Hasil Indonesia vs Timor Leste, Skor 3-1, Bangkit dan Menang!

Hasil Indonesia vs Timor Leste, Skor 3-1, Bangkit dan Menang!

Hasil Indonesia vs Timor Leste pada ajang Piala AFF 2018, Selasa malam di Gelora Bung Karno, usai dengan skor 3-1. Garuda bangkit dari ketertinggalan satu gol untuk berbalik menang! Hebat!

Indonesia mengawali petualangan mereka di Piala AFF 2018 dengan kekalahan melawan Singapura. Jadi, tim Garuda harus menang malam ini untuk menjaga harapan lolos ke babak berikutnya. Apalagi lawan sulit seperti Thailand dan Filipina sudah menunggu pekan-pekan depan.

Laporan Jalannya Pertandingan Indonesia vs Timor Leste

Tapi apa yang terjadi selama menit-menit awal tidak menunjukkan hal ini. Tampaknya mental para pemain Indonesia sangat terbebani oleh kewajiban harus menang. Selama beberapa menit pertama, mungkin mendekati 10 menit awal, pertahanan kita justru dihujani serangan demi serangan Timor Leste yang anehnya datang dari arah sayap, sesuatu yang menjadi karakteristik kita selama ini.

Peluang pertama tim Garuda terjadi menit 11 saat Evan Dimas dijatuhkan sedikit saja di luar kotak penalti. Muhammad Hargianto yang menjadi eksekutor gagal menjebol gawang lawan, tembakannya melayang sedikit di atas mistar.

Penguasaan lini tengah, dominasi bola, dan ketenangan permainan mulai diperlihatkan para pemain kita saat pertandingan memasuki menit 16. Selang 10 menit kemudian Gavin Kwan berhasil menusuk sendirian ke dalam kotak penalti tapi bola berhasil diamankan.

BACA:  Hasil Pusamania Borneo FC vs PS Tira Skor 1-3, Lolos Degradasi!

Setelah itu peluang terbaik Indonesia terjadi menit 35 saat Andik Vermansah lolos ke dalam kotak lawan dan mengirim umpan matang yang disundul oleh Evan Dimas. Sayangnya, masih bisa ditepis dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Babak Kedua Pertandingan Indonesia vs Timor Leste

Timor Leste benar-benar mengejutkan tuan rumah dengan gol cepat pada awal babak kedua. Menit 48 satu tendangan dari Rufino Walter Gama berhasil menjebol gawang Indonesia. GOL! 0-1!

Tersengat oleh gol tadi, para pemain kita menaikkan tempo permainan dan mulai membanjiri lini pertahanan lawan. Tapi satu kesalahan backpass dari Fachruddin kepada kiper Andritany pada menit 50 hampir saja menjadi gol kedua lawan. Beruntung tidak cukup cekatan.

Gol Alfath Faathier! Indonesia Samakan Skor 1-1!

Setelah berjuang dan terus menekan, Garuda akhirnya berhasil menjebol gawang lawan pada menit 60. Alfath Faathier masuk dari sisi kiri kotak penalti dan menembak langsung ke gawang lawan. Kiper Fagio Pereira gagal mengantisipasi bola dan GOL! 1-1! Sementara para pemain kita merayakan gol, ia sibuk menyalahkan pemain belakangnya.

Tendangan Penalti Stefano Lilipaly! Indonesia Unggul 2-1!

Gumario menjatuhkan satu pemain kita dan wasit memberinya kartu kuning sekaligus tendangan penalti. Stefano Lilpaly mengeksekusi bola secara cermat dan GOL! 2-1!

BACA:  Hasil Arema FC vs Sriwijaya FC Skor 2-1, Perjuangan Dalam Sepi

Terlihat jelas beban seperti terangkat dari pundak para pemain kita. Mereka bermain lebih riang gembira setelah gol kedua tadi. Menit 73 misalnya, Riko Simanjuntak berhasil membahayakan gawang lawan. Sayang bolanya ke arah Gavin Kwan tak sampai.

Mendekati menit 80 terjadi dua kali serangan lawan ke gawang kita, tapi kiper senior Andritany terlihat berpengalaman untuk mengatasi serangan semacam ini.

GOL Goncalves! Indonesia Unggul 3-1!

Ini mungkin gol yang memastikan kemenangan kita. Beto Goncalvez menanduk bola hasil umpan silang Riko SImanjuntak. GOL! 3-1! Menjelang menit-menit akhir pemain lawan terus mengurung pertahanan kita, tapi para pemain Garuda bertahan secara gemilang untuk menjaga skor tetap 3-1 dan memastikan kemenangan.

Susunan pemain Timnas Indonesia vs Timor Leste

Indonesia : Andritany Ardhiyasa; Gavin Kwan Adsit, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama (c), Alfath Faathier; Evan Dimas, Muhammad Hargianto; Andik Vermansah, Septian David Maulana, Febri Hariyadi; Beto Goncalves.

Timor Leste : Fagio Pereira; Gumario Augusto Da Silva, Jose Guterres Silva, Adelino Coelho; Armindo Correira De Almeida, Filomeno Junior Da Costa, Feliciano Pinheiro Goncalves, Nataniel De Jesus Reis (c); Rufino Walter Gama, Joao Pedro Da Silva Freitas, Henrique Wilson Da Cruz.