Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Inggris Cuma 5 Gol Lawan Ranking 210 Dunia, Striker Everton 2 Gol

Gila Bola – Inggris yang bertabur pemain bintang gagal menang lebih besar daripada 5 gol melawan San Marino, tim yang menduduki urutan 210 alias dasar klasemen ranking FIFA. Dua gol disarangkan oleh striker Everton, sisanya oleh penyerang Manchester City, pemain Southampton dan Aston Villa.

James Ward-Prowse membuka skor bagi skuad Gareth Southgate saat pertandingan baru dimulai 13 menit di Wembley Stadium, disusul oleh gol striker Everton Dominic Calvert-Lewin selang tujuh menit kemudian sebelum pemain bintang Manchester City Raheem Sterling menambahkan satu gol sebelum turun minum.

Pada awal babak kedua Southgate membuat empat pergantian sekaligus, memanfaatkan keunggulan tiga gol dari separuh pertama permainan, menarik keluar Sterling, Reece James, John Stones dan Mason Mount dan secara beruntun memasukkan Phil Foden, Kieran Trippier, Tyrone Mings dan pemain muda Jude Bellingham. Selang beberapa menit Calvert-Lewin menambahkan satu gol lagi bagi the Three Lions. Gol kelima terjadi melalui striker Aston Villa Ollie Watkins yang baru masuk menit 63 menggantikan Calvert-Lewin.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Pertandingan berlangsung dengan dominasi yang sungguh keterlaluan bagi timnas Inggris. Persentase dominasi bola selama 90 menit adalah 81:19, dengan jumlah percobaan serangan 31:1 dan shots on target 15:0, tapi sayangnya hanya ada lima gol saja. Tidak kurang dari 10 kali penyelamatan dibuat oleh kiper Elia Benedettini guna mencegah tim urutan 210 dunia itu kemasukan lebih banyak gol.

Bisa dimaklumi jika Anda tidak tahu di mana lokasi San Marino. Ini adalah sebuah negara republik berdaulat yang dikelilingi oleh wilayah Italia. Letaknya di dekat Laut Adriatik dengan jarak terpanjangnya 13 kilometer saja, setara dengan jarak Monas ke Pondok Indah Mall lewat Tanah Abang.

Salah satu rekor pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia ini adalah gol Raheem Sterling merupakan gol ke-150 olehnya bagi the Three Lions sepanjang sejarah. Dari 150 gol itu, sebanyak 12 di antaranya terjadi dalam 14 laga terkininya bagi skuad Gareth Southgate.

Selain itu dua gol oleh Calvert-Lewin merupakan untuk kali pertama seorang pemain Everton mencatatkan brace sejak Wayne Rooney melakukannya pada Juni 2004 saat melawan Kroasia.

Salah satu penyebab Inggris gagal mencatatkan lebih banyak gol atas San Marino adalah ditarik keluarnya Mason Mount. Sepanjang paruh pertama permainan selama 45 menit, Mount mencatatkan delapan peluang emas. Itu adalah stat terbanyak dalam satu laga kualifikasi Piala Dunia sejak Xavi membuka 9 peluang emas bagi La Roja pada laga melawan Bosnia Herzegovina pada tahun 2008.

AHABET
AHABET