Hasil Indonesia vs Vietnam 0-1, Garuda Muda Tersisih di Piala Asia U23!

Hasil Indonesia vs Vietnam 0-1, Garuda Muda Tersisih di Piala Asia U23!

Indonesia dipastikan tersisih dari ajang kompetisi Piala Asia U23 setelah kalah 0-1 melawan Vietnam pada pertandingan kedua Grup K, Minggu (24/3) malam.

Hasil pertandingan Indonesia vs Vietnam pada laga kedua penyisihan grup Piala Asia U23 di My Dinh Stadium, Minggu (24/3) malam, usai dengan skor 0-1. Tim Garuda Muda sudah tak mungkin lagi mengejar poin Thailand dan Vietnam yang sama-sama mengoleksi enam poin.

Indonesia baru saja dipermalukan Thailand 0-4 pada laga pertama grup sehingga mereka butuh kemenangan, bukan hasil draw, pada pertandingan malam ini. Pelatih Indra Sjafri diketahui melatih skuad Garuda Muda dengan berbagai variasi gerakan guna mengalirkan bola ke striker tim. Di saat yang sama tim kita itu juga dilatih mengantisipasi pergerakan kedua sayap Vietnam yang sangat berbahaya.

Babak pertama usai dengan skor 0-0. Seperti yang sejak awal diduga, Vietnam tampil lebih dominan daripada skuad U23 milik Garuda Muda. Tercatat ada empat peluang emas diperoleh tuan rumah. Tapi peluang terbaik mereka terjadi pada menit keempat extra time babak pertama. Beruntung kita memiliki kiper Satria Tama.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Pada detik-detik terakhir paruh pertama itu, Nguyen Quang melepaskan tendangan khas Lionel Messi langsung ke gawang Indonesia. Masih bisa dibuang oleh Satria Tama, tapi bola liar jatuh ke depan Ha Duc. Beruntung dia menyepak tergesa-gesa dan melebar.

Satu-satunya peluang Indonesia hadir melalui M. Luthfi pada menit 37, tapi sepakan jarak jauhnya terbang tinggi di atas mistar lawan. Sebelum tendangan Luthfi itu, Vietnam dua kali mengancam gawang Satria Tama pada menit 17 dan 21. Beruntung, keduanya masih melebar.

Pada awal babak kedua, pertandingan baru dimulai beberapa menit, tuan rumah sudah mengancam dengan satu tendangan bebas. Beruntung Satria Tama kembali melakukan penyelamatan hebat. Tapi selang empat menit Egy Maulana membuat penonton berdebar setelah serangan mendatarnya terlihat masuk, sebelum ditepis kiper Tien Dung di saat-saat terakhir.

Setelah itu pada menit 58 Vietnam kembali mengancam gawang kita dan kali ini adalah Nguyen Hoang Duc yang memperoleh kesempatan kedua untuk menyambar bola liar tapi gagal. Selang beberapa puluh detik, Marinus berhadapan satu-lawan-satu dengan kiper Tien Dung, tapi entah bagaimana gagal melewati penjaga gawang itu.

Pada detik-detik terakhir babak kedua, Bagas Adi melakukan pelanggaran di depan kotak penalti dan wasit memberi tendangan bebas bagi Vietnam. Dinding manusia Indonesia terbukti sangat manjur mencegah gol, tapi berujung tendangan sudut. Dan dari sepak pojok setelahnyalah terjadi gol bagi tim tuan rumah. Trieu Viet Hung mencetak gol dari hasil tendangan sudut. Skor 0-1!

Tidak ada gol lagi! Hasil pertandingan Indonesia vs Vietnam usai dengan skor 0-1. Dengan hasil ini kita mengoleksi satu poin dan menempati urutan tiga Grup K. Vietnam dan Thailand sama-sama enam poin. Sudah tak mungkin lagi kita mengejarnya. Indonesia tersisih!

Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam

INDONESIA XI (4-3-3): Satria Tama, Nurhidayat, Bagas Adi (C), Asnawi, Firza, M. Luthfi, Sani Fauzi, Egy, Witan, Osvaldo Haay, Marinus. Cadangan: M. Riyandi, Andy Setyo, M. Rafi, Dimas Drajad, Awan Setho, Rian, Saddil, Christianson, Freddyan, Gian Zola, Hanif, I Kadek Agung. 

VIETNAM XI (5-4-1): Tien Dung, Do Tnanh, Huynh Tan, Ho Tan, Doan Van, Nguyen Tnanh, Trieu Viet, Truong Van, Nguyen Hoang, Nguyen Quang Hai (C), Ha Duc. Cadangan: Bui Dung, Tran Tnanh, Le Xuan Tu, Dinh Tnanh, Nguyen Van, Tran Danh, Nguyen Duc, Mac Duc, Le Van, Tran Dinh, Phan Van, Nguyen Van.