Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Dalam 13 Menit Saja Dua Pemain Bundesliga Bantu Swiss Hancurkan Bulgaria

Gila Bola – Dua pemain Bundesliga, salah satunya bintang muda 24 tahun yang menjadi incaran banyak klub raksasa Eropa, membantu Swiss mencetak tiga gol ke gawang Bulgaria hanya dalam 13 menit sejak kick-off pada Jumat dinihari 26 Maret 2021.

Breel Embolo yang bermain bagi Borussia Moenchengladbach dan Steven Zuber yang merumput di Eintracht Frankfurt adalah dua bintang Bundesliga yang mencetak gol bagi Swiss dalam laga kualifikasi Piala Dunia hari Jumat. Satu gol lain dilesakkan oleh Haris Seferovic yang merupakan pemain Benfica.

Bulgaria merupakan tim urutan 68 dunia dalam ranking FIFA dan dengan segera itu terlihat dari kegagalan mereka menahan serangan demi serangan tim nasional Swiss yang menduduki ranking 16 dunia. Tiga gol bersarang hanya dalam waktu 13 menit sejak kick-off pertandingan di Nacionalen Stadion Vasil Levski di kota Sofia ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Setelah unggul tiga gol itu, tim tamu sedikit menahan diri. Dominasi bola luar biasa sebesar 72 persen selama babak pertama turun menjadi hanya 57 persen saja selama paruh kedua. Dan jika sebelumnya ada delapan peluang gol dengan tiga tembakan tepat sasaran, yang ketiganya menjadi gol, Swiss kemudian puas dengan enam percobaan gol selama 45 menit kedua dengan dua shots on target.

Pemain Liverpool Xherdan Shaqiri juga ikut tampil menonjol dengan menjadi penyedia assist bagi gol kedua oleh Seferovic dan gol ketiga oleh Zuber. Satu gol balasan Bulgaria terjadi pada awal paruh kedua melalui Kiril Despodov.

Menit ketujuh, Breel Embolo, pemain asal Kamerun yang dinasionalisasikan menjadi warga Swiss pada saat usianya 17 tahun, menyundul bola hasil crossing Ricardo Rodriguez dari sisi kiri kotak penalti. Selang tiga menit kemudian giliran Shaqiri mendribble bola mendekati kotak sebelum mengirim umpan mendatar yang disentuh satu kali oleh Seferovic, sebelum pemain keturunan Bosnia Herzegovina ini menembak dengan kaki kiri ke sudut kiri bawah gawang Plamen Iliev.

Tidak cukup dua gol, Bulgaria menderita gol ketiga hanya selisih dua menit kemudian. lagi-lagi gelandang Liverpool Shaqiri datang dari sisi kanan kotak dan menembak melalui sisi bawah kiper Iliev. Bola bertahan sejenak di garis gawang dan sepertinya belum sepenuhnya tembus ke belakang garis sebelum diceploskan oleh Zuber. Pemain Eintracht Frankfurt itu mencuri gol jatah Shaqiri!

Bulgaria satu kali lagi akan menghadapi tim sulit Italia pada kualifikasi Piala Dunia pada hari Senin 29 Maret 2021 dengan Swiss menjamu Lithuania pada jam dan hari yang sama.