Hasil Mesir vs Spanyol di Olimpiade Tokyo: Spanyol Gagal Bongkar Pertahanan Mesir

Gilabola.com – Hasil Mesir vs Spanyol di Grup C Olimpiade Tokyo, Kamis (22/7), berakhir dengan skor 0-0.

Luis de la Fuente harus melihat timnya peroleh hasil imbang 0-0 di laga melawan Mesir sore ini. Spanyol sebenarnya berhasil mendominasi jalannya laga sejak babak pertama, namun solidnya pertahanan Mesir membuat mereka tak pernah berhasil memanfaatkan peluang yang tercipta.

Beberapa kali peluang tercipta lewat aksi Mikel Merino, Dani Olmo, dan terakhir sundulan mematikan Rafa Mir yang seluruhnya gagal membuahkan hasil bagi Spanyol. Sebaliknya, Mesir mencoba lakukan serangan bali, namun tak ada ancaman berarti yang berhasil mereka lancarkan ke gawang Unai Simon.

Advertisement

Laga ini menjadi pertemuan pertama Mesir dan Spanyol. Tim sepak bola Mesir sendiri sudah terlibat di Olimpiade sejak tahun 1912 dengan mengoleksi 29 medali, terdiri dari tujuh medali emas, sembilan perak dan 13 perunggu. Namun, tak ada satupun dari anggota skuad mereka saat ini yang pernah ikut memenangkan medali tersebut.

Sepak bola Spanyol sendiri sudah berpartisipasi di Olimpiade sejak tahun 1900. Sejak saat itu mereka sudah membawa pulang 113 medali, terdiri dari 34 medali emas, 49 medali perak dan 30 perunggu.

Di turnamen kali ini, La Roja membawa banyak pemain muda berbakat yang merumput di klub papan atas dunia, seperti Pau Torres, Mikel Merino, Carlos Soler, Pedri, Dani Olmo, Unai Simón, Marco Asensio dan Oyarzabal.

Jalannya Pertandingan

Di menit ke-25 Spain mendapat peluang mencetak gol dari set-piece, namun bola hasil tendangan bebas Dani Ceballos berhasil diamankan kiper Mesir.

NYARIS!! Dua menit kemudian tembakan kencang Ceballos ke arah gawang Mesir masih membentur tiang. Sementara bola rebound yang kembali berusaha dimanfaatkan Ceballos pun jatuh ke pelukan kiper lawan. GAGAL!

Di penghujung babak pertama, Spanyol tampaknya kehilangan Dani Ceballos yang diperkirakan alami cedera engkel kiri usai bertabrakan dengan pemain Mesir, Taher Mohamed, posisinya kemudian digantikan Jon Moncayola.

Merino juga punya peluang bagus di depan gawang Mesir dari posisi sepak pojok tiga menit setelah jeda. Namun sundulan kepalanya hanya melambung di atas mistar gawang Mesir.

Giliran Mesir yang akhirnya berhasil mendekati wilayah terlarang Spanyol di menit ke-64. Sayangnya, bola yang coba disarangkan pemain pengganti, Ammar, ke gawang Unai Simon, hanya melambung di atas mistar. GAGAL!

Pergantian tiga pemain yang dilakukan pelatih Spanyol U-23, Luis de la Fuente, di menit 67, berhasil membangkitkan semangat La Roja. Mereka nyaris melesakkan bola ke gawang Shennawy sesaat kemudian. Namun, rapatnya penjagaan pemain belakang Mesir menggagalkan upaya tersebut.

Tepat di menit 75, Rayyan nyaris menjebol gawang Simon. Namun peluangnya berhasil digagalkan kiper Athletic Bilbao tersebut.

Spanyol punya peluang emas di menit 78, tak lama setelah Juan Miranda dijatuhkan Hegazi di sekitar kotak terlarang dan wasit berikan tendangan bebas di sisi area tersebut. Namun peluang ini gagal dimanfaatkan Spanyol. GAGAL!

NYARIS!! Sundulan kencang Rafa Mir yang harusnya bisa membawa Spanyol unggul di penghujung laga bahkan gagal bersarang di gawang Mesir, karena bola langsung jatuh ke pelukan sang kiper. Skor pun bertahan 0-0 hingga menit 88.

Jesus Vallejo berusaha memanfaatkan tendangan bebas di masa injury time, namun bola hasil tendangannya hanya mengenai luar jala gawang Mesir.

Susunan Pemain

Timnas Mesir U-23 (5-2-3): Mohamed El Shenawy; Karim El Eraki, Mahmoud Hamdi El Wensh, Ahmed Hegazy, Osama Galal, Ahmed Abou El Fotouh; Emam Ashour, Akram Tawfik; Taher Mohamed, Ahmed Yasser Rayyan, Ramadhan Sobhi.

Timnas Spanyol U-23 (4-3-3): Unai Simon; Juan Miranda, Pau Torres, Eric Garcia, Oscar Mingueza; Pedri, Mikel Merino, Dani Ceballos; Dani Olmo, Mikel Oyarzabal, Marco Asensio.