Hasil Semi Final Euro 2020: Italia Melaju ke Final Usai Adu Penalti, Spanyol Kurang Beruntung

Gilabola.com – Kegagalan sepakan penalti dari Dani Olmo dan Alvaro Morata dan kesuksesan Jorginho membawa Italia lolos ke final Euro 2020, mengalahkan Spanyol melalui babak adu nasib.

Peluang pemain Chelsea Jorginho untuk meraih Ballon d’Or tahun ini naik pesat setelah membawa Italia lolos ke final Euro 2020, menjadi eksekutor terakhir adu penalti dari tim Gli Azzurri, usai kegagalan Morata dan Dani Olmo. Jorginho sebelum ini sudah meraih trofi Liga Champions bersama The Blues.

Pertandingan Italia vs Spanyol pada semi final Euro 2020 harus diselesaikan lewat babak extra time 2×15 menit dan adu penalti, setelah skor sama kuat 1-1 selama 90 menit.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Pemain paling menonjol dari kubu Azzurri adalah Federico Chiesa, yang kini sudah mengalahkan catatan ayahnya, Enrico, dalam karir sepak bola internasional setelah mencetak gol keduanya tadi malam ke gawang Spanyol.

Italia kini menjadi tim kedua, setelah Perancis pada Piala Eropa 2000, yang memiliki lima pemain berbeda dengan koleksi dua gol masing-masing dalam satu turnamen.

Skuad Roberto Mancini berhasil bangkit dari penampilan buruk mereka selama babak pertama, nihil percobaan serangan dan nihil tembakan on target serta bermain bola di bawah dominasi Spanyol, untuk melakukan serangan balik kilat pada menit 60. Bola semula dikirimkan ke arah Ciro Immobile, namun cegatan dua pemain sekaligus menyebabkan bola terpantulkan ke Federico Chiesa, melakukan tiga sentuhan ringan pada bola sebelum menembak ke sisi terjauh gawang Unai Simon dan GOL!

Satu-satunya peluang gol Italia terjadi pada detik-detik terakhir paruh pertama melalui Emerson, yang menerima si bundar di dalam kotak dan melepaskan serangan tapi menghantam mistar gawang.

Bandingkan dengan La Roja yang memiliki setidaknya dua peluang gol. Satu di antaranya melalui Mikel Oyarzabal, yang menerima crossing dari Pedri tapi gagal menembus gawang Gianluigi Donnarumma. Satu peluang lain terjadi saat mantan kiper AC Milan itu melakukan blunder dan malah mengirim bola ke arah Dani Olmo, tapi beruntung berhasil dihentikan pemain belakang sebelum membahayakan gawang.

Bisa dibilang Italia main buruk sepanjang partai semi final di Wembley Stadium pada Rabu dinihari 7 Juli 2021 ini, dengan pasukan Luis Enrique yang mendominasi bola sampai 64 persen hampir sepanjang laga, mengalirkan bola terus menerus melalui playmaker dan kapten mereka, Sergio Busquets, tapi gagal menembus pertahanan Azzurri.

Mimpi Azzurri untuk melaju ke final digagalkan oleh gol Alvaro Morata pada menit 80. Sang striker Juventus, hasil pinjaman dari Atletico Madrid, disimpan oleh Enrique dan baru diturunkan pada menit 62. Menerima bola di lapangan tengah, ia melakukan dribble ke arah kotak, mengalahkan dua pemain lawan, mengumpan pendek ke Dani Olmo yang segera mengembalikan bola ke arahnya dan dalam waktu singkat sudah berhadapan satu-lawan-satu dengan Donnarumma, mengalahkannya dalam jarak pendek.

Dua Peluang Gol Pada Masa Extra Time

Pemain pengganti Domenico Berardi sebenarnya berhasil menggetarkan jala gawang Unai Simon pada menit 110 tapi dibatalkan oleh wasit Felix Brych asal Jerman, dengan alasan offside.

Sebelumnya pada awal babak perpanjangan waktu ini, Dani Olmo melepaskan sebuah serangan spekulatif ke pojok bawah gawang tapi berhasil diblok oleh Donnarumma. Morata yang berada dekat situ mencoba menyambarnya pada kesempatan pertama tapi ditepis keluar.

Adu Penalti Italia vs Spanyol

  • Manuel Locatelli GAGAL! 0-0
  • Dani Olmo GAGAL! 0-0
  • Andrea Belotti gol! 1-0
  • Gerard Moreno gol! 1-1
  • Leonardo Bonucci gol! 2-1
  • Thiago Alcantara gol! 2-2
  • Federico Bernardeschi gol! 3-2
  • Alvaro Morata GAGAL! 3-2
  • Jorginho gol! 4-2 Italia lolos ke final!
AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO