Hasil Swiss vs Turki di EURO 2020, Bintang Liverpool Ini Sumbang Dua Gol, Turki Angkat Koper

Gilabola.com – Hasil Swiss vs Turki di pertandingan ketiga Grup A Euro 2020 pada Minggu (20/6) malam ditutup dengan skor 3-1.

Hasil ini cukup untuk membuat Turki makin tenggelam di posisi juru kunci, setelah mereka tak pernah menang di fase grup putaran final Piala Eropa kali ini. Tim asuhan Senol Gunes inipun harus angkat koper.

Sedangkan Swiss yang sebelumnya meraih satu hasil imbang (1-1 melawan Wales) dan kalah 3-0 dari Italia, bertengger di peringkat ketiga Grup A dan masih berpeluang lolos ke fase knockout.

Advertisement

Di laga ini, Swiss sudah memimpin 1-0 sejak menit ke enam lewat gol Haris Seferovic. Xherdan Shaqiri kemudian mencetak dua gol masing-masing di menit ke-26 dan 68. Sedangkan Turki, hanya bisa membalas satu gol lewat aksi Irfan Kahveci di menit 62.

Jalannya Pertandingan

Swiss mendominasi jalannya pertandingan di babak pertama. Meski demikian tim Turki justru berhasil mengancam gawang Yan Sommer di menit-menit awal laga, di antaranya lewat aksi Ozan Tufan yang mencoba menembakkan bola dari luar kotak penalti, dan Cengiz Under.

Namun alih-alih berhasil menyarangkan bola, Turki malah kebobolan lebih dulu saat laga baru berjalan enam menit.

Dengan memanfaatkan umpan Steven Zuber, Haris Seferovic berhasil menyarangkan tembakan kaki kirinya dan membawa Swiss memimpin 1-0 di menit ke-6. GGOLL!!

Skor ini kemudian digandakan Xherdan Shaqiri di menit ke-26 tak lama setelah Turki berhasil menggagalkan upaya Haris Seferovic. Bola yang semula berhasil diblok jatuh ke kaki Steven Zuber yang langsung ia manfaatkan menjadi umpan untuk terciptanya gol kedua Swiss. GOLL!! 2-0 Untuk Swiss.

Shaqiri bahkan nyaris mencetak gol keduanya di laga ini tiga menit kemudian. Saat itu ia sudah berada dalam situasi berhadapan dengan kiper Turki, Ugurcan Cakir. Sayangnya tembakan Shaqiri hanya melambung di atas gawang Turki.

Turki bukannya tanpa perlawanan, mereka bahkan unggul dalam penguasaan bola di menit ke-40. Namun beberapa kali upaya mencetak gol yang dilakukan Turki tak ada yang membuahkan hasil. Hingga akhirnya laga di babak pertama ditutup dengan keunggulan Swiss 2-0.

Di awal babak kedua, Zuber lancarkan tendangan on target yang harusnya bisa menambah koleksi gol Swiss, tapi bola berhasil diamankan sang kiper. Di lima menit pertama babak kedua, Swiss tertinggal dalam penguasaan bola (46:54).

Turki tampil lebih menekan di babak kedua ini. Sang kapten Burak Yilmaz mencoba menceploskan sundulan kepalanya ke gawang Swiss tepat di menit 50, namun upayanya gagal mencapai sasaran.

Swiss yang lakukan serangan balik semenit kemudian mendapat peluang emas lewat aksi Shaqiri, namun upayanya berhasil dibendung para pemain Turki.

Pemain muda Turki, Cengiz Under, tunjukkan permainan gemilangnya di menit ke-54 saat ia mencoba mencetak gol dari luar kotak penalti. Namun upayanya itu hanya melebar. GAGAL!

Tiga menit kemudian, Shaqiri kembali mencoba mengancam gawang Turki, tapi upaya ini gagal membuahkan hasil. Swiss tetap memimpin 2-0.

GOOLLL!! Turki berhasil memperkecil ketertinggalannya menjadi 2-1 di menit 62 saat tembakan jarak jauh Irfan Kahveci akhirnya bersarang di gawang Yan Sommer.

Namun, bukannya mengejar untuk menyamakan kedudukan, Turki malah kembali kebobolan enam menit kemudian. Tendangan kaki kiri Shaqiri usai ia menerima umpan Steven Zuber tak mampu dibendung, dan membuahkan skor 3-1 untuk Swiss. GGOOLL!!

Selanjutnya, pertunjukan saling serang dan upaya mencetak gol terus terjadi hingga pluit panjang dibunyikan wasit asal Slovenia, Slavko Vincic, yang bertugas di laga ini. Namun tak ada gol tambahan yang tercipta untuk kedua tim, dan Swiss berhasil kantongi poin sempurna di laga ini.

Susunan Pemain

Swiss (3-4-1-2): Yan Sommer; Elvedi, Akanji, Rodriguez; Widmer, Freuler, Granit Xhaka, Zuber; Xherdan Shaqiri; Seferovic, Embolo.

Turki (4-1-4-1): Cakir; Muldur, Caglar Soyuncu, Merih Demiral, Celik; Kaan Ayhan, Hakan Calhanoglu, Kahcevi, Tufan, Cengiz Under, BUrak Yilmaz.