Hasil Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020: Digempur, Skuad Garuda Sukses Tahan Imbang Vietnam!

Hasil Indonesia vs Vietnam di matchday ketiga fase grup B Piala AFF 2020 berakhir imbang tanpa gol, Rabu (15/12) malam WIB.

Jelang duel panas ini, Shin Tae-yong selaku juru taktik timnas Indonesia cukup yakin anak asuhnya bisa meraih poin bermain di Bishan Stadium saat menghadapi Vietnam di laga ketiga Piala AFF. Bahkan ia meminta agar Asnawi dan kolega tak takut.

Meski mendapatkan gempuran sangat tinggi dari pemain Vietnam, timnas Indonesia bisa bisa bermain fokus di babak pertama. Buktinya, hasil Indonesia vs Vietnam sementara imbang tanpa gol. Statistik mencatatkan The Golden Star unggul penguasaan bola 71 banding 29 persen dan berhasil melepaskan satu tembakan on target. Skuad Garuda tidak sama sekali.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Usai jeda, timnas sepak bola Indonesia kembali berhasil menahan gempuran para pemain Vietnam. Hasil Indonesia vs Vietnam pun berakhir imbang 0-0. Tambahan satu poin ini, maka membuat Skuad Garuda memimpin klasemen grup B Piala AFF dan mengemas 7 poin.

Sedangkan Vietnam yang gagal kalahkan Merah Putih harus puas bertengger di peringkat kedua klasemen dengan 7 angka. Indonesia berhak memimpin klasemen lantaran unggul selisih gol.

Jalannya Pertandingan 

Babak Pertama 

Sampai menit ke-10, timnas Indonesia masih di bawah tekanan Vietnam dan tim berjuluk The Golden Star memiliki satu peluang. Namun, tembakan yang dilepaskan pemain Vietnam masih melambung.

Vietnam terus mendominasi permainan dengan membongkar pertahanan Indonesia dari kiri dan kanan. Bahkan Vietnam kembali melakukan percobaan dari Tuan Anh, namun sepakannya masih melambung tinggi. Giliran timnas sepak bola Indonesia mendapatkan bola malah salah melakukan operan dan bisa diantisipasi pemain Vietnam.

Menit ke-27, Vietnam melepaskan sepakan dari kaki Quang Hai dan bola masih bisa diamankan oleh kiper timnas Indonesia. Vietnam kembali mendapatkan sepak pojok, bola pun disambut dengan sepakan Nguyen Cong Phuong dan sepakannya masih melebar.

Meski terus mendapatkan tekanan sangat tinggi dari Vietnam, timnas sepak bola Indonesia masih bisa dengan tenang menghalau gempuran The Golden Star. Menit ke-35, Skuad Garuda sempat menguasai bola. Sayangnya, cuma sebentar dan tim asuhan Park Hang-seo kembali mengambil alih permainan.

Indonesia akhirnya mendapatkan tendangan bebas usai Ricky Kambuaya dilanggar, namun tak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Skuad Garuda lantaran bola masih bisa dihalau pemain Vietnam.

Jelang turun minum, Vietnam masih menekan. Mereka pun punya peluang dari kaki Nguyen Hoang Duc dan lagi-lagi bola masih melambung. Sampai tambahan waktu satu menit, Skuad Garuda sukses membuat The Golden Star tak mencetak gol. Hasil Indonesia vs Vietnam di babak pertama sementara masih 0-0.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Indonesia memasukkan Evan Dimas dan menarik keluar Rachmat Irianto. Usai itu, Vietnam langsung tancap gas dan memberikan ancaman serius ke pertahanan timnas sepak bola Indonesia. Menit ke-55, Nguyen Quang Hai melepaskan sepekan dan masih bisa diblok oleh pemain Indonesia.

Indonesia akhirnya melepaskan sepakan ke gawang Vietnam dan bola masih melambung hingga menghasilkan sepak pojok. Setelah itu, The Golden Stars memberikan respons dari kaki Phan Van Duc dan bola masih melebar di sisi kanan gawang.

Tak kunjung gol, timnas sepak bola Vietnam memasukkan Ha Duc Chinh untuk menambah daya gedor. Ia pun langsung mengancam usai menerima umpan lambung. Beruntung sang striker belum panas.

Indonesia perlahan mulai keluar dari tekanan dan berhasil mendapatkan tendangan bebas. Irfan Jaya yang megambil langsung mengarahkan ke dalam kotak penalti Vietnam. Sayang, umpannya tak bisa disambut dengan baik oleh rekan satu timnya.

Shin Tae-yong melakukan penyegaran menarik Asnawi dan memainkan Rizky Febrianto. Bahkan Indonesia juga menambah daya gedor memainkan Ramai Rumakiek dan menarik Irfan Jaya. Memasuki menit ke-75, timnas sepak bola Indonesia masih bisa menahan tekanan yang diberikan oleh Vietnam.

Timnas sepak bola Indonesia kembali melakukan penyegaran memainkan Yabes Roni yang bekarier di Liga Indonesia untuk Bali United. Kemudian menarik Witan Sulaiman yang mengalami masalah. Vietnam pun meresponsnya dengan dua pergantian memasukkan Luong Truong dan Do Duy Manh. Kemudian menarik Van Duc dan Nguyen Thanh Chung.

Sampai menit ke-85, gawang Indonesia masih aman. Hingga wasit asal Korea Selatan meniupkan peluit panjang tak ada gol. Hasil Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020 berakhir dengan skor 0-0.

Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam: 

Indonesia (5-4-1) Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Rizky Ramadhani, Pratama Arhan, Alfeadra Dewangga, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Fachrudin Aryanto, Witan Sulaeman, Ezra Walian, Irfan Jaya.

Vietnam (3-4-3) Tran Nguyen, Bui Tien Dung, Que Ngoc, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Phong, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tuan Anh, Vu Van Thanh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong, Phan Van Duc.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO