Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Pemain Barcelona Bantu Denmark Kalahkan Israel

Gila Bola – Meski pun Stadion Bloomfield di Tel Aviv dipadati penonton usai program vaksinasi yang sukses, Israel tetap gagal membendung Denmark dengan salah satu gol dilesakkan pemain Barcelona Martin Braithwaite pada laga kualifikasi Piala Dunia, Jumat 26 Maret 2021.

Satu-satunya kesuksesan Israel pada laga kualifikasi Piala Dunia pada Jumat dinihari itu adalah memamerkan stadion yang penuh dengan penonton sebagai hasil dari vaksinasi yang sudah menjangkau sekitar 60 persen dari 9 juta penduduknya, menurut data dari Time satu pekan silam.

Kesuksesan lain adalah menahan angka kekalahan agar tidak lebih dari dua gol. Dalam tiga dari empat head-to-head melawan Denmark sebelum ini, Israel selalu kalah dengan skor besar, berturut-turut sejak perjumpaan pertama 0-5, 3-0 dan 3-1. Namun laga persahabatan terkini pada tahun 2006 usai dengan skor “membanggakan” 0-2 dan skor serupa itu terjadi pada laga kualifikasi pertama Grup F ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Dari sisi kegagalan mencetak gol, ini bukan cerita sukses yang ingin dibanggakan oleh tim sepak bola asal Timur Tengah itu yang tergabung ke dalam asosiasi sepak bola Eropa (UEFA). Dalam 10 laga terakhir internasional (W5, D3, L2) mereka selalu berhasil mencetak gol, menyusul tiga pertandingan sebelumnya yang tumpul tanpa gol.

Pertandingan baru berjalan 12 menit ketika Martin Braithwaite mencetak gol pertama Denmark. Jonas Wind, pemain FC Copenhagen, menyundul bola ke arah striker Barcelona itu yang kemudian menggiring bola ke dalam kotak, berbelok ke tengah dan mencongkel si bundar melewati kiper Ofir Marciano. Pemain No 21 Eitan Tibi yang mengawalnya terlalu hati-hati dan gagal menghentikan gelandang Denmark tersebut.

Gol kedua tim tamu terjadi menit 67 oleh Jonas Wind yang tadi menjadi pemberi assist untuk gol pertama. Dalam sebuah situasi bola liar di dalam kotak penalti Israel, pemain FC Copenhagen itu menyambut bola yang turun dengan satu sepakan tumit melewati kolong pemain No 17 Hatem Elhamed. Sebuah pelajaran mendasar sepak bola!

Usai kemenangan pertama ini, Denmark akan menjamu tim lemah Moldova pada Senin dinihari 29 Maret, sementara Israel menjamu Skotlandia. Manor Solomon dan kawan-kawan sudah putus asa ingin terlibat lagi ke dalam putaran final Piala Dunia setelah gagal ikut serta dalam lebih dari 50 tahun terakhir.