Digilas Spanyol di Laga Pertama Grup B, Magis Kroasia Berakhir di Euro 2024

Gila Bola – Pertandingan antara Spanyol vs Kroasia di Grup B Euro 2024 berjalan tidak seimbang sejak pertandingan dimulai, daya magis semifinalis Piala Dunia tersebut telah berakhir.

Timnas Spanyol sudah unggul dengan skor telak 3-0 di babak pertama atas Kroasia melalui gol yang dilesakkan oleh Alvaro Morata, Fabian Ruiz dan gol Dani Carvajal jelang turun minum.

Luka Modric dan kawan-kawan seakan tak mampu berbuat banyak dan kiper Livakovic harus tiga kali memungut bola dari gawangnya hanya di paruh pertama.

Meski sebenarnya jumlah tembakan dan penguasaan bola kedua tim tak berbeda jauh, namun ketajaman pemain La Furia Roja jelas jadi pembedanya di pertandingan ini.

Sedangkan lini serang tim berjuluk Vatreni yang dipimpin oleh Andrej Kramaric, Ante Budimir dan Lovro Majer semuanya gagal memberikan ancaman berarti ke gawang Unai Simon.

BACA JUGA: Lamine Yamal Pecah Rekor Pemain Termuda di Euro 2024

Jalannya Pertandingan

Kroasia bermain dengan strategi menyerang, memutuskan untuk mengambil risiko dengan mendorong Stanisic dan Gvardiol ke depan, sementara Kovacic juga berada di depan untuk membantu penyerangan.

Namun rupanya  strategi ini membuat mereka kedodoran saat Rodri berhasil memotong umpan dan memberikannya kepada Morata.

Pemain bertahan Kroasia yang sebelumnya terpisah saat menguasai bola, terlihat kesulitan untuk mengejar Morata yang berlari memanfaatkan celah tersebut. Morata dengan tenang melepaskan tembakan kaki kiri masuk ke gawang Livakovic di menit ke-29. Ini merupakan gol ketujuh Morata di ajang Piala Eropa, peringkat ketiga terbanyak di bawah Cristiano Ronaldo (14 gol) dan Michel Platini (9 gol)

Pemain PSG, Fabian Ruiz, menunjukkan kemampuan luar biasa untuk mencetak gol setelah ia memulai pergerakan dengan menerima bola di kotak penalti sebelah kanan utuk merubah kedudukan menjadi 2-0 di menit ke-32.

Ruiz berputar dan melepaskan tembakan yang mengenai lutut Sutalo dan bola berbelok masuk ke pojok kanan bawah gawang. Sebelumnya, ia dengan jeli mengontrol umpan silang dari Yamal setelah ia terlebih dahulu menyentuh umpan panjang yang diarahkan kepadanya. Luka Modric dibuat tak berdaya untuk menghentikan Ruiz.

Gvardiol, yang tampil apik di bek kiri untuk City sepanjang musim, menjadi target serangan pemain Spanyol hari ini. Williams yang tampil lincah berhasil melewati Gvardiol dan mencoba memberi umpan kepada Pedri untuk mencetak gol mudah, namun eksekusinya kurang sempurna.

Tak lama kemudian jelang waktu turun minum, Lamine Yamal berlari ke arah Gvardiol dan melepaskan umpan silang. Carvajal, yang bergerak tanpa bola, berhasil menyambar bola dan mencetak gol pertamanya untuk tim nasional Spanyol, skor 3-0.

Di babak kedua Kroasia sebenarnya lebih mendominasi jalannya pertandingan, dan melepaskan banyak tembakan yang sayangnya tak menemui sasaran.

Spanyol lebih banyak bertahan dan tampaknya puas dengan keunggulan tiga gol di babak pertama, tapi tetap saja skuad asuhan Zlatko Dalic kesulitan menembus pertahanan tim asuhan Luis De la Fuente.

Hasil pertandingan antara Spanyol vs Kroasia akhirnya ditutup dengan skor akhir 3-0, La Roja menempati posisi puncak klasemen dengan tiga poin penuh sementara skuad Vatreni di posisi buncit Grup B yang disebut sebagai grup Neraka di Euro 2024 ini.

Susunan Pemain

Timnas Spanyol (4-3-3): Simon (Athletic Bilbao); Carvajal (Real Madrid), Le Normand (Real Sociedad), Nacho (Real Madrid), Cucurella (Chelsea); Pedri (Barcelona), Rodri (Man City), Ruiz (PSG); Williams (Athletic Bilbao), Morata (Atletico Madrid), Lamine Yamal (Barcelona).

Timnas Kroasia (4-2-3-1): Livakovic (Fenerbahce); Stanisic (Bayer Leverkusen), Sutalo (Ajax), Gvardiol (Man City), Pongracic (Lecce); Modric (Real Madrid), Brozovic (Al Nassr); Majer (Wolfsburg), Kramaric (Hoffenheim), Kovacic (Man City); Budimir (Osasuna).

Klasemen Grup B Euro 2024

#TimMnMSKGMGKSGPoin
1Spanyol11003033
2Italia00000000
3Albania00000000
4Kroasia100103-30

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!