Hasil Piala FA: Arsenal Sang Juara Bertahan Lolos Berkat Kartu Merah yang Dibatalkan

Gilabola.com – Arsenal adalah juara bertahan Piala FA tetapi dipaksa bermain extra time pada laga kompetisi tersebut oleh Newcastle United, Minggu dinihari (10/1) sebelum seorang pemain yang sudah sempat dikartumerah, mencetak gol pertama The Gunners pada menit 109.

Pasukan Mikel Arteta lolos dari kegagalan pada turnamen FA Cup usai menang dua gol atas Newcastle United pada pertandingan putaran ketiga, membawa mereka lolos ke babak keempat dan berpeluang mempertahankan piala, yang musim lalu diraih usai menaklukkan Chelsea di partai final.

Namun laga Mingguj dinihari (10/1) itu merupakan sebuah laga yang mengecewakan bagi Arsenal, sang juara bertahan Piala FA. Mereka unggul segalanya atas anak-anak Steve Bruce. Unggul dominasi bola (62:38 persen), unggul peluang gol (23:12), unggul sepakan tepat sasaran ke arah gawang (7:2), tetapi gagal melesakkan gol dalam waktu 90 menit. Beruntung ada dua gol terjadi pada masa extra time 2×15 menit, satu oleh Emile Smith Rowe dan satu lagi oleh Pierre-Emerick Aubameyang.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Pujian harus diberikan kepada penjaga gawang Newcastle United Martin Dubarvka yang melakukan penyelamatan bukan dua kali, bukan tiga kali, tapi TUJUH penyelamatan sekaligus selama 90 menit, mencegah Arsenal mencetak gol dan memaksa anak-anak Mikel Arteta untuk masuk ke masa perpanjangan waktu 2×15 menit.

Peristiwa paling menonjol selama 90 menit waktu normal adalah kartu merah untuk pemain muda Emile Smith Rowe pada menit ketiga injury time waktu normal (90+3). Selang semenit setelahnya wasit Chris Kavanagh membatalkan kartu merah tadi usai melihat layar VAR dan sebagai gantinya kartu kuning, untuk pelanggaran yang dirasa tidak terlalu berat tersebut. Itu merupakan peristiwa yang paling menentukan karena Smith Rowe kemudian mencetak gol pada menit 109.

Pujian harus diberikan pada Bukayo Saka yang dengan cerdik melambungkan bola ke dalam kotak penalti, disambut dengan dada oleh Pierre-Emerick Aubameyang ke depan sang pemain muda, yang kemudian menembak ke pojok gawang. Kali ini tak bisa dihentikan oleh Dubarvka.

Selang tiga menit jelang babak tambahan berakhir, Aubameyang menambahkan satu gol lagi yang menyebabkan hasil Arsenal vs Newcastle pada putaran ketiga FA Cup ini usai dengan skor 2-0. The Gunners lolos ke babak keempat kompetisi!