Hasil EURO 2020: Juara Bertahan Portugal Tersingkir! Tapi Belgia Kehilangan Kevin De Bruyne

Gilabola.com – Satu gol dari Thorgan Hazard, adik dari striker Real Madrid Eden Hazard, berhasil menyingkirkan sang juara bertahan Portugal dari kompetisi Euro 2020. Dengan hasil ini maka Romelu Lukaku akan menghadapi rekan-rekan Italia-nya di Inter pada babak perempat final Euro 2020.

Belgia yang menduduki ranking pertama FIFA berhasil menyingkirkan tim urutan kelima dunia Portugal pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020, Senin dinihari 28 Juni 2021, hasil dari sepakan hebat Thorgan dari luar kotak penalti, yang menyilang ke tiang jauh Rui Patricio.

Cristiano Ronaldo terlihat sangat kecewa dengan gol Thorgan Hazard tersebut, yang diawali dengan umpan pendek Thomas Meunier. Dari jarak sekitar 20-an meter, sang pemain Borussia Dortmund melepaskan tendangan keras yang gagal dihentikan kiper Patricio. Penjaga gawang Wolves itu bisa menebak arah bola tapi kalah cepat dengan momentum si bundar.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Sebelum gol Thorgan terjadi, Fernando Santos akan menjadi manajer yang lebih senang dengan penampilan anak buahnya daripada Roberto Martinez. Pertandingan babak 16 besar di Estadio de La Cartuja di kota Sevilla, Spanyol, ini berlangsung di bawah dominasi Portugal (45:55) dengan kedua tim saling melepaskan serangan (6 banding 22 untuk keunggulan Selecao), dan masing-masing satu dan lima tembakan on target.

Selecao memperoleh dua peluang emas selama 45 menit pertama. Satu usaha dari Diogo Jota melebar, sedangkan serangan dari Ronaldo berhasil dihentikan oleh Thibaut Courtois.

Namun kemenangan Die Roten Teufel in dibayar mahal dengan Kevin De Bruyne cedera usai dijatuhkan oleh Joao Palhinha. Sang gelandang Manchester City itu berhasil pulih untuk beberapa menit namun mengalami kesakitan pada awal babak kedua. Gelandang Napoli Dries Mertens menggantikannya. Melihat cedera yang diderita pemain terbaik Liga Inggris musim 2020/21 itu, besar kemungkinan De Bruyne akan absen untuk sisa kompetisi Piala Eropa ini.

Fernando Santos berusaha menyelamatkan nasib Selecao dengan memasukkan Joao Felix dan Bruno Fernandes pada menit 55, menarik keluar Joao Moutinho dan Bernardo Silva. Hanya dalam waktu 15 menit, sang gelandang Manchester United berhasil menghentikan Eden Hazard dalam satu perebutan bola, yang berujung pemain Real Madrid menderita kesakitan pada tumitnya. Beruntung masih bisa melanjutkan laga.

Romelu Lukaku dan Pepe kemudian terlibat saling dorong saat keduanya saling menyalahkan untuk insiden Bruno Fernandes vs Eden Hazard pada menit 70 tersebut.

Satu pelanggaran yang tidak perlu dari Thomas Vermaelen pada menit 72 menyebabkan satu tendangan bebas dari posisi berbahaya sedikit di luar kotak penalti, yang sayangnya hanya menghantam rekannya sendiri Renato Sanches.

Babak kedua dihiasi banyak sekali free-kicks. Setelah 17 kali tendangan bebas selama 45 menit pertama, jumlah bola mati itu naik dengan 15 sepakan bebas, hanya untuk Portugal. Tujuh sisanya bagi Les Diables Rouges. Itu seperti mencerminkan situasi panas jelang akhir dengan Pepe memperoleh kartu kuning usai menghantam tubuh pencetak gol Thorgan.

Manajer Selecao memasukkan lagi tiga pemain: Andre Silva, Danilo dan Sergio Oliveira guna menggantikan Diogo Jota, Palhinha dan Sanches. Namun peluang gol berikutnya justru datang dari Ruben Dias pada menit 81, saat menyambut sebuah sepak pojok. Beruntung kiper Courtois berdiri pada posisi yang tepat untuk memblok bola.

Selang satu menit kemudian sebuah serangan dari Raphael Guerreiro menghantam tiang kiri gawang Courtois. Tidak cukup melengkung untuk mencapai sisi kosong di sebelah kiri sang penjaga gawang Real Madrid.

Belgia berusaha membalas, namun dua serangan dari Lukaku pada menit 84-85 terhenti sebelum memasuki kotak penalti lawan. Satu di antaranya melalui bloking oleh Ruben Dias. Tidak ada gol lagi meski pun wasit Felix Brych asal Jerman memberikan tambahan waktu lima menit. Juara bertahan Portugal tersisih! De Rode Duivels akan menghadapi Italia pada babak perempat final Euro 2020.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO