Hasil Meksiko vs Jepang di Olimpiade Tokyo: Tuntaskan Dendam, El Tri Bawa Pulang Medali Perunggu

Gilabola.com – Hasil Meksiko vs Jepang di perebutan medali perunggu cabor sepak bola putra Olimpiade Tokyo berakhir 3-1 untuk kemenangan El Tri, Jumat (6/8) sore WIB.

Pada pertandingan ini, timnas sepak bola Jepang jelas diunggulkan. Selain bertindak sebagai tuan rumah, Samurai Biru sebelumnya telah bertemu Meksiko di fase grup A. Pada saat itu, menang 2-1.

Namun secara mengejutkan di perebutan medali perunggu, Jepang sudah tertinggal dua gol di babak pertama melawan Meksiko. Dua gol El Tri yang tercipta masing-masing dari Sebastian Cordova dari titik putih di menit ke 13 dan menit ke 22 melalui Johan Vazquez.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Laga yang berlangsung di Saitama Stadium 2002, penguasaan bola Meksiko dan Jepang sama kuat 50 persen. Akan tetapi, hasil Meksiko vs Jepang yang ditutup 2-0 di paruh pertama untuk keunggulan El Tri kubu Meksiko mampu melepaskan 3 tembakan tepat sasaran. Sedangkan Jepang hanya 1 kali.

Di babak kedua, Meksiko memperbesar keunggulannya melalui Alexis Vega di menit ke 58. Namun, Jepang yang tak menyerah akhirnya baru bisa mencetak gol di menit ke 78 dari Kaoru Mitoma.

Akan tetapi, hingga laga usai hasil Meksiko vs Jepang ditutup 3-1 untuk kemenangan El Tri. Berkat kemenangan ini, Meksiko berhak membawa pulang medali perunggu di cabor sepak bola putra Olimpiade Tokyo.

Sementara kekalahan yang dialami Jepang, membuat Samurai Biru mengalami hal yang sama di Olimpiade 2012 di mana harus puas menempati peringkat keempat usai mereka kalah kontra Korea Selatan pada saat itu.

Jalannya Pertandingan 

Babal Pertama 

Pada menit ke 12 wasit menunjuk titik putih setelah pemain Meksiko dilanggar pemain Jepang. Sempat melihat melihat VAR, akhirnya wasit Bamlak Tessema Weyesa tetap memberikan hadiah penalti untuk El Tri. Sedangkan Sebastian Cordova yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya. Skor 1-0 untuk timnas sepak bola Meksiko di menit ke 13.

Menit ke 22 Meksiko melalui Sebastian Cordova mengirimkan umpan silang dan Johan Vazquez menyambutnya dengan sundulan. Sundulannya pun masuk ke gawang Jepang. Sehingga membuat papan skor pun menjadi 2-0 bagi Meksiko. Tak mau kalah, Jepang juga berusaha utuk mengejar ketertinggalan tapi umpan yang diberikan masih bisa dihalau pemain bertahan Meksiko.

Selanjutnya Jepang membangun serangan lewat Daichi Hayashi dan ia pun langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, tendagannnya masih bisa diantisipasi oleh Guillermo Ochoa. Jepang terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan dan Wataru Endo melakukan percobaan dengan mengirimkan umpan ke rekan setimnya yang ada di kotak penalti. Namun, dengan pertahanan Meksiko yang disiplin tak membahayakan.

Usai ditekan, Meksiko juga memberikan ancaman lewat Cordova tetapi sang pemain memberikanumpan yang terlalu cepat kepada Lainez. Setelah itu, Jepang juga melakukan percobaan melalui Ritsu Doan dan masih bisa diselematkan oleh Ochoa. Hingga pertandingan babak berakhir, hasil Meksiko vs Jepang di Olimpiade Tokyo keunggulan sementara untuk El Tri dengan skor 2-0.

Babak Kedua 

Agar bisa mencetak gol, Jepang di awal babak kedua melakukan pergantian pemain memasukkan Reo Hatate dan menarik Yuki Soma. Terbukti di menit ke 53 Jepang nyaris mencetak gol dari Ritsu Doan. Sayang, tembakan sang pemain masih melambung di atas mistar gawang. Semenit kemudian Meksiko langsung berikan ancaman serius melalui Cordova, namun peluangnya bisa digagalkan oleh kiper Jepang.

Menit ke 58 Meksiko dapat tendangan sepak pojok dan Cordova yang mengarahkan bola ke dalam kotak penalti langsung disambut oleh sundulan Alexis Vega. Sundulannya pun masuk ke gawang Jepang. Sehingga membuat El Tri unggul 3-0. Meski unggul tiga gol, Meksiko terus memberikan tekanan lagi ke Jepang dan Antuna hampir saja mencetak gol andai melakukan penyelesaian akhir dengan tenang.

Walaupun tertinggal tiga gol, namun timnas sepak bola Jepang terus berusaha untuk mencetak gol pertamanya. Tapi upaya yang dilakukan oleh Kaoru Mitoma dan Kubo masih belum berhasil. Sampai menit ke 75 Meksiko masih mempertahankan keunggulan mereka. Namun, tiga menit kemudian Jepang berhasil mencetak gol melalui Kaoru Mitoma. Hasilnya skor menjadi 3-1 di menit ke 78.

Jepang bisa dibilang mendominasi permainan dengan unggul penguasaan bola 53 banding 47 sampai menit ke 85. Sayangnya, hingga wasit meniupkan peluit panjang hasil Meksiko vs Jepang di Olimpiade Tokyo tetap 3-1 untuk kemenangan El Tri.

Susunan Pemain Meksiko vs Jepang U-23:

Meksiko (4-1-2-3) Guillermo Ochoa, Jorge Sanchez, Jasib Montes, Johan Vazquez, Jesus Angulo, Luis Romo, Carlos Rodriguez, Francisco Cordova, Diego Lainez, Henry Martin, Ernesto Vega.

Jepang (4-2-3-1) Kosei Tani, Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Takehiro Tomiyasu, Yuta Nakayama, Ao Tanaka, Wataru Endo, Ritsu Doan, Takefusa Kubo, Yuki Soma, Daichi Hayashi.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO