Hasil Thailand vs Indonesia: Skuad Garuda Pantang Menyerah, Walau Tim Gajah Perang Juaranya

Hasil Thailand vs Indonesia di leg kedua final Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/1) malam, berakhir 2-2.

Gilabola.com – Thailand tampil sebagai juara Piala AFF 2020, itu memang sulit terbantahkan. Namun, skuad Garuda harus diakui kalah terhormat di leg kedua pertandingan final malam ini setelah mereka berhasil comeback dan menyamakan kedudukan di akhir laga.

Setelah dibantai 0-4 di leg pertama, Indonesia berhasil menahan imbang Thailand 2-2 di leg kedua malam ini. Skuad Shin Tae-yong bahkan berhasil memimpin lebih dulu di menit ke-7 lewat gol Ricky Kambuaya.

Setelah Indonesia unggul hingga turun minum, Thailand akhirnya berhasil disamakan kedudukan di menit 54 lewat gol Adisak Kraisom, yang kemudian digandakan Sarach Yooyen di menit 56.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Upaya Thailand untuk menambah koleksi gol mereka dan memperbesar agregat 6-1 yang sudah mereka kantongi tak juga membuahkan hasil. Egy Maulana Vikri malah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 tepat di menit 80.

Hasil 2-2 ini tak cukup untuk Timnas Indonesia untuk mengejar ketertinggalan mereka di leg pertama, meskipun tim Merah Putih berhasil bangkit dari kekalahan dan menyamakan tim kuat Asia Tenggara tersebut. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berusaha kuat untuk memperkecil defisit gol mereka di leg pertama, dengan berbagai cara sampai akhirnya laga harus terhenti di skor imbang 2-2.

Laga pun ditutup dengan keunggulan agregat 6-2 untuk Thailand yang berhasil mengangkat trofi Piala AFF 2020 untuk keenam kalinya malam ini. Sedangkan Indonesia, harus puas kembali menjadi runner-up untuk ke enam kalinya pula.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tak seperti di leg pertama, malam ini skuad Indonesia berusaha tampil menekan sejak kickoff. Para pemain Thailand tampak panik dan terkejut dengan upaya yang dilakukan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan, setelah mereka berhasil membantai skuad Garuda dengan skor telak di leg pertama.

Hasilnya, secara mengejutkan skuad Shin Tae-yong berhasil memimpin lebih dulu di awal pertandingan. GOOLL!!! Indonesia berhasil memimpin 0-1 di menit ke-7 saat tendangan Ricky Kambuaya gagal diantisipasi kiper Thailand, Siwarak.

Bola semula bergulir antara Ramai Rumakiek dan Witan Sulaeman, umpan yang kemudian jatuh di kaki Ricky berhasil dimanfaatkan pemain Persebaya itu dan gagal diantisipasi Siwarak.

Thailand mendapat peluang tendangan bebas dua menit kemudian, tapi eksekusi yang berusaha dilakukan Bunmathan hanya membentur pagar pemain. GAGAL!!

Thailand nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-12, tapi peluang sepak pojok yang coba disundul Thailand hanya membentur mistar. GAGAL LAGI!!

Gawang Indonesia nyaris kebobolan lewat tendangan keras Suengchittawon tepat di menit ke-10, namun peluang ini berhasil digagalkan Nadeo.

Di menit ke-30 Indonesia mendapat peluang emas untuk menambah koleksi gol di laga ini. Namun Dedik Setiawan gagal memanfaatkan operan bola yang tepat di depan gawang Thailand.

Di menit ke-33 Indonesia mendapat peluang tendangan bebas setelah Kambuaya dilanggar di sekitar kotak penalti. Namun eksekusi yang dilakukan Dewangga masih melebar.

Thailand sebenarnya punya peluang untuk mengejar ketertinggalannya di menit 45+1, tapi Bordin gagal memanfaatkan umpan Narubadin setelah tendangan kerasnya di depan gawang Nadeo hanya melambung di atas mistar.

Babak Kedua

Thailand beruntung tak kehilangan pemainnya, Weerathep Pomphan, setelah pemain itu lakukan pelanggaran terhadap Witan Sulaeman di menit ke-50.

Thailand akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit 54 setelah Adisak Kraisom sukses memanfaatkan bola rebound yang semula ditepis Nadeo. Skor berubah 1-1!

Hanya dua menit kemudian, Thailand berhasil menambah golnya lewat tembakan Sarach Yooyen di menit 56, yang lagi-lagi berhasil memanfaatkan bola liar yang semula berhasil ditepis Nadeo dan para pemain belakang Indonesia. 2-1!

GGOOLL!! Egy Maulana Vikri mencetak gol keren di akhir pertandingan!! Ia berhasil memanfaatkan umpan Witan Sulaeman melewati pemain belakang Thailand dan menyarangkan bola ke gawang lawan dari sudut sulit! 2-2 Untuk Indonesia!

Susunan Pemain

Thailand (4-2-3-1): Siwarak Tedsungnoen; Narubadin Weerawatnodom, Pawee Tanthatemee, Kritsada Kaman, Theerathon Bunmathan; Thanawat Suengchitthawon, Sarach Yooyen; Supachok Sarachart, Chanathip Songkrasin, Bordin Phala; Teerasil Dangda.

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto/Evan Dimas; Ramai Rumakiek/Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri; Dedik Setiawan/Hanis Saghara.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO