Hasil Liga Europa: AC Milan Lolos 16 Besar Berkat Agresifitas Gol Tandang

Gilabola.com – AC Milan tampil kurang meyakinkan melawan Red Star Belgrade pada Jumat dinihari (26/2), tapi berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Europa berkat agresifitas gol tandang dari leg pertama.

Satu pekan lalu Rossoneri berhasil menahan Red Star 2-2 dalam pertandingan leg pertama 32 besar Europa League di Belgrade, Serbia, memberi pasukan Stefano Pioli itu dua gol tandang yang akan terbukti sangat penting saat pertandingan leg kedua ini berlangsung dengan skor sama kuat 1-1 sampai 90 menit.

Pertandingan pada Jumat dinihari itu berlangsung kurang lebih seimbang dengan Milan sedikit lebih unggul dalam hal dominasi bola (52:48), tapi peluang gol kurang lebih sama (14:13) dengan shots on target oleh tuan rumah mencapai empat kali banding dua oleh tim tamu.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Gol Milan menit kesembilan itu datang melalui sepakan penalti Franck Kessie setelah satu pemain tamu terlihat menahan bola dengan tangannya. Pemain Red Star yang handball itu adalah Marko Gobeljic, yang belakangan terkena kartu kuning kedua dan diusir dari lapangan. Gol balasan datang dari El Fardou Ben Nabouhane yang melepaskan serangan dari sudut sempit ke pojok kiri bawah gawang Gianluigi Donnarumma. Skor terjaga 1-1usai menit 24.

Hanya unggul agresifitas gol tandang jelas mengkhawatirkan sehingga Pioli sang manajer memasukkan Zlatan Ibrahimovic dan Ante Rebic pada awal paruh kedua guna menggantikan Rafael Leao dan Rade Krunic, sebelum memasukkan lagi Alexis Saelemaekers dan Theo Hernandez untuk menggantikan Samu Castillejo serta David Calabria pada menit 66.

Namun justru Red Star yang lebih dulu mengejutkan tuan rumah setelah itu saat Sekou Sanogo berdiri tanpa pengawalan di tiang jauh dalam serangan menit 68. Namun usahanya mengirim sepakan voli ke sudut gawang berhasil dihentikan Donnarumma.

Bahkan Milan gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain setelah Marko Gobeljic terkena kartu kuning kedua dan sekaligus pengusiran dari lapangan pada menit 70. Satu-satunya peluang Rossoneri terjadi pada menit 74 saat bola dikirimkan ke Ibrahimovic, sebelum ia meneruskan bola ke Saelemaekers. Bendera offside sudah berkibar saat bola sampai ke sang pemain Swedia.

Tapi tidak ada gol lagi setelah itu. Hasil Liga Europa di San Siro pada Jumat dinihari (26/2) usai dengan skor sama kuat 1-1 dan agregat 3-3. Sang juara tujuh kali Piala Eropa itu lolos ke babak 16 besar kompetisi kasta kedua Eropa ini dengan keunggulan gol tandang. Namun ini menjadi laga keempat beruntun tanpa kemenangan di semua kompetisi bagi Rossoneri, sebuah performa mengkhawatirkan dalam usaha mereka merebut trofi Liga Italia musim ini.