Hasil Newcastle Jets vs Persija Jakarta Skor Akhir 3-1

Hasil Newcastle Jets vs Persija Jakarta Skor Akhir 3-1

Hasil pertandingan antara Newcastle Jets vs Persija Jakarta dalam laga Liga Champions AFC, putaran pendahuluan kedua, ditutup dengan skor akhir 3-1 di McDonald Jones Stadium, Australia, Selasa (12/2) sore tadi.

Selama 90 menit Newcastle Jets main imbang 1-1 melawan Persija Jakarta, pada pertandingan Selasa sore di Newcastle, Australia. Gol tuan rumah dilesakkan oleh Vargas, sementara gol balasan Macan Kemayoran dicetak Ramdani Lestaluhu pada sisa pertandingan 16 menit jelang usai. Namun tuan rumah berhasil kembali unggul pada masa perpanjangan waktu, menit 101, melalui gol Nigel Boogard.

Babak pertama pertandingan di McDonald Jones Stadium ini usai dengan skor 0-0. Tuan rumah sebenarnya sangat amat dominan selama menit-menit pertama. Tujuh menit saja sudah dua tendangan sudut diderita Persija, tapi mereka berhasil bertahan dari kebobolan. Dimi Petratos terlihat sangat berbahaya, satu tendangan bebasnya menit 11 membuat jantung Persija berdebar.

Sebaliknya Macan Kemayoran berbalik membahayakan gawang tuan rumah dengan Marko Simic nyaris membobol gawang Newcastle pada menit 16 melalui satu skema sepak pojok. Sekedar info saja, paspor Simic ditahan pihak berwenang Australia setelah ia dituding melakukan pelecehan seks di dalam pesawat saat perjalanan ke Sydney.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Memasuki menit 18 Persija mulai bisa mengimbangi tekanan yang diberikan lawannya asal Australia ini. Ramdani Lestaluhu dan Riko Simanjuntak bertindak sebagai dua penyerang utama untuk anak-anak Jakarta. Sekitar menit 25, dua serangan beruntun dibangun oleh Persija, pertama oleh Beto Goncalves, kedua oleh Riko Simanjuntak, tapi keduanya meleset dari sasaran.

Pada menit 33 peluang terbaik bagi Newcastle Jets setelah Roy O’Donovan menanduk bola di depan gawang Andritany tapi melebar! Sayang sekali! Menit 45 sekali lagi O’Donovan membahayakan gawang Persija tapi kali ini Andritany berlari ke tepi kotak penalti dan berhasil menepis bola. Selang beberapa detik Marko Simic melakukan aksi akrobatik tapi bola melayang jauh di atas mistar lawan. Babak pertama usai tanpa gol.

Babak kedua baru saja dimulai empat menit dan Newcastle Jets unggul 1-0. Diawali permainan satu-dua oleh pemain tuan rumah, bola sampai ke Ronald Vargas dan ia menjebol gawang Andritany tanpa kesulitan. GOL! 1-0! Sampai dengan menit 60 belum ada balasan dari Persija. Masih shock sepertinya dengan gol tadi. Sebaliknya Jets sudah dua kali membahayakan gawang anak-anak Jakarta.

GOL! PERSIJA! Menit 72 skor 1-1 setelah Ramdani Lestaluhu menanduk bola hasils epak pojok. Beberapa detik sebelumnya juga terjadi sebuah sepak pojok dan tandukan Marko Simic berhasil dibersihkan.

Di samping masalah hukum yang diderita Simic, pemain Kroasia itu beberapa kali terlibat dalam serangan balik dan juga membela pertahanan Persija. Seolah-olah ia tidak berhadapan dengan masalah apa pun hari ini. Skor masih 1-1 sampai lima menit extra time di McDonald Jones Stadium, Newcastle, Australia. Dan setelah 90 menit, pertandingan usai dengan skor 1-1. Waktunya perpanjangan waktu 2×15 menit!!

Apa yang mencolok mata selama masa extra time ini, dan sebenarnya sepanjang babak kedua tadi, adalah taktik offside yang diterapkan Persija berhasil menjebak sejumlah pemain Newcastle. Salah satunya menit 92 saat satu umpan terobosan diteruskan dari Daniel Georgievski ke Roy O’Donovan, PRIIIT! Offside! Selang tiga menit kemudian Riko Simanjuntak berlari sepanjang setengah lapangan sebelum mengirim umpan terarah ke Novri Setiawan tapi tak bisa disambarnya. Sayang sekali!

Siapa pun yang lolos dari laga ini akan berhadapan dengan peserta Piala Dunia Klub FIFA asal Jepang, Kashima Antlers, sebelum bisa memastikan satu tempat di babak penyisihan grup. Dan ketika semua merasa laga akan usai dengan skor 1-1, kapten Nigel Boogard melesakkan gol bagi Newcastle melalui tandukan kepalanya, menit 101 memanfaatkan sebuah sepak pojok. Skor berubah 2-1. 

Skor ini terasa tidak adil bagi Andritany dan bagi Persija Jakarta. Kiper Andritany tampil gemilang sepanjang pertandingan. Jika bukan karena jasanya, gawang Persija pasti sudah kebobolan lebih banyak gol, terutama pada babak pertama dan masa perpanjangan waktu. Sudah sepatutnya Andritany memperoleh gelar pemain terbaik malam ini.

Detik-detik terakhir, pemain pengganti Ridenton menambahkan satu gol bagi tuan rumah. Hasil pertandingan Newcastle Jets vs Persija Jakarta akhirnya ditutup dengan skor akhir 3-1. Dengan hasil ini maka Jets akan menjumpai tim asal Jepang, Kashima Antlers, pada babak playoff.

Susunan Pemain

Newcastle Jets : Glen Moss, Nigel Boogard, Ben Kantarovski, Steven Ugarkovic, Dimi Petratos, Roy O’Donovan, Ronald Vargas, Kaine Sheppard, Daniel Georgievski, Johnny Koutroumbis, Nikolai Topor-Stanley.

Persija Jakarta : Andritany, Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Dany Saputra, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Yan Pieter Nasadit, Riko Simanjuntak, Beto Goncalves, Marko Simic.