Hasil EURO 2020: Ukraina Menang Extra Time, Siap Hancurkan Inggris di Perempat Final

Gilabola.com – Bekas legenda Chelsea ini membawa anak buahnya di timnas Ukraina menang 1-2 atas Swedia, Rabu dinihari (30/6) meski pun mereka membutuhkan gol pada masa extra time, selang dua menit jelang akhir 120 menit, untuk maju dan menantang Inggris di babak perempat final.

Seolah-olah pertandingan Swedia vs Ukraina harus diselesaikan dengan adu penalti saat Artem Dovbyk mencetak gol jarak dekat yang sama sekali tidak indah tapi siapa yang peduli? Pertandingan babak 16 besar di Hampden Park Glasgow ini usai dengan skor 1-2 bagi kemenangan Ukraina.

Hasil ini membawa pasukan Andriy Shevchenko akan menjumpai Inggris pada partai perempat final Euro 2020, yang akan berlangsung pada 3 Juli 2021 di Roma.

Masa 90 Menit Swedia vs Ukraina

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Pertandingan Swedia vs Ukraina berlangsung kurang lebih seimbang dengan pasukan Andriy Yarmolenko sedikit lebih unggul pada babak pertama, sebelum situasi berbalik total selama paruh kedua saat Sebastian Larsson dan kawan-kawan mencari gol kemenangan.

Ukraina yang diasuh oleh legenda Chelsea Andriy Shevchenko lebih dulu unggul melalui gol jarak pendek Oleksandr Zinchenko pada menit 27. Gelandang Manchester City itu berhasil menembak dari jarak pendek yang memantul di tangan kiper Robin Olsen sebelum menembus gawangnya.

Namun sebelum babak pertama berakhir, Emil Forsberg yang sudah melesakkan empat gol sejauh ini di Euro 2020, mencetak gol balasan yang menyamakan skor 1-1. Berawal dari permainan umpan-umpan pendek sedikit di luar kotak penalti, pemain RB Leipzig itu melepaskan serangan jarak jauh yang terpantulkan satu pemain lawan sebelum mengecoh kiper Georgiy Bushchan.

Emil Forsberg memperoleh beberapa kesempatan lain untuk membawa Swedia unggul. Setidaknya dua kali pada 45 menit kedua, ia seharusnya bisa membawa skuad asuhan Janne Andersson itu memastikan kemenangan. Satu kali pada menit 56, serangannya dari tepi kotak hanya menghantam tiang kanan gawang Bushchan. Kesempatan lain terjadi pada menit 69 saat serangannya terpantulkan pada mistar gawang. Sungguh malam yang kurang beruntung bagi pemain Leipzig itu. Setelah 90 menit berlalu tanpa dengan skor sam akuat 1-1, laga terpaksa dilanjutkan dengan extra time 2×15 menit.

Babak Extra Time Swedia vs Ukraina

Peristiwa paling menonjol dari babak extra time adalah ketika Marcus Danielsson dikartu merah wasit Daniele Orsato karena melakukan pelanggaran kasar menerjang kaki satu pemain lawan. Swedia kini hanya memiliki 10 pemain saja di atas lapangan!

Sekedar info, Danielsson adalah pemain dengan clearance terbanyak (28 kali) selama masa penyisihan grup, menang jauh dari peringkat kedua Milan Skriniar (Slovakia, 21 kali) dan Merih Demiral (Turki, 20 kali). Swedia kini harus menjalani sisa masa extra time, dan juga perempat final, tanpa pemain paling tangguh mereka itu.

Perubahan drastis segera terjadi setelah kartu merah Marcus Danielsson, dengan anak buah Janne Andersson memutuskan untuk bertahan total selama sisa 22 menit terakhir. Toh sudah tidak mungkin juga untuk melakukan serangan dengan hanya 10 pemain saja, tanpa meninggalkan ruang besar di belakang. Swedia mengincar adu penalti saat ini. Tapi gol Artem Dovbyk pada masa injury time dari babak extra time menyebabkan tidak terjadi adu penalti! Ukraina maju ke delapan besar dan bertemu the Three Lions.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO