Hasil Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2020: Diwarnai Hujan Gol, Indonesia Menang Susah Payah 4-2

Hasil Indonesia vs Kamboja di laga pembuka grup B Piala AFF 2020 dimenangkan oleh Skuad Garuda dengan skor 4-2, Kamis (9/12) malam WIB.

Pada laga ini, Indonesia jelas diunggulkan karena dalam lima pertemuan terakhir mampu meraih 4 hasil positif kontra Kamboja. Bermain di Bishan Stadium, tim asuhan Shin Tae-yong sudah unggul cepat saat laga baru berjalan lima menit dari sundulan Rachmat Irianto.

Indonesia kembali menambah golnya dari dari Evan Dimas dan Rachmat Irianto lagi. Meski sudah kebobolan tiga gol, timnas sepak bola Kamboja mampu memperkecil ketertinggalan dari sundulan Yue.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Hasil Indonesia vs Kamboja di babak pertama pun berakhir 3-1 untuk keunggulan Skuad Garuda. Statistik mencatatkan Merah Putih unggul penguasaan bola 58 banding 42 persen. Kemudian melepaskan 4 tembakan on target dan Kamboja 1 kali.

Selepas jeda, Indonesia menambah golnya dari Ramai Rumakiek. Namun, Kamboja usai itu memberikan tekanan yang luar biasa dan mereka pun mampu mencetak gol dari kaki Mony Udom. Bahkan Kamboja kerap membahayakan gawang Indonesia dari kiri dan kanan hingga anak asuh Shin Tae-yong kerepotan.

Meski begitu, Indonesia mampu mempertahankan kemenangan 4-2 di laga perdana Piala AFF dan sementara menempati peringkat kedua klasemen grup B. Kamboja yang sudah telan dua kekalahan berada di peringkat keempat.

Jalannya Pertandingan 

Babak Pertama 

Sejak menit awal, Indonesia langsung menekan pertahanan Kamboja dari sisi kiri. Timnas sepak bola Indonesia pun mendapatkan sepak pojok. Evans Dimas langsung mengirimkan bola ke dalam kotak penalti, Rachmat Irianto yang tak dapat kawalan ketat dengan mudah menyundul bola ke gawang Kamboja. Skor 1-0 buat keunggulan Garuda menit ke-5.

Usai kebobolan, timnas sepak bola Kamboja memberikan respons dari Pisoth tetapi serangan yang dibangun masih bisa dihalau pemain bertahan Indonesia yang dikawal oleh Ryuji Utomo. Menit ke-14, Ezra Walian nyaris mencetak gol andai umpan lambung dari sisi kanan tak dihadang pemain Kamboja.

Berawal umpan lambung dari lini belakang, Evans Dimas yang sedikit melakukan pergerakan di sisi kanan mampu menjebol gawang Kamboja dari sepakan mendatar. Skor 2-0 Indonesia memimpin 2-0 menit ke-18.

Usai itu, Indonesia melakukan percobaan dari luar kotak penalti dari kaki Ezra Walian dan sepakannya masih melebar. Memasuki menit ke-30, giliran Ricky Kambuaya yang miliki peluang untukcetak gol. Sayang, pemain yang berkarier di Persebaya itu sepakannya masih melebar di sisi kanan gawang Kamboja.

Menit ke-33, Rachmat Irianto kembali mencatatkan namanya di papan skor lewat sundulan usai menerima umpan dari sepak pojok dari Pratama Arhan. Terus ditekan, semenit kemudian Kamboja akhirnya dapatkan sepak pojok. Namun, mereka gagal memanfaatkannya untuk mencetak gol.

Menit ke-36, Kamboja mendapatkan sepak pojok dan Sokpheng mengirimkan umpan langsung ke Yue yang menyambutnya dengan sundulan hingga menggetarkan gawang Indonesia. Skor 3-1 di menit ke-37. Usai itu, Indonesia meresponsnya dari sepakan Irfan Jaya dan bola membentur mistar gawang. Bola pantulan pun diambil oleh Ezra Walian. Sayang, sepakannya malah melambung.

Jelang turun minum, Kamboja yang bisa menjebol gawang Indonesia mulai memberikan ancaman-ancaman cukup serius ke Indonesia. Sampai tambahan waktu satu menit tak ada gol lagi dari kedua tim. Hasil Indonesia vs Kamboja di babak pertama keunggulan sementara 3-1 untuk Skuad Garuda.

Babak Kedua 

Di awal babak kedua, Indonesia melakukan dua pergantian memainkan Ramai Rumakiek dan Victor Igbonefo. Kemudian menarik Irfan Jaya dan Ryuji Utomo. Usai itu, Kamboja dapat peluang emas dari Sokpheng. Ia langsung melepaskan sepakan keras dan tembakannya pun masih bisa diantisipasi oleh kiper Indonesia.

Indonesia juga langsung memberikan responsnya melalui serangan balik cepat dari sisi kanan. Evan Dimas yang mendapatkan bola langsung melepaskan sepakan keras dan masih bisa ditepis kiper Kamboja, K Hul.

Berawal serangan yang dibangun dari Witan dan Ricky Kambuaya, akhirnya timnas Indonesia menambah golnya dari Ramai Rumakiek. Pemain yang berkarier di Liga Indonesia untuk Persipura itu melepaskan sepakan keras. Skor 4-1 menit ke-54 untuk Skuad Garuda.

Kamboja mendapatkan tendangan bebas usai pemain Indonesia tangannya mengenai bola. Mony Udom yang mengambil bola langsung melepaskan sepakan keras hingga membentur pagar hidup pemain timnas Indonesia. Arah bola pun berubah hingga menjebol gawang Merah Putih. Skor menjadi 4-2 menit ke-60.

Sampai menit ke-70, kedua tim saling bergantian melancarkan serangan. Bahkan Kamboja nyaris menambah golnya andai sundulan anak asuh Ryu Hirose tak melenceng. Usai itu, konsentrasi pemain Indonesia mulai menurun dan Kamboja nyaris mencetak gol lagi jika Pisoth bisa memanfaatkan operan rekannya dari sisi kanan.

Kamboja pun kembali mengancam dari tendangan bebas Polroth, namun sepakannya masih bisa ditepis dengan baik oleh kiper timnas Indonesia. Skuad Garuda kembali mendapatkan tekanan dari Kamboja dari kiri dan kanan. Polroth kembali mengancam dari kanan dan ia melepaskan tendangan jarak jauh dan bola bisa diamankan kiper Indonesia.

Sampai menit ke-81, Indonesia masih dalam tekanan. Bahkan Merah Putih hampir kebobolan andai kiper Indonesia tak keluar dari sarangannya. Terus ditekan, Indonesia melakukan penyegaran di lini depan menarik Ezra Walian dan memasukkan Kushedya Hari Yudo.

Hingga tambahan waktu tak ada gol lagi yang tercipta. Hasil Indonesia vs Kamboja ditutup 4-2 untuk kemenangan Merah Putih.

Susunan Pemain Indonesia vs Kamboja: 

Indonesia (4-1-4-1) Syahrul Fadil, Asnawi, Ryuji Utomo, Rachmat Irianto, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Ricky Kambuaya, Witan Sulaiman, Evan Dimas, Ezra Walian, Irfan Jaya.

Kamboja (4-3-3) K Hul, Sareth Krya, Yue, Sambath, Rosib Sath, Lim Pisoth, Sosidan, Choun, Ratanak Min, Chanthea Sieng, Keo Sokpheng.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO