Hasil Copa del Rey: Barcelona Lolos ke Final Berkat Gol Tandukan Pique dan Braithwaite

Gila Bola – Barcelona masih memiliki harapan merebut satu trofi musim 2020/21 ini usai lolos ke final kompetisi Copa del Rey, menang 3-0 (agregat 3-2) atas Sevilla pada babak semi final. Gol kedua dan ketiga dilesakkan melalui tandukan Gerard Pique dan Martin Braithwaite.

Sampai dengan menit 87 pertandingan semi final leg kedua Copa del Rey di Camp Nou pada Kamis dinihari ini, suasana muram sangat terasa di bangku cadangan saat skor masih terjaga 1-0, agregat 1-2 bagi keunggulan Sevilla, dengan gol pertama oleh Ousmane Dembele pada menit 12.

Barcelona tertinggal dua gol dari hasil leg pertama semi final Copa del Rey itu, sebulan lalu, sebelum kick-off dimulai di Camp Nou untuk leg kedua pada Kamis dinihari. Harapan besar membuncah setelah pemain Perancis Ousmane Dembele melesakkan gol yang relatif cepat, hasil aksi individual yang egois dengan ia memilih menembak langsung ke gawang Tomas Vaclik daripada mengoper ke rekan-rekannya.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Gol Dembele terjadi setelah permainan satu-dua antara Lionel Messi dan dirinya terhenti dengan bola diblokir satu pemain bertahan lawan. Gagal mengumpan bola kepada sang bintang, pemain Perancis itu mempertahankan bola, berputar dan kemudian mencari ruang kosong. Kesalahan anak-anak Julen Lopetegui itu adalah membiarkan mantan pemain Borussia Dortmund itu berlama-lama menguasai bola. Benar saja, ia memiliki keleluasaan waktu untuk mengincar sudut kanan atas gawang Tomas Vaclik.

Tidak kurang usaha yang dilakukan anak-anak Ronald Koeman. Selama 12 menit pertama saja tercatat ada empat peluang gol Blaugrana, dua kesempatan gagal melalui Dembele dan satu via Messi. Setelah itu dua peluang emas lain terjadi pada menit 32 dan 33. Yang pertama terjadi ketika pemainan satu-dua Messi dan Sergio Busquets berhasil meneruskan bola ke Pedri tapi serangan sang pemain muda sedikit melebar. Selang beberapa detik kemudian, Messi menyerang dari sudut sempit dan hampir saja bola melewati garis gawang Tomas Vaclik. Masih ada Marcos Acuna di sana menyelamatkan gawangnya dengan pembersihan tepat di garis gawang.

Lopetegui mencoba mempertahankan keunggulan satu gol agregat dengan memasukkan tiga pemain sekaligus pada menit 54: Ivan Rakitic, pemain Belanda 26 tahun Karim Rekik dan Jesus Navas guna menggantikan Luuk de Jong, Marcos Acuna dan Aleix Vidal. Tapi justru pada menit 71 satu tendangan salto dari Jordi Alba membentur mistar gawang!

Barcelona vs Sevilla Perjumpaan Ketiga Sebulan Terakhir

Pertandingan Barcelona vs Sevilla pada Kamis dinihari (4/3) merupakan perjumpaan ketiga dua tim tersebut dalam satu bulan terakhir, usai leg pertama satu bulan silam berakhir dengan skor 2-0 untuk tuan rumah di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan. Pertemuan kedua terjadi 27 Februari 2021 di ajang La Liga saat mana Barca membalaskan dendam dua gol melalui Dembele menit 29 dan Lionel Messi menit 85. Sekarang, perjumpaan ketiga berakhir dengan kemenangan bagi Blaugrana.

Sevilla memiliki satu peluang emas menyamakan skor setelah pemain muda Oscar Mingueza menjatuhkan Lucas Ocampos di dalam wilayah berbahaya pada menit 72. Tapi Ocampos yang menjadi algojo penalti gagal melesakkan gol dengan sepakannya berhasil dibaca kiper Marc-Andre ter Stegen.

Tapi momen paling menentukan dari laga semi final Copa del Rey ini adalah diusirnya Fernando pada menit 92 masa injury time, usai menjatuhkan satu pemain Barca tepat sebelum memasuki kotak. Hanya kartu kuning sih tapi itu adalah kartu kuning keduanya. Pasukan Lopetegui bermain dengan 10 orang saja sejak menit 92.

Selang dua menit kemudian Gerard Pique mencetak gol kedua timnya, menyusul sebuah sepak pojok yang dibersihkan secara setengah hati saja dan jatuh ke Antoine Griezmann. Umpan lambung dari sisi kiri kotak berhasil disundul tepat sasaran ke sudut kiri bawah gawang Sevilla. Skor sama kuat 2-2 agregat!

Setelah itu terjadilah gol ketiga pada masa extra time yang merupakan gol kemenangan melalui Martin Braithwaite, yang menjatuhkan diri sembari menyundul bola hasil crossing Jordi Alba.

Dengan hasil Copa del Rey pada hari Kamis (4/3) ini maka dipastikan Barca lolos ke final dan akan menjumpai salah satu dari Athletic Bilbao atau Levante, yang baru akan memainkan leg kedua pada Jumat 5 Maret 2021 dengan skor agregat tengah terjaga 1-1.

Di ajang La Liga Barca tengah menduduki urutan kedua klasemen dengan 53 poin, sama banyak dengan Real Madrid tapi unggul selisih gol. Jaraknya dengan penguasa klasemen terjaga lima poin dengan 13 pertandingan tersisa sampai akhir musim 2020/21. Sementara itu di kompetisi Liga Champions, Barca tertinggal 1-4 oleh PSG usai leg pertama. Setidaknya sudah ada satu trofi yang bisa diperebutkan oleh Blaugrana musim ini.