Hasil Portugal vs Slovakia Skor Akhir 3-2, Ronaldo Cetak Brace

Gila Bola – Hasil pertandingan Portugal vs Slovakia di kualifikasi Piala Eropa 2024 Grup J berakhir dengan skor 3-2 pada hari Sabtu (14/10) dinihari tadi.

Pertandingan antara Portugal vs Slovakia berakhir dengan skor 3-2 dalam kualifikasi Piala Eropa atau Euro 2024, tiga gol kemenangan Portugal dicetak oleh Goncalo Ramos menit ke-18 dan dua gol Cristiano Ronaldo di menit ke-29 melalui titik penalti dan menit 72. Sementara gol balasan Slovakia dicetak oleh David Hancko menit ke-69 dan gol dari Stanislav Lobotka menit ke-80.

Jalannya Pertandingan Portugal vs Slovakia

Babak pertama sepenuhya dikuasai oleh Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dalam laga antara Portugal vs Slovakia, bahkan mereka menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 saat jeda istirahat.

Diawali pada menit ke-8, peluang besar bagi Portugal ketika Bruno Fernandes mengirimkan umpan mendatar ke dalam kotak dari sisi kanan lapangan. Namun, upaya Cristiano Ronaldo untuk mencetak gol diblokir oleh pemain lawan di garis gawang. Bernardo Silva berusaha memanfaatkan peluang tersebut, tetapi juga gagal mencetak gol setelah sepakan kerasnya diblokir. Saat situasi ini berlangsung, bendera offside dikibarkan, membatalkan peluang Portugal tersebut.

Pada menit ke-16, Slovakia hampir mencetak gol dengan peluang pertama mereka dalam pertandingan ini. Antonio Silva hampir mencetak gol bunuh diri saat ia mengalihkan umpan silang ke arah gawangnya sendiri. Namun, kiper Diogo Costa dengan gesit menghalau bola tersebut dengan mengulurkan lengan kanannya dan menjaganya agar tidak masuk ke gawang.

Namun, pada menit ke-18, Portugal berhasil membuka skor melalui sundulan spektakuler Goncalo Ramos. Gol tersebut tercipta setelah Bruno Fernandes berhasil melewati pemain lawan di tepi kotak dan mengirimkan umpan silang berbahaya ke dalam kotak. Ramos berhasil melepaskan diri dari penjagaannya dan menyundul bola ke bawah, melewati kiper Slovakia, Martin Dubravka.

Menit ke-28 menjadi momen penting lainnya ketika Portugal diberikan penalti setelah bola mengenai tangan Lubomir Vavro di dalam kotak. Cristiano Ronaldo yang mengeksekusi penalti dengan tenang dan melepaskan tendangan yang akurat ke sisi kanan gawang, sementara Dubravka terjatuh ke arah yang berlawanan. Hasilnya, Portugal unggul 2-0.

Pada menit ke-43, Portugal seharusnya mencetak gol ketiga setelah Cristiano Ronaldo melepaskan tembakan keras yang mengenai tiang gawang Slovakia. Goncalo Ramos mencoba mengkonversi bola tersebut, tetapi hanya kembali mengenai tiang gawang.

Portugal mendominasi pertandingan babak pertama dengan 16 tembakan sebelum jeda dan menciptakan peluang dengan nilai xG sebesar 4.16. Meski Slovakia melakukan beberapa penyelamatan hebat lewat Dubravka, serta beberapa peluang yang gagal dimanfaatkan oleh Ronaldo dan Ramos, Portugal tetap memimpin 2-0.

Saat memasuki babak kedua, Slovakia tampak berbeda dan lebih berani melakukan serangan, dan usaha mereka tak sia-sia.

Pada menit ke-62, Slovakia mendapatkan peluang emas ketika Duda mengoper bola kepada Hancko. Hancko dengan cermat mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan mengarah ke gawang. Upaya tembakannya mengalami tekel dari Cancelo, tetapi kiper Portugal, Diogo Costa, berhasil menghalau bola tersebut dengan penampilan yang kuat.

Slovakia terus memberikan tekanan kepada Portugal, membuat tim tuan rumah kesulitan untuk maju ke depan dan menciptakan peluang mereka sendiri. Tim tamu terus memanfaatkan sayap-sayap lapangan dan mengirimkan umpan-umpan silang ke dalam kotak pada setiap kesempatan.

Pada menit ke-69, Slovakia berhasil mencetak satu gol. Hancko dengan mudah membawa bola ke depan tanpa mendapat tekanan saat mendekati tepi kotak. Ia melepaskan tembakan rendah yang membentur Antonio Silva sebelum masuk ke sudut bawah gawang. Costa tidak memiliki peluang untuk menghentikannya.

Pada menit ke-72, Portugal segera memulihkan keunggulan dua gol mereka setelah mereka baru saja kebobolan. Bruno Fernandes mengirimkan umpan silang rendah ke dalam kotak, dan Vavro mencoba membersihkan bola, tetapi bola malah mengarah ke Cristiano Ronaldo, yang dengan mudah mencetak gol.

Pada menit ke-80, Slovakia mencetak gol kedua mereka. Lobotka melepaskan tendangan keras dari luar kotak yang mengarah ke sudut atas gawang, membuat Costa tidak memiliki peluang untuk menyelamatkannya. Meskipun Slovakia mencetak dua gol dari luar kotak, Portugal tetap memimpin dengan skor 3-2.

Pada akhir pertandingan, Portugal seharusnya mencetak gol keempat mereka. Joao Felix memberikan umpan kepada Fernandes, yang melepaskan tembakan tepat ke arah Dubravka. Namun, Dubravka berhasil melakukan penyelamatan penting, dan upaya Jota pada bola pantulan juga berhasil dimentahkan oleh Dubravka dalam jarak dekat. Pertandingan antara Portugal vs Slovakia ditutup dengan skor akhir 3-2 dalam pertandingan kualifikasi Grup J Piala Eropa 2024.

Susunan Pemain Portugal vs Slovakia

Tim Nasional Portugal (4-3-3):

Starting XI: Diogo Costa; Diogo Dalot, Ruben Dias, Antonio Silva, Joao Cancelo; Bruno Fernandes, Joao Palhinha, Bernardo Silva; Cristiano Ronaldo, Goncalo Ramos, Rafael Leao. Cadangan: Rui Patricio, Jose Sa, Nelson Semedo, Joao Neves, Joao Felix, Danilo Pereira, Goncalo Inacio, Pedro Neto, Otavio, Ruben Neves, Diogo Jota, Vitinha.

Tim Nasional Slovakia (4-3-3):

Starting XI: Martin Dubravka; Peter Pekarik, Denis Vavro, Milan Skriniar, David Hancko; Juraj Kucka, Stanislav Lobotka, Ondrej Duda; Ivan Schranz, Robert Bozenik, Robert Mak. Cadangan: Marek Rodak, Henrich Ravas, Michal Tomic, Lubomir Satka, Norbert Gyomber, Tomas Suslov, Robert Polievka, Laszlo Benes, Patrik Hrosovsky, Vernon De Marco, Dominik Holly, David Duris.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!