Hasil Piala Asia 2023 – China vs Tajikistan: Tim Debutan Mengejutkan, Paksa Dragon’s Team Berbagi Poin

Gila Bola – Hasil China vs Tajikistan di laga kedua Grup A Piala Asia 2023 yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Sabtu (13/1) malam, ditutup dengan skor 0-0.

Tajikistan tampil mengejutkan di laga ini. Sebagai tim debutan di Piala Asia, mereka beberapa kali berhasil mengancam gawang China dan membuat the Dragon’s Team mati langkah.

Lewat aksi dua bintangnya, Ehson Panjshanbe dan Alisher Dzhalilov, gawang China terus-menerus terancam – sejak awal laga hingga akhir pertandingan. China akhirnya memang berhasil balik mengancam, tetapi ketatnya pertahanan Tajikistan tak mampu diatasi China.

China sebenarnya berhasil menyarangkan bola ke gawang Tajikistan tepat di menit ke-80 lewat sundulan Zhu Chenjie, tapi gol itu dianulir wasit karena offside.

China pun harus puas berbagi poin dengan tim yang sama sekali belum pernah merasakan atmosfer pertandingan di ajang Piala Asia. Berkat hasil imbang ini, China dan Tajikistan pun sama-sama kantongi satu poin, masing-masing berada di posisi dua serta tiga klasemen sementara Grup A.

Tajikistan Ancam Gawang China Sejak Kickoff

Kedua tim berusaha tampil menekan sejak kickoff. Namun, gawang China terancam lebih dulu saat Tajikistan mendapat peluang di menit-menit awal.

Sayangnya, tendangan kaki kanan Amadoni Kamolov dari sudut sempit gagal bersarang di gawang China.

Tajikistan kembali mendapat peluang gol enam menit kemudian, saat Ehson Panjshanbe berusaha menyarangkan tendangan jarak jauhnya ke gawang China. Beruntung bagin tim Dragons upaya ini masih melebar.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Tajikistan tampaknya berhasil tampil mengejutkan di laga ini. Pasalnya, setelah itu tendangan kaki kiri Rustam Soirov ikut nyaris membawa Tajikistan memimpin, tapi upayanya itupun gagal!

Tajikistan tampak lancar dalam mengalirkan bola melawan China yang lebih sering lakukan kesalahan di babak pertama.

Di menit ke-25, Tajikistan bahkan memiliki dua peluang yang harusnya membuat mereka memimpin. Alisher Dzhalilov punya dua peluang lewat kaki kirinya, tapi kedua peluang itu hanya terbuang sia-sia.

Dzhalilov bahkan memiliki dua peluang lagi di menit ke-32. Namun seperti dua peluang dia sebelumnya, ia gagal menyelesaikannya menjadi gol.

China Telat Panas, Baru Bisa Membalas Jelang Jeda

China tampaknya telat panas di laga ini. Tim asuhan Aleksandar Jankovic itu baru mendapat peluang di menit ke-37 saat Zhang Linpeng berusaha menyundul bola usai mendapat umpan sepak pojok. Namun, peluang ini juga gagal membawa China unggul.

China nyaris unggul di akhir babak pertama, saat Wang Qiuming menyundul bola di dalam area penalti Tajikistan. Namun, lagi-lagi upaya inipun gagal.

Tajikistan yang merupakan tim debutan di turnamen ini sukses tunjukkan penampilan mengejutkan. Mereka berhasil menahan imbang China 0-0 di babak pertama.

Rotasi Pemain, China Belum Mampu Bobol Gawang Tajikistan

China masih kesulitan membobol Tajikistan di babak kedua. Meskipun di babak ini China berusaha lakukan beberapa pergantian dan mulai balas mengancam gawang Tajikistan, tetapi kiper dan para pemain belakang Tajikistan berhasil tampil gemilang serta lakukan penyelamatan gemilang.

Para pemain Tajikistan lagi-lagi juga berhasil menganam gawang China – bahkan tiga menit usai jeda, lagi-lagi lewat Dzhalilov.

Kekuatan Tajikistan seakan bertambah, karena selain Alisher Dzhalilov, Alisher Shukurov juga ikut mengancam gawang China. Permainan China memang agak hidup setelah sang pelatih lakukan pergantian pemain lagi di babak kedua ini, tetapi benteng pertahanan Tajikistan masih terlalu solid!

Gol China Dianulir!

China berhasil menjebol gawang Tajikistan di menit ke-80 saat Zhu Chenjie berhasil menyundul umpan sepak pojok yang kali ini tak mampu dibendung kiper Tajikistan yang bermain heroik sejak awal laga.

Namun selebrasi terpaksa ditunda, karena wasit harus berkonsultasi dengan VAR. Gol itupun akhirnya dianulir wasit karena offside.

Susunan Pemain China vs Tajikistan

  • Timnas China (5-3-2): Yan Junling; Liu Binbin, Zhang Linpeng, Jiang Guangtai, Zhu Chenjie, Liu Yang; Wang Qiuming, Wang Shangyuan, Dai Wai-Tsun; Wu Lei, Than Long.
  • Tajikistan (4-3-3): Yatimov; Nazarov. Dzhuraboev, Hanonov, Safarov; Panshanbe, Shukurov, Umarboev; Alisher Dzhalilov, Soirov , Kamolov.