Hasil Liga Europa Tadi Malam: Drama, Kejutan, Kegagalan

Hasil Liga Europa Tadi Malam: Drama, Kejutan, Kegagalan

Hasil Liga Europa tadi malam (Jumat 13/12) berisi drama, kejutan dan kegagalan, persis sama seperti matchday keenam Liga Champions.

Liga Europa sudah menyelesaikan sebagian penyisihan grup dan akan menghasilkan 12 juara dan 12 tim urutan kedua. Sebanyak 24 tim ini akan bergabung dengan delapan tim pecatan Liga Champions untuk drawing 32 besar hari Senin (16/12). Berikut ini adalah laporan selengkapnya dari hasil Liga Europa tadi malam.

Grup A 

Sevilla sudah pasti lolos sejak sebelum matchday keenam dimulai karena perolehan 15 poin miliknya tak terkejar oleh Apoel Nicosia (7), maupun FK Qarabag (4). Setelah turun minum situasi tidak berubah dengan skor Apoel vs Sevilla tetap 0-0 dan Qarabag vs Dudelange juga 0-0. Namun setelah 90 menit kemenangan Apoel 1-0 atas klub Spanyol itu memastikan mereka lolos ke 32 besar Liga Europa bersama Sevilla.

Grup B

Drama masih mungkin terjadi di Grup B dengan Kopenhagen di puncak klasemen tapi hanya mengantongi 9 poin saja, dengan Malmoe (8) dan Dynamo Kiev (6) mengendus-endus di belakang bahunya. Saat turun minum situasi sudah berubah dengan Lugano yang berada di urutan terbawah unggul 0-1 di kandang Dynamo, sementara itu dua teratas masih sama kuat 0-0. Malmoe memastikan diri lolos setelah menang 0-1 atas Kopenhagen dan di saat yang sama Dynamo imbang 1-1 lawan Lugano.

Grup C

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

FC Basel (10 poin) asal Swiss masih berebut jatah dua teratas grup melawan Getafe (9) dari Spanyol dan Krasnodar (9) asal Rusia. Perebutan dua tempat oleh tiga tim ini merupakan yang tersengit dari 12 grup penyisihan Liga Europa. Half-time, Basel menjauh dengan 13 poin setelah unggul 1-0 atas Trabzonspor. Laga satunya masih 0-0. Dan pada babak kedua Getafe mencetak tiga gol ke gawang Krasnodar guna menemani Basel ke babak 32 besar.

Grup D

Di grup ini juga semua situasi masih bisa terjadi dengan Sporting Lisbon (atau juga dikenal dengan nama Sporting CP) memimpin grup dengan 12 poin, diikuti oleh LASK (11) dan PSV Eindhoven (8). Setengah main LASK unggul 2-0 atas Sporting CP, tak mengubah kepastian lolos tim Portugal itu karena memiliki 12 poin, tapi kini Linzer Athletik-Sport-Klub yang asal Austria itu memimpin klasemen dengan nilai 13. Sementara Eindhoven terancam tersisih setelah imbang 1-1 lawan Rosenborg, tim dasar klasemen. Setelah 30 menit LASK menang 3-0 dan muncul sebagai juara grup, Sporting CP urutan kedua.

Grup E

Sebelum matchday keenam dimulai, Celtic berada di puncak klasemen dengan poin 13, diikuti CFR Cluj dengan nilai 9 dan kemudian Lazio 6 serta Rennes satu poin. Tim asal Italia, Lazio, masih berpeluang lolos jika meraih poin sama seperti Cluj karena memiliki keunggulan gol tandang atas.klub Rumania itu tapi permainan lesu mereka menyebabkan tertinggal 1-0 oleh tuan rumah Rennes saat turun minum. Skor menjauh menjadi 2-0 setelah peluit panjang.

Sementara itu pada awal babak kedua Cluj unggul 1-0 atas Celtic, menjadikan nasib Lazio kian terpuruk karena tim Rumania itu kini memiliki 12 poin, di luar jangkauan klub Serie A tersebut. Dan hasil akhir 2-0 yang membawa klub Rumania itu mengantongi 12 poin dan lolos sebagai peringkat kedua grup.

Grup F

Sebelum kick-off Arsenal masih ada di puncak klasemen Grup F dengan 10 poin, Eintracht Frankfurt urutan kedua dengan 9 poin dan menyusul Standard Liege (7) dan Vitoria de Guimaraes (2). Tapi pada akhir babak pertama Eintracht menyalip The Gunners untuk posisi puncak dengan perolehan 12 poin. Sisanya adalah Arsenal (10) dan Liege (8) karena imbang 0-0 saat turun minum. Situasi sedikit berubah dengan Standard Liege kemudian unggul 1-0 di awal paruh kedua. Masih belum mengganggu posisi The Gunners yang menang 4-0 atas klub Belgia itu pada perjumpaan pertama, 4 Oktober lalu.

Terjadi drama lima menit terakhir yang menyebabkan Eintracht Frankfurt kalah 2-3 dari Vitoria dan di saat yang sama dua gol dari Alexandre Lacazette dan Bukayo Saka menghasilkan skor imbang 2-2 di kandang klub Belgia tersebut. Dengan hasil ini The Gunners lolos ke drawing 32 besar sebagai juara grup dan terhindar dari sejumlah tim kuat gusuran Liga Champions.

Grup G

Posisi sebelum laga dimulai adalah Rangers (8 poin), FC Porto (7), Young Boys (7), serta Feyenoord (5) di dasar klasemen. Ini berpotensi menghasilkan drama tangis dan kekecewaan setelah 90 menit mengingat selisih tipis di antara keempat tim. FC Porto membuat berdebar para pendukungnya setelah kebobolan dua gol oleh Feyenoord usai unggul lebih dulu 2-0. Namun Francisco Soares memastikan kemenangan 3-2. Total ada lima gol dalam 19 menit. Sebuah thriller di Portugal. Posisi kedua direbut Rangers.

Grup H

Espanyol di puncak dengan 11 poin, sudah tak tergoyahkan sebagai juara grup. Urutan-urutan berikutnya adalah Ludogorets Razgrad (7), Ferencvaros (6) dan CSKA Moscow (2). Posisi akhir Espanyol tetap di puncak meski kalah 0-1 dari CSKA dan Razgrad kedua usai imbang 1-1.

Grup I

KAA Gent asal Belgia memimpin sebelum matchday keenam dimulai dengan perolehan sembilan poin, disusul Wolfsburg (8), Saint-Etienne (4), Oleksandria (3). Gent dan The Wolves sukses mengukuhkan diri sebagai dua tim teratas.

Grup J

Sebelum kick-off Borussia Moenchengladbach berada di puncak klasemen dengan perolehan 8 poin, sama banyak dengan AS Roma di urutan kedua. Di bawahnya masih ada Istanbul Basaksehir (7 poin) dan Wolfsberger (4). Namun secara tragis klub asal Liga Jerman itu tergusur ke posisi ketiga setelah kalah 1-2 dari Basaksehir. Klub Turki itu naik ke posisi teratas dengan Roma main 2-2 lawan Wolfsberger.

Grup K

Sporting Braga asal Portugal berada di urutan pertama dengan 11 poin, disusul kemudian dengan Wolves (10) asal Inggris dan Slovan Bratislava (4) serta Besiktas (3). Braga maupun Wolves sama-sama menang atas lawan mereka masing-masing dan keduanya memastikan dua urutan teratas dengan 14 dan 13 poin.

Grup L

Manchester United (10 poin) mengangkangi Grup L tapi hanya sedikit di atas AZ Alkmaar (9) dan kemudian menyusul Partizan Belgrade (5) serta FC Astana (3). Namun empat gol dari Ashley Young, Mason Greenwood (2 gol) dan Juan Mata memastikan Setan Merah memuncaki klasemen Grup L sebagai urutan pertama. Alkmaar tetap ranking kedua.