Olympiacos Juara Liga Konferensi Eropa, Susah Payah Menang Atas Fiorentina

Hasil final Liga Konferensi Eropa 2023/2024 antara Olympiacos vs Fiorentina berakhir dengan skor 1-0, gol dari Ayoub El Kaabi di waktu extra time jadi penentu hasil pertandingan.

Olympiacos juara Liga Konferensi Eropa 2023/2024 usai susah payah mengalahkan Fiorentina di babak final yang digelar di OPAP Arena Yunani pada hari Kamis 30 Juni 2024. Gol dari Ayoub El Kaabi di menit ke-116 babak extra time menjadi penentu kemenangan!

Kekalahan Fiorentina ini juga berarti mereka kembali gagal menjuarai Conference League setelah kalah untuk kedua kalinya secara beruntun. Ayoub El Kaabi menjebol gawang Fiorentina pada menit akhir perpanjangan waktu, membawa Olympiacos meraih trofi juara di Athena. Musim lalu, La Viola harus mengakui keunggulan West Ham United di final. Kali ini, mereka kembali pupus harapan untuk meraih kemenangan.

Jalannya Pertandingan

Riccardo Sottil dan Gaetano Castrovilli menjadi pemain Fiorentina yang absen, sementara Olympiacos bermain di kandang sendiri di Athena, meskipun stadion tersebut merupakan markas rival mereka, AEK.

Francisco Ortega kembali dari cedera dan pelatih mereka, Jose Luis Mendilibar (pelatih ketiga Olympiacos musim ini), sebelumnya pernah membawa Sevilla menjuarai Liga Europa musim lalu.

Daniel Podence lepas dari pengawalan Dodo di menit awal dan melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti. Pietro Terracciano, kiper Fiorentina, menepis bola ke tiang jauh. Fiorentina melancarkan serangan balik dari sepak pojok, namun Christian Kouame dan Andrea Belotti gagal memanfaatkan umpan tarik Nico Gonzalez.

Nikola Milenkovic sempat membuat gol pada menit kedelapan melalui sundulan memanfaatkan sepak pojok pendek Cristiano Biraghi, namun dianulir karena offside.

Giacomo Bonaventura mendapatkan dua peluang dalam waktu singkat. Tendangan pertamanya kurang tenaga, sedangkan sundulannya digagalkan oleh kiper Kostas Tzolakis. Sundulan glancing dari Podence pada situasi sepak pojok juga berhasil dihentikan oleh Terracciano.

Tzolakis kembali sigap ketika keluar dari kotak penalti untuk mengamankan bola dari Kouame. Terracciano juga sigap meninju bola sebelum dapat disambar Ayoub El Kaabi di kotak penalti.

Dodo melakukan penyelamatan krusial di kotak penalti sebelum Podence bisa melepaskan tembakan voli. Sundulan Milenkovic dari sepak pojok melebar tipis di tiang dekat.

Fiorentina mendapatkan peluang emas pada menit ke-69. M’Bala Nzola berhasil merebut bola dari pemain bertahan dan memberikan umpan kepada Dodo. Namun, Kouame gagal memaksimalkan peluang tersebut, meski tembakannya masih bisa ditepis oleh Tzolakis.

Olympiacos sempat mengancam pada menit ke-80 melalui tendangan bebas Andre Horta yang hampir disundul masuk oleh Vicente Iborra. El Kaabi juga gagal memanfaatkan situasi serupa.

Pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu. Olympiacos sempat meminta penalti, namun wasit menilai tangan Lucas Martinez Quarta menempel ketat badan. Terracciano kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan melengkung Stevan Jovetic, mantan pemain Fiorentina.

Tzolakis harus menepis tembakan Jonathan Ikone. Namun, Olympiacos memecah kebuntuan pada menit ke-116. Setelah upaya pertama Olympiacos digagalkan Milenkovic, Hezze mengirimkan umpan silang kedua yang disambut sundulan El Kaabi di depan pemain pengganti Luca Ranieri. Keputusan offside sempat dicek VAR dalam waktu yang lama, namun akhirnya gol tersebut disahkan.

Susunan Pemain

Olympiacos: Tzolakis; Rodinei, Retsos, David Carmo, Ortega; Chiquinho, Iborra, Hezze; Podence, El Kaabi, Fortounis. Cadangan: Paschalakis, Papadoudis, Andre Horta, El-Arabi, Alexandropoulos, Quini, Masouras, Joao Carvalho, Jovetic, Richards, Apostolopoulos, Ntoi

Fiorentina: Terracciano; Dodo, Milenkovic, Martínez Quarta, Biraghi; Bonaventura, Arthur; Mandragora; Nico Gonzalez, Belotti, Kouamé. Cadangan: Christensen, Lopez, Beltran, Ikone, Ranieri, Nzola, Infantino, Faraoni, Duncan, Kayode, Parisi, Barak

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!