Hasil Indonesia vs Thailand: Kalah Telak, Skuad Garuda Hadapi Perjuangan Berat di Leg Kedua Final Piala AFF 2020

Hasil Indonesia vs Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020 yang digelar di National Stadium, Rabu (29/12) malam, berakhir dengan skor 0-4.

Gilabola.com – Indonesia harus menderita kekalahan telak di leg pertama ini. Tentunya, perjuangan berat akan dihadapi skuad Garuda di leg kedua yang akan digelar pada Sabtu (1/1) malam.

Di leg pertama ini, tim Gajah Perang tampak sangat mendominasi jalannya pertandingan sejak kickoff. Sedangkan Indonesia, kerap kehilangan bola dan berkali-kali gagal menembus pertahanan lawan – hampir di sepanjang laga.

Peluang bahkan sudah didapatkan skuad asuhan Alexandre Polking itu di menit-menit awal, hingga sang kapten Chanathip Songkrasin berhasil menjebol gawang Nadeo saat laga baru berjalan dua menit.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Songkrasin pula yang mencetak gol kedua Thailand di menit 52, sebelum akhirnya Supachok Songkrasin berhasil memperbesar keunggulan tim lawan menjadi 0-3 di menit 67.

Seakan tak puas dengan kemenangan 0-3, upaya Bordin Phala yang sudah berusaha menyarangkan bola ke gawang Nadeo sejak babak pertama, akhirnya membuahkan hasil di menit 83. Thailand pun memimpin 0-4 di leg pertama ini!!

Skuad asuhan Shin Tae-yong sebenarnya punya beberapa peluang lewat aksi Asnawi Mangkualam, Dewangga dan Irfan Jaya, tapi tak satupun yang berhasil bersarang di gawang lawan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Thailand langsung tampil menekan sejak kickoff. Dalam waktu kurang dari lima menit mereka bahkan punya dua peluang emas atas Indonesia.

Hingga akhirnya, Chanathip Songkrasin berhasil memanfaatkan peluang kedua di awal laga, dan membawa Thailand memimpin 0-1 saat laga baru berjalan dua menit! Tim Merah Putih benar-benar dibuat kesulitan para pemain Thailand di 10 menit pertama.

Thailand nyaris menambah koleksi gol mereka di sekitar menit 14, saat skuad asuhan Alexandre Polking itu mendapat dua peluang emas yang nyaris menggandakan skor mereka. Beruntung Nadeo dan Asnawi berjibaku menggagalkan upaya tim lawan. Upaya tim lawan terhenti setelah tembakan Yusep Dolah melambung di atas mistar gawang!!

Tepat di menit 20, Thailand mendapat peluang emas dari posisi set-piece, beruntung upaya yang dilakukan Bordin Phala gagal membuahkan hasil.

Indonesia berusaha membangun serangan lewat aksi Witan Sulaeman di menit 23. Namun kesempatan ini gagal dimanfaatkan dengan baik, Irfan Jaya bahkan lakukan pelanggaran terhadap pemain lawan.

Semenit kemudian, gawang Indonesia kembali terancam oleh permainan skuad Thailand yang tampak sangat dominan di leg pertama ini. Ayo Garuda!!

Indonesia berusaha membangun serangan di menit ke-31. Namun, upaya ini berhasil digagalkan para pemain belakang Thailand. Peluang sepak pojok yang didapat setelah itupun tak membuahkan hasil. GAGAL!

NYARIS!! Indonesia sebenarnya mendapat peluang emas untuk samakan kedudukan di menit 36, saat Ricky Kambuaya menyodorkan umpannya kepada Asnawi di sekitar area penalti lawan. Sayangnya, tendangan kapten tim ini masih melebar dari gawang Thailand!

NYARIS!! Indonesia kembali mendapat peluang emas – peluang yang sangat, sangat bagus, empat menit sebelum turun minum. Saat Dewangga berusaha memanfaatkan umpan silang Witan Sulaeman tepat di depan gawang, tendangannya hanya MELAMBUNG! di atas gawang Thailand!! GAGAL! Benar-benar menyia-nyiakan peluang gol yang sudah ada di depan mata!!

Di akhir pertandingan babak pertama, Nadeo berhasil menggagalkan satu peluang emas Thailand. Saat itu, Bordin Phala berusaha memanfaatkan umpan Supachok di dalam area penalti skuad Garuda dan mengarahkannya ke gawang Nadeo.

Babak Kedua

Thailand berhasil menggandakan skor mereka di menit 52, kembali lewat aksi sang kapten Chanathip Songkrasin.

Para pemain belakang Indonesia tak mampu membendung kemelut di depan gawang Nadeo, hingga memberi celah kepada Supachok untuk memberikan umpan kepada Songkrasin yang berada di belakangnya.

Kapten tim ini langsung mengarahkan tendangannya ke gawang Nadeo dan membawa Thailand kembali unggul 0-2.

Indonesia harusnya bisa memperkecil ketertinggalannya di menit 57, saat kerja sama Ricky Kambuaya dan Irfan Jaya menghasilkan peluang emas bagi skuad Garuda. Sayangnya, tembakan Irfan ke gawang Thailand berhasil digagalkan kiper Siwarak!!

Alih-alih mencetak gol, gawang Indonesia malah kembali kebobolan di menit 67, saat Supachok Sarachat berhasil menyarangkan tendangan jarak jauhnya dari sisi kotak penalti.

Di menit ke-81, Indonesia mendapat peluang tendangan bebas yang berusaha dieksekusi Evan Dimas. Sayangnya peluang ini gagal dimanfaatkan rekan-rekannya yang menunggu di kotak penalti.

Namun, sesaat kemudian, Bordin Phala menambah keunggulan Thailand menjadi 0-4 di menit 83. Perjuangan tim Merah Putih dipastikan makin berat di leg kedua nanti!

Para pemain Indonesia masih berjuang keras untuk mencetak gol. Terbukti dari peluang emas yang nyaris membuahkan gol lewat kaki Dedik Setiawan saat laga sudah memasuki menit ke-88. Sayangnya, upaya ini masih melebar dari gawang Thailand. GAGAL!

Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Edo Febriansah; Rahmat Irianto, Alfeandra Dewangga; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, Dedik Setiawan.

Thailand (4-3-1-2): Siwarak Tedsungnoen; Tristan Do, Kritsada Kaman, Yusep Dolah/Pokklaw Anan, Philip Roller; Supachok Sarachart, Phitiwat Sukjitthammakul, Weerathep Pomphan; Chanatip Songkrasin; Bordin Phala, Teerasil Dangda.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO