Hasil Taiwan vs Indonesia, Tim Garuda Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Indonesia menjawab rasa pesimis sebagian kalangan dengan memastikan diri lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 setelah menang agregat 5-1 atas Taiwan dengan leg kedua usai 3-0 pada pertandingan play-off di Stadion Chang, Buriram Thailand, pada Senin malam (11/10).

Gol pertama pada pertandingan leg kedua melawan Taiwan ini dicetak oleh Egy Maulana Vikri, yang melepaskan sepakan setengah voli ke sudut kanan gawang Shin-An Shih. Konsentrasi sang kiper terganggu oleh pergerakan pemain No 12, Dedik Setiawan, di dekat kotak enam meter yang berusaha menyundul bola ke bagian kiri gawang timnas Taiwan, namun si bundar meluncur deras tak tersentuh kepalanya dan sebagai akibatnya mengecoh Shin-An. Anda bisa melihatnya pada cuplikan dari akun PSSI di bawah ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Gol ini sangat melegakan tim Garuda karena dengan demikian ada jarak yang lumayan 3-1 agregat atas tim bernama resmi Republik of China itu, melonggarkan sedikit tekanan di bahu para pemain. Terbukti gol kedua menyusul pada menit 55 oleh Ricky Kambuaya yang menjadikan skor 2-0 dan agregat 4-1 dengan sisa pertandingan 31 menit lagi waktu reguler.

Gol ini terjadi saat satu umpan silang Evan Dimas coba dibuang oleh pemain No 3 dari kubu Taiwan, tapi sepakan tumitnya terlalu lemah dan yang lebih penting lagi, malah jatuh ke depan lari Kambuaya, yang melepaskan serangan ke pojok kanan atas gawang Shin-An.

Itu merupakan gol keempat dari sang gelandang Persebaya sepanjang tahun 2021. Sedangkan bagi Egy, golnya pada menit 27 tadi merupakan gol pertama pemain yang merumput di Senica, sebuah tim di Liga Slovakia.

Sebenarnya tim Garuda kita bisa unggul lebih banyak. Salah satunya melalui serangan Dedik Setiawan jelang akhir paruh pertama, namun peluang emas berhadapan satu-lawan-satu digagalkan kiper Shin-An.

Manajer tim Shin Tae-yong menurunkan trio lini depan yang berbeda dari leg pertama guna mengganggu perhitungan yang sudah dibuat oleh Taiwan. Jika sebelumnya ada Irfan jaya, Kushenda dan Ramai Rumakiek maka kali ini posisi penyerang diisi oleh Edy, Adam Alis dan Dedik.

Pada masa injury time, timnas Indonesia menambahkan satu gol lagi menjadi 3-0 dan agregat 5-1. Dengan hasil ini maka tim Garuda lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia, yang akan dimainkan mulai 1 Februari 2022 di Republik Rakyat China.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO