Hasil Malaysia vs Indonesia: Bantai Harimau Malaya, Skuad Garuda Melaju ke Semi-final Sebagai Juara Grup

Hasil Malaysia vs Indonesia di laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 di Singapore National Stadium, Minggu (19/12) malam, berakhir 1-4. Skuad Garuda pun melaju ke semi-final sebagai juara grup.

Gilabola.com – Indonesia berhasil melaju ke semi-final Piala AFF 2020 sebagai juara grup B, meskipun Vietnam juga menang telak 4-0 atas Kamboja di laga grup lainnya. Posisi ini membuat skuad Garuda akan bertemu tuan rumah, Singapura, di semi-final, di mana leg pertamanya akan digelar pada 22 Desember.

Meski sempat kewalahan dan tertinggal lebih dulu, skuad Garuda tampil heroik dalam laga melawan Malaysia malam ini.

Tim Merah Putih tertinggal lebih dulu saat pemain Malaysia, Kogileswaran Raj, berhasil memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Irfan Jaya dan sukses menjebol gawang Nadeo di menit 13.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Namun, Irfan berhasil membayar kesalahannya tersebut dengan mencetak brace di menit 36 dan 43. Arhan Pratama kemudian menambah koleksi gol Indonesia menjadi 1-3 tepat menit ke-50.

Unggul tiga gol tak membuat anak-anak Shin Tae-yong mengendurkan permainan mereka. Elkan Baggott yang baru dimainkan di babak kedua ikut menambah koleksi gol Indonesia menjadi 1-4 di menit 82.

Skor ini kembali membuat skuad Garuda kembali ke posisi teratas Grup B setelah sebelumnya sempat merosot ke peringkat tiga, saat tertinggal 1-0.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Meskipun hanya butuh hasil imbang, tim Merah Putih tetap tampil menekan sejak kickoff. Satu peluang emas didapat Indonesia lewat aksi Arhan Pratama di awal laga, tapi sayangnya gagal bersarang di gawang lawan.

Malaysia memimpin lebih dulu di menit 13 setelah Irfan Jaya lakukan kesalahan saat berusaha membuang bola yang justru jatuh tepat di kaki pemain Malaysia, Kogileswaran Raj.

Tak mau sia-siakan kesempatan itu, Raj langsung menembakkan bola ke gawang Nadeo Argawinata dari luar kotak penalti, dan GGOOLL!! Malaysia unggul 1-0 di menit ke-13 tanpa mampu diantisipasi para pemain Indonesia.

Semenit kemudian, Ezra sebenarnya mendapat peluang emas yang harusnya bisa membuat skuad Garuda menyamakan kedudukan. Namun ancaman yang dilancarkan pemain Persib Bandung ini tak membuahkan hasil untuk Indonesia.

Tepat di menit ke-25 Arhan mencoba menembakkan tendangan jarak jauhnya ke arah gawang Malaysia. Namun, upaya ini melambung tinggi di atas mistar gawang Khairul Fahmi. GAGAL!

Blunder dilakukan Nadeo Argawinata yang terburu-buru menyambut bola hingga meninggalkan gawangnya. Beruntung tendangan keras yang dilakukan pemain Malaysia gagal bersarang di gawang Indonesia.

Irfan Jaya berhasil membayar kesalahan yang dilakukannya di awal pertandingan dengan menyamakan kedudukan di menit 36. Kerja sama yang apik dengan Ricky Kambuaya membuat Witan Sulaeman sukses memberikan assist kepada Irfan yang bergerak leluasa di area terlarang lawan dan langsung ditembakkan bola ke gawang Malaysia. GGOOLL!! 1-1 Untuk Indonesia.

Sesaat kemudian, giliran Ramai Rumakiek yang mendapat peluang emas untuk membuat Indonesia memimpin. Namun, tembakan pemain muda asal Papua ini hanya melambung di atas gawang lawan. GAGAL!

Bukan hanya satu gol, Irfan berhasil memanfaatkan umpan Arhan Pratama dan menggandakan skor skuad Garuda di menit 43, yang membawa Indonesia memimpin 1-2. GGOOLL!!

Babak Kedua

Di awal babak kedua, tepatnya di menit 50, sang pemberi assist, Arhan Pratama, ikut menambah koleksi gol Indonesia menjadi 1-3.

Lewat tendangan kaki kirinya, pemain muda PSIS Semarang ini sukses menyarangkan bola yang tak mampu lagi dibendung kiper senior Malaysia, Khairul Fahmi. GOOL!!

GOL DIANULIR! Wasit asal Bahrain, Ammar Ebrahim Hasan Mahfoodh, menganulir gol yang disarangkan pemain Malaysia, Safiq Ahmad, karena terjadi pelanggaran terlebih dulu terhadap Nadeo. Keputusan ini tentunya membuat para pemain Harimau Malaya itu bertambah frustrasi setelah tertinggal 1-3 di laga ini.

Elkan Baggott nyaris menambah koleksi gol Indonesia di menit 69, sesaat setelah ia menyundul umpan Irfan mengarah ke gawang Khairul Fahmi. Sayang upayanya ini masih melebar. GAGAL!

Kushedya Yudho harusnya bisa menambah koleksi gol Indonesia di menit 81. Namun tembakannya di depan gawang Malaysia hanya melambung tinggi. GAGAL!

Namun, kekecewaan ini digantikan dengan kegembiraan saat Elkan Baggott berhasil menambah koleksi gol Indonesia menjadi 1-4 di menit 82 – lewat sundulan kepalanya, tepat di depan gawang Malaysia. GOOL!!

Susunan Pemain

Malaysia (4-1-4-1): Fahmi; Syahmi, Putera Nadher, Cools, Mohd Ghazali; Bakhtiar; Aiman, Ahmad, Abdul Halim, Rasid; Kogileswaran.

Indonesia (4-4-2): Nadeo; Asnawi Mangkualam, Aryanto, Dewangga, Arhan, Ramai Rumakiek, Irianto, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Ezra Walian, Sulaeman.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO