanda vs Ukraina pada Grup C Euro 2020, Senin (14/6). Ia mengakhiri performa hebat kiper Georginy Bushchan tadi malam.

Kiper Dynamo Kyiv, Bushchan, tampil luar biasa selama babak pertama laga Belanda vs Ukraina di Johan Cruyff Stadium tersebut, menyebabkan skor tetap 0-0 selama 45 menit pertama. Padahal tidak kurang aksi heroik Oranje, misalnya dribble setengah lapangan oleh Memphis Depay dan empat serangan Wijnaldum, tapi seluruhnya gagal menjadi gol. Ukraina berutang banyak pada kiper Bushchan.

Advertisement

Tapi penampilan hebat penjaga gawang 27 tahun yang menjadi benteng Ukraina itu runtuh juga setelah sebuah crossing pasukan Frank De Boer pada menit 52, yang tertuju pada Memphis di dalam kotak, berhasil diblok olehnya dan bola muntah tertuju ke depan arah lari Wijnaldum yang menyambarnya pada kesempatan pertama. GOL!

Anda bisa melihat adegan gol Wijnaldum itu pada foto di atas. Mantan gelandang Liverpool itu tampil lebih gigih saat mengenakan seragam Oranje daripada the Reds. Sepanjang musim 2020/21 di Liga Champions, misalnya, ia hanya mencatatkan tiga serangan saja. Kini, hanya dalam satu pertandingan melawan Ukraina, ia sudah melepaskan setidaknya lima serangan, dengan satu berubah menjadi gol.

Penampilan hebat Wijnaldum itu akan menyebabkan Barcelona menyesal gagal mendapatkannya, dengan tawaran gaji tim asuhan Ronald Koeman gagal mengimbangi tawaran serupa dari Paris Saint Germain, dengan negosiasi sudah berjalan selama empat pekan.

Gol pertama segera disusul gol kedua oleh Wout Weghorst. Proses terjadinya gol pemain Wolfsburg itu mirip dengan gol pertama. Serangan dari sisi kanan yang tertuju kepada Denzel Dumfries, diblok satu pemain bertahan Ukraina dan bola muntah disambar oleh Weghorst. GOL!

Usai mencetak dua gol, Frank De Boer melalukan dua pergantian ganda dengan memasukkan Nathan Ake dan Owen Wijndal pada menit 64, tapi apa yang terjadi setelah itu? Netherlands malah kebobolan dua gol dalam waktu singkat! Menit 75 oleh Andriy Yarmolenko dengan serangan ke pojok atas gawang Maarten Stekelenburg dan kemudian selang empat menit kemudian oleh Roman Yaremchuk.

Beruntung Denzel Dumfries, yang sepanjang 90 menit beberapa kali gagal mencetak gol, akhirnya menyelamatkan pasukan Frank De Boer, dengan gol hasil assist Nathan Ake, dan disambar dari jarak sangat dekat. Bukan gol yang indah tapi siapa yang peduli? Gol adalah gol dan Oranje kini mencatatkan kemenangan 3-2 yang sangat berarti. Gol mepet-mepet akhir ini mengingatkan pada gol menit 89 sang pelatih Belanda Frank de Boer, 21 tahun silam pada sebuah turnamen Euro.

Dengan hasil Belanda vs Ukraina 3-2 ini, Memphis Depay dan kawan-kawan menduduki urutan kedua Grup C, di bawah Austria yang beberapa jam lalu menang 3-1 atas Makedonia Utara.