Hasil Piala Dunia Antarklub: Bayern Munchen Menang Atas Tigres Berkat Pemain Belakang Perancis 24 Tahun Ini

Gilabola.com – Dua pemain Bayern Munchen dengan tugas utama bertahan mencetak gol ke gawang Tigres pada final Piala Dunia Antarklub pada Jumat dinihari (12/2), namun satu gol di antaranya dibatalkan wasit. Tak mengapa, satu gol pemain belakang Perancis berusia 24 tahun sudah cukup untuk meraih gelar klub terbaik di dunia.

Juara Eropa Bayern Munchen berhasil mengalahkan juara Concacaf Tigres dalam pertandingan minim gol di Education City Stadium di Al Rayyan Qatar pada Jumat dinihari, dengan skor pertandingan tidak mencerminkan jalannya pertandingan. Klub asal Bundesliga Jerman itu lebih dominan atas lawannya asal Meksiko tersebut dengan 54 persen penguasaan bola, 18 peluang gol (berbanding hanya tiga), serta sembilan tembakan tepat sasaran (banding satu).

Gol skuad Hansi Flick berasal dari serangan yang dilepaskan pemain belakang Benjamin Pavard dari batas kotak penalti usai sundulan kepala datang dari Robert Lewandowski. Untuk sesaat wasit sepertinya ragu melihat adegan gol pada menit 59 itu, melihat layar VAR lebih dulu, sebelum mengesahkannya.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Salah satu sebab Der FCB gagal menang lebih besar adalah figur kiper Argentina Nahuel Guzman yang berdiri di bawah mistar gawang klub Meksiko itu. Ia melakukan bukan satu, bukan dua, tapi delapan penyelamatan sekaligus selama 90 menit pertandingan di Al Rayyan ini, mencegah Bayern Munchen berpesta gol.

Sebenarnya Die Roten bisa menang dengan skor lebih besar karena pada menit 18 Joshua Kimmich sudah mencetak gol bagi Die Bayern, tapi tembakannya terarah tepat ke Lewandowski yang berdiri dalam posisi offside, menjadikan serangan itu secara teknis jatuh dalam kategori offside.

Hansi Flick coba memastikan gelar keenamnya dalam satu musim dengan melakukan sejumlah pergantian, dimulai dari menit 64 dan tiga rotasi lain pada menit 73. Sang manajer masih belum puas dengan satu gol dan memasukkan Corentin Tolisso dengan mengorbankan Serge Gnabry, serta kemudian berturut-turut Eric Maxim Choupo-Moting, Douglas Costa dan Jamal Musiala untuk menggantikan Lewandowski, Kingsley Coman dan Leroy Sane. Tapi tidak ada gol tambahan.

Selain Lewandowski dengan 27 gol musim ini di semua kompetisi, Sane (7 gol) dan Gnabry (6) turun sebagai starter, namun mereka tidak berkutik dengan pertahanan kokoh Tigres. Sayang sekali bahwa mereka kebobolan gol Benjamin Pavard itu.

Hasil final Piala Dunia Antarklub ini mengukuhkan Bayern Munchen sebagai tim terbaik di dunia, mengatasi perlawanan klub asal Meksiko yang menjadi juara dari wilayah Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia (Concacaf). Bayern melaju ke final usai mengalahkan juara Afrika Al Ahly pada semi final, sementara Tigres mengungguli juara Amerika Selatan, Palmeiras.