Hasil Piala FA: Manchester City Dekati Trofi Ketujuhnya, Final No 12 Sepanjang Sejarah

Gila Bola – Manchester City mendekati trofi ketujuhnya di ajang FA Cup dengan kemenangan di Everton pada perempat final yang usai Minggu dinihari 21 Maret 2021. Drawing semi final akan dilakukan sekitar 24 jam lagi. Jika lolos dari empat besar maka ini merupakan final ke-12 kalinya dari Skyblues.

Baik tuan rumah Everton maupun Manchester City sepertinya sama-sama tidak menginginkan kemenangan pada waktu reguler 90 menit. Permainan boleh dibilang membosankan. Kedua kesebelasan sama-sama khawatir dengan serangan balik lawan, bermain sangat hati-hati.

Sampai dengan akhir dari babak pertama, kedua tim hanya mencatatkan satu kali tembakan on target dengan tandukan kepala dari Yerry Mina dibersihkan oleh pemain Ukraina Olexandr Zinchenko tepat di garis gawang. Itu merupakan peluang emas terbaik dari skuad Carlo Ancelotti. Kiper Amerika Zack Steffen yang dipercaya berdiri di bawah mistar gawang hanya tertegun saja melihat sundulan kepala sang pemain Kolombia.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Sementara itu dua peluang emas dari anak-anak Pep Guardiola terjadi pada babak kedua. Yang pertama terjadi menit 59 saat Raheem Sterling menerima umpan pendek di luar kotak dan melepaskan serangan ke arah tiang kanan, berhasil diselamatkan oleh kiper Joao Virginia dengan refleks yang hebat. Selang tujuh menit kemudian datang serangan kedua dari Phil Foden yang mendesis tipis saja di sisi gawang the Toffees.

Saat pertandingan mendekati akhir dan muncul kesan bahwa laga harus dilanjutkan dengan extra time 2×15 menit serta adu penalti, datanglah pemain Jerman keturunan Turki ini, memberi City kemenangan yang sangat dibutuhkan. Sesaat sebelumnya Aymeric Laporte menyambar bola liar yang ditepis oleh Joao Virginia ke mistar gawangnya dan memantul kembali ke lapangan. Di sana ada Ilkay Guendogan yang menjatuhkan diri sembari menyundul bola ke gawang yang menganga kosong. Skor 0-1!

Dan selang enam menit kemudian saat Everton sedang mencari gol penyama kedudukan, Rodri berhasil mencuri bola dan mengirimkannya cepat-cepat ke depan yang digiring oleh gelandang Belgia Kevin de Bruyne sampai ke dalam kotak dan menyelesaikannya menjadi gol. 0-2!

Dengan kemenangan ini maka City berhasil lolos ke semi final Piala FA untuk tiga musim beruntun setelah pernah melakukannya pada periode 1931 sampai 1934. Jika lolos dari jebakan semi final maka ini akan menjadi final ke-12 kalinya sepanjang sejarah bagi Skyblues dan jika berhasil menang pada partai puncak akhir Mei di Stadion Wembley, ini baru menjadi trofi FA Cup ketujuhnya.

Apa yang lebih penting daripada itu adalah, ini berpotensi menjadi trofi keempat Cityzens setelah mereka memimpin pada jarak yang cukup jauh di ajang Liga Inggris, masih menjaga harapan di Liga Champions, dan sudah memastikan diri lolos sampai ke final Carabao Cup.