Hasil Piala FA Tadi Malam: Gareth Bale Cetak Gol Tapi Tottenham Menang Susah Payah di Wycombe

Gilabola.com – Foto memperlihatkan Gareth Bale mencetak gol untuk Tottenham Hotspur pada laga putaran keempat Piala FA di Wycombe Wanderers, Selasa dinihari (26/1). Tapi skuad Jose Mourinho butuh gol menit-menit akhir guna memastikan diri melaju menghadapi Everton pada putaran kelima kompetisi ini.

Tottenham Hotspur tertinggal lebih dulu melalui gol Fred Onyedinma menit 25 sebelum Gareth Bale menipiskan skor pada detik-detik terakhir babak pertama saat Lucas Moura mengirimkan umpan lambung ke depan gawang. Menunggu sesaat guna mencegah dirinya offside, Bale kemudian menyambar bola lambung tadi dengan kaki kirinya dan mencetak gol penyama kedudukan.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Spurs tampil perkasa dengan dominasi bola mencapai 73 persen, terutama sekali pada paruh kedua saat mereka membanjiri pertahanan Wycombe dengan serangan demi serangan, tapi gol kemenangan yang ditunggu-tunggu tak kunjung tiba. Sampai 10 menit jelang akhir pertandingan sudah ada 19 peluang dan lima tembakan on target, tapi gol susulan belum kunjung datang sejak gol Gareth Bale pada masa injury time babak pertama tadi. Tim yang mendekam di dasar klasemen Championship atau divisi kedua Liga Inggris itu berhasil meredam serangan-serangan anak buah Jose Mourinho.

Tottenham Dipaksa Turunkan Harry Kane dan Son Heung-min

Sang manajer Portugal, yang tadinya menyimpan Harry Kane dan Son Heung-min untuk laga bigmatch melawan Liverpool di ajang Premier League pada Jumat (29/1) dipaksa untuk menurunkan keduanya pada menit 58 dan 68 masing-masing, selain Tanguy Ndombele pada menit yang sama dengan Son. Sebelumnya pada awal paruh kedua Mourinho sudah memasukkan pemain jagoannya yang tak kenal rasa sakit, Pierre-Emile Hoejbjerg, tapi tidak mampu mengubah skor.

Empat pemain Spurs yang ditarik keluar berturut-turut sesuai menit adalah Japhet Tanganga, Carlos Vinicius dan Erik Lamela serta Lucas Moura. Nama yang disebut terakhir ini adalah penyedia assist untuk gol Bale tadi. Sementara itu hanya selang beberapa menit sejak masuk, Son Heung-min hampir saja mencetak gol. Serangannya pada menit 73 melebar tipis di tiang jauh.

Wycombe Wanderers tidak keberatan untuk bertahan mati-matian demi masuk ke masa extra time 2×15 menit dan bahkan ke babak adu penalti. Sejak sekitar menit 65, sudah hampir tak pernah para pemain tuan rumah keluar dari setengah lapangan mereka sendiri. Pasukan Gareth Ainsworth itu menghuni ranking terbawah klasemen Championship dan akan mencoba semua kemungkinan untuk mengecewakan Tottenham, selain mencari hiburan lolos ke putaran kelima FA Cup.

Pada masa lalu Wycombe pernah dicap sebagai tim pembunuh raksasa, melaju sampai ke semi final Piala FA tahun 2001, menyingkirkan Leicester City dan Wolves, sebelum dihabisi oleh Liverpool pada empat besar. Mereka juga menjadi semifinalis EFL Cup 2007. Jadi Wycombe akan berusaha dengan segala cara untuk membuat kejutan satu kali lagi.

Namun terjadilah dua gol beruntun menit 86 dan 87 melalui Harry Winks dan Tanguy Ndombele yang memastikan laju Spurs ke babak kelima Piala FA. Gol kedua terjadi setelah kiper Ryan Allsop memblokir serangan Kane dan bola muntah disambar oleh Winks dengan tendangan melengkung.

Sementara itu selang semenit kemudian Son melaju sendirian ke depan gawang dan seharusnya bisa mencetak gol atas namanya, tapi memilih untuk mengumpan bagi Ndombele.

Saat semua orang yakin skor akan selesai dengan 1-3, Ndombele menambahkan satu gol lagi pada menit ketiga injury time. Skor akhir hasil Wyombe vs Tottenham di putaran keempat Piala FA usai dengan skor 1-4! Spurs akan menghadapi Everton pada babak kelima.