Hasil Indonesia vs Myanmar di SEA Games 2023: Pesta Gol! Barce Ramadhan Sananta Antarkan Skuad Garuda Muda ke Semifinal

Gila Bola – Hasil Indonesia vs Myanmar di babak penyisihan Grup A cabor sepak bola SEA Games 2023, Kamis (4/5) sore WIB. Laga ditutup untuk kemenangan pasukan Indra Sjafri.

Bermain di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, timnas Indonesia U-22 sempat mendapatkan kejutan dari Myanmar. Namun peluang emas Myanmar direspons oleh Skuad Garuda Muda. Hasil Indonesia vs Myanmar di babak pertama SEA Games ditutup 2-0.

Di babak kedua, Indonesia mampu menambah tiga gol lagi. Hasil Indonesia vs Myanmar di SEA Games 2023 ditutup 5-0 untuk kemenangan Skuad Garuda Muda.

Berkat kemenangan ini, Indonesia U-22 menempati peringkat pertama menggeser Kamboja dari puncak klasemen Grup A cabor sepak bola SEA Games 2023 dengan poin 6. Selain itu, dipastikan ke babak semifinal.

Timnas Indonesia Unggul

Menit ke-7, Myanmar memiliki peluang emas dari kaki Oakkar Naing. Beruntung bola tak masuk lantaran sepakannya berhasil diselamatkan oleh Ernando Ari. Namun menit ke-11, Indonesia juga punya peluang dari kaki Rizky Ridho. Sayang, sundulannya masih bisa diantisipasi kiper Myanmar.

Timnas sepak bola Indonesia memberikan tekanan ke Myanmar. Berawal dari bola liar, Marselino Ferdinan langsung melepaskan tembakan setengah voli dari luar kotak penalti dan gol!. 1-0 di menit ke-19 untuk keunggulan Indonesia. Selang beberapa menit, timnas U-22 nyaris menambah gol dari Fajar Fathur Rahman andai sepakannya tak dihalau kiper Pyae Thu.

Menit ke-29, wasit menunjuk titik putih untuk Indonesia U-22 setelah Marselino Ferdinan dilanggar oleh Shin. Ramadhan Sananta yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya. 2-0 untuk keunggulan Merah Putih. Usai cooling break, laga dilanjutkan kembali dan Garuda mampu mempertahankan keunggulannya. Hasil Indonesia vs Myanmar di SEA Games 2023 di babak pertama ditutup 2-0.

Indonesia Tambah Gol Lagi!

Di awal babak kedua, Myanmar tampil berbeda tak seperti di babak pertama di mana jauh lebih berani. Hampir menjebol gawang Indonesia lewat Aung Myo. Sayang, sepakannya masih melebar di sisi kanan gawang Ernando Ari.

Sempat ditekan Myanmar, timnas Indonesia mampu menambah gol dari kaki Ramadhan Sananta menit ke-53 usai sang striker melakukan pergerakan dalam kotak penalti. 3-0 Indonesia memimpin di cabor sepak bola Sea Games 2023. Menit ke-73, Indonesia kembali cetak gol kali ini lewat sepakan Fajar Fathur Rahman. Skor 4-0 untuk Indonesia U-22.

Indonesia nyaris menambah gol andai tembakan Beckham Putra tak ditepis oleh kiper Myanmar, Pyae Thu. Di menit ke-87. Skuad Garuda Muda menabmah gol dari Titan Agung. Hasil Indonesia vs Myanmar di SEA Games 2023 ditutup 5-0 untuk kemenangan pasukan Indra Sjafri.

Data dan Fakta 

Dalam pertandingan SEA Games cabor sepak bola ini, Ramadhan Sananta mampu pecah telur. Ia berhasil mengoleksi dua gol. Sebelumnya, striker timnas Indonesia di laga Filipina kesulitan bikin gol meski tampil 90 menit. Dua pemain lainnya yang sudah cetak gol adalah Marselino Ferdinan dan Fajar Fathur Rahman.

Sementara gol Titan Agung merupakan gol debutnya di timnas pada laga resmi. Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri dalam dua laga di SEA Games gawanya masih clean sheet alias belum kebobolan. Sebaliknya, sudah mencetak 8 gol sejauh ini setelah di laga pertama melawan Filipina menang 3-0.

Susunan Pemain Indonesia vs Myanmar: 

Indonesia: Ernando Ari, Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Muhammad Ferarri, M Taufany, Fajar Fathur Rahman, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Marselino Ferdinan.

Myanmar: Pyae Thu, Thet, Yan Kyaw Soe, Zaw Win Thein, Oakkar Naing, Ye Yint Phyo, Hein Htet Aung, Shin, Htoo Myat Khant, Naung Naung Soe, Swan Htet.