Hasil Laos vs Indonesia di Piala AFF 2020: Pesta Gol ke Gawang Laos, Skuad Garuda Geser Malaysia

Hasil Laos vs Indonesia di matchday kedua fase grup B Piala AFF 2020 dimenangkan oleh Skuad Garuda dengan skor 5-1, Minggu (12/12) sore WIB.

Sebelum laga dimulai pelatih timnas sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong menyebutkan Laos merupakan tim lemah di grup B dan ia yakin anak asuhnya bisa menang.

Terbukti bermain di Bishan Stadium, Indonesia mampu menjebol gawang Laos dari kaki Asnawi Mangkualam dari titik putih menit ke-23. Kemudian satu gol lainnya dari Irfan Jaya menit ke-35.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Laos yang tertinggal berhasil memperkecil ketertinggalannya melalui sepakan Souvanny jelang turun minum. Hasil Laos vs indonesia di babak pertama 2-1 buat keunggulan Skuad Garuda. Statistik mencatatkan anak asuh Shin Tae-yong unggul penguasaan bola 75 banding 25 persen. Selain itu, melepaskan 3 tembakan on target dan Laos 1 kali.

Selepas jeda, dengan pergantian yang cermat dilakukan oleh Shin Tae-yong mampu menambah golnya masing-masing dari Witan, Ezra Walian, dan Evan Dimas. Hasil Laos vs Indonesia yang berakhir dengan skor besar ini membuat Merah Putih kini memimpin klasemen sementara grup B Piala AFF 2020 dan mengemas 6 poin. Hal ini tak lepas usai unggul selisih gol dengan timnas Malaysia.

Statistik akhir laga mencatatkan Merah Putih unggul penguasaan bola 75 banding 25 persen. Di sisi lain, kemenangan ini menjadi modal besar bagi Indonesia untuk hadapi matchday ketiga Piala AFF kontra Vietnam pada hari Rabu (15/12) malam WIB.

Jalannya Pertandingan 

Babak Pertama 

Sejak menit awal laga, Indonesia dua kali memberikan tekanan dari sisi kanan tetapi masih bisa dihalau pemain timnas sepak bola Laos. Skuad Garuda terus menekan dari kiri dan kanan, namun belum bisa membobol gawang Laos. Hasilnya di menit ke-14, Rachmat Irianto melepaskan sepakan mendatar. Sayang, tendangannya masih melebar.

Berawal dari sepak pojok, timnas sepak bola Indonesia melalui Evan Dimas melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti dan tembakannya masih bisa diamankan kiper Laos, Souvannangso.

Menit ke-21, Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah pemain Merah Putih dilanggar Souvanny dalam kotak terlarang. Asnawi yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Pemain yang berkarier di Liga Korea Selatan itu mengarahkan bola ke kiri atas. Skor 1-0 keunggulan untuk Skuad Garuda menit ke-23.

Laos yang lebih bertahan, akhirnya mencoba menekan Indonesia hingga menghasilkan sepak pojok. Bahkan timnas sepak bola Laos mendapatkan tendangan bebas. Billy yang mengambil sepakannya masih melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Indonesia pun kembali menekan Laos dan Asnawi mengirimkan umpan dari sisi kanan, bola pun sempat disundul tipis oleh Dedik dan diteruskan oleh Irfan Jaya. Skor 2-0 untuk Skuad Garuda menit ke-35.

Keasikan menyerang, gawang Indonesia kebobolan juga dari Laos melalui sepakan Souvanny yang mengincar sisi kiri setelah memanfaatkan serangan balik yang cepat. Laos yang mampu menjebol gawang Ernando kembali punya peluang dari Billy. Pemain yang berkarier di Ligue 2 Perancis, USL Dunkerque itu nyaris saja menceploskan bola melalui kakinya.

Jelang turun minum, Indonesia dapatkan tendangan bebas dan Irfan Jaya hampir mencatatkan namanya lagi di papan skor. Sampi wasit asal Korea Selatan meniupkan peluit tak ada gol tambahan. Hasil Laos vs Indonesia di babak pertama keunggulan 2-1 untuk Skuad Garuda

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Indonesia yang kebobolan langsung melakukan pergantian pemain di mana memasukkan Elkan Baggott dan Witan Sulaeman. Kemudian menarik Rachmat Irianto dan Kushedya Yudo.

Pergantian yang dilakukan oleh Shin Tae-yong membuahkan hasil. Berawal umpan mendatar Irfan Jaya dari sisi kiri, Witan yang menerima operan langsung melepaskan sepakan ke gawang Laos. Skor 3-1 di menit ke-56.

Usai gol tersebut, Indonesia terus menekan timnas sepak bola Laos dari kiri dan kanan. Witan bahkan hampir menambah golnya usai mendapatkan umpan cantik dari Dedik, namun sepakannya melebar. Usai itu, Indonesia melakukan penyegaran pemain di mana memainkan Ezra Walian dan Fachrudin. Sebaliknya, Rizky Ridho dan Dedik ditarik keluar.

Skuad Garuda kembali memperbesar keunggulannya melalui kaki Ezra Walian usai pemain yang berkarier di Liga Indonesia untuk Persib Bandung itu mendapatkan umpan mendatar cantik dari Witan. 4-1 Indonesia memimpin di menit ke-77.

Tak puas dengan 4 gol, Shin Tae-yong kembali menambah daya gedornya memainkan Ramai Rumakiek dan menarik Irfan Jaya. Indonesia nyaris menambah golnya andai gol sundulan Fachrudin tak dianulir wasit karena dianggap pelanggaran. Berikutnya, Skuad Garuda mengancam dari sepakan keras Rumakiek dan sundulan Elkan Baggot yang mengenai tiang gawang.

Laos yang ditekan punya peluang emas dari Billy, namun Ernando dengan cepat keluar dari sarangnya dan sang kiper berhasil menghalaunya. Usai itu, Indonesia menambah golnya lagi dan kali ini dari kaki Evan Dimas. 5-1 Merah Putih unggul di menit ke-84.

Meski sudah unggul dengan skor besar, Indonesia terus menggempur timnas sepak bola Laos. Hingga wasit meniupkan peluit panjang Laos tak bisa menambah gol. Hasil Laos vs Indonesia di Piala AFF 2020 dimenangkan oleh Skuad Garuda.

Susunan Pemain Laos vs Indonesia: 

Laos (4-4-1-1) Souvannangso, Phetsivilay, Saitaifah, Inthavong, Phomsavanh, Khochalem, Phommathep, Keophouvong, Bounkong, Souvanny, Billy Ketkeophomphone.

Indonesia (4-3-3) Ernando, Edo Febriansyah, Dewangga, Rizky Ridho, Asnawi, Rachmat Irianto, Irfan Jaya, Ricky Kambuaya, Evans Dimas Darmono, Dedik Setiawan, Kushedya Yudo.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO