Hasil Singapura vs Indonesia, Garuda Muda Takluk

Hasil Singapura vs Indonesia, Garuda Muda Takluk

Hasil pertandingan Singapura vs Indonesia pada ajang Piala AFF, Jumat malam di Singapore Sports Hub usai dengan skor 1-0. Tim Singa bisa menebak cara bermain kita dan menghadang serangan-serangan tim Garuda Muda.

Laporan Pertandingan Singapura vs Indonesia

Singapura sepertinya sudah menonton banyak video permainan Indonesia. Mereka mengalah dan mundur dari lapangan tengah, namun begitu para pemain kita masuk ke sepertiga akhir lapangan, tekanan keras segera diberikan untuk mematahkan umpan-umpan pendek yang biasa tim Garuda Muda peragakan dalam berbagai laga sebelum ini. Negeri Singa itu juga mencegah terjadinya umpan-umpan silang atau lambung melalui sayap. Hal ini terlihat daari jumlah pelanggaran mereka selama 90 menit, mencapai 23 kali, berbanding 13 fouls oleh para pemain tim Indonesia.

Sebaliknya Singapura memanfaatkan ruang kosong yang tercipta di lini belakang dan mengirim bola-bola lambung langsung ke dalam kotak penalti kita. Satu di antaranya berhasil diubah menjadi gol.

BACA:  Hasil Celta Vigo vs Real Madrid Skor 2-4, Santiago Solari Makin Tersenyum

Menit 36 satu umpan lambung yang masuk ke dekat gawang hanya bisa dibersihkan setengah hati oleh Hansamu Yama. Bola muntah jatuh ke depan gelandang mereka Hariss Harun, yang dengan tendangan kerasnya menyambar bola tadi dan GOL! Agak mengecewakan bahwa pergerakan Harris Harun terjadi tanpa satu pun pemain Garuda mengawalnya.

Tapi sebenarnya kiper Andritany tampil cukup baik. Di luar kebobolan gol Harris Harun tadi, setidaknya ada dua peluang emas lain dari tuan rumah Piala AFF ini yang berhasil diselamatkan. Sampai menjelang akhir pertandingan bahkan jumlah saves yang dilakukan Andritany mencapai tiga kali! Sementara itu satu-satunya peluang Garuda terjadi melalui upaya Stefano Lilipaly yang membentur mistar gawang lawan pada menit 14.

Selain itu sebenarnya Beto Goncalvez berhasil menjebol gawang Singapura pada menit 38, tapi wasit Nguyen dari Vietnam menganulirnya karena pemberi assist, Irfan Jaya, sudahlebih dulu offside. Sebagai akibatnya skor 0-1 bertahan sampai turun minum.

BACA:  Hasil Indonesia vs Timor Leste, Skor 3-1, Bangkit dan Menang!

Babak Kedua Pertandingan Singapura vs Indonesia

Awal babak kedua hampir saja kita ketinggalan dua gol. Faris Ramli sudah berhadapan satu-lawan-satu dengan kiper Andritany. Beruntung gerakan maju sang kiper menyebabkan Faris Ramli terlalu tinggi menembak dan menghantam mistar. NYARIS!

Sudah 10 menit berlalu, beberapa percobaan serangan Indonesia masih bisa digagalkan tim lawan. Yang ada malah I Putu Gede kena kartu kuning setelah melakukan tekel keras terhadap Safuwan Baharudin.

Memasuki pertengahan babak kedua, Stefano Lilipaly tampak berdarah mulutnya, mungkin disikut seorang pemain Lion dalam sebuah perebutan bola. Memasuki menit 72 Andritany mengorbankan kepalanya saat menyambut umpan silang berbahaya dari Harris Harun yang ditujukan kepada Fariz Ramli. Hasilnya, Andritany harus menerima perawatan tim medis.

Setelah itu pada menit 75 peluang terbaik Indonesia sejauh ini. Zulfiandi melepaskan tembakan keras dari jarak 20-an meter tapi berhasil ditepis keluar oleh kiper Hassan Sunny.

BACA:  Hasil Barcelona vs Real Betis, Lionel Messi Kembali, Eh Malah Kalah

Masa injury time tidak memberi banyak dampak bagi Indonesia. Sekedar info saja, sepanjang 90 menit kita lebih dominan atas bola, mencapai 63% tapi tidak dibarengi dengan kreatifitas menembus lini belakang Singapura yang rapat. Anak-anak Singa lebih banyak punya peluang, empat tembakan on target, bandingkan dengan hanya satu untuk Garuda. Kalau soal melenceng dari sasaran, hampir sama banyaknya, enam banding empat.

Skor 1-0 untuk kemenangan Singapura bertahan sampai peluit panjang. Piala AFF ini kita awali dengan sebuah kekalahan.

Susunan Pemain Singapura vs Indonesia

Singapura: Hassan Sunny, Zulqarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Shakir Hamzah, Izzdin Shafiq, Yasir Hanapi, Faris Ramli, Gabriel Quak, Hariss Harun, Ikhsan Fandi.

Indonesia : Andritany, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Fachruddin Wahyu Ariyanto, Putu Gede; Evan Dimas, Stefano Lilipaly, Zulfiandi, Febri Hariyadi, Irfan Jaya, Beto Goncalves.