Hattrick Assist, Gelandang Swiss Ini Samai Rekor Rui Costa & Michael Laudrup

Gilabola.com – Swiss berhasil menjaga harapan mereka untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2020 dengan meraih kemenangan 3-1 atas Turki di laga pamungkas fase Grup A mereka di Stadion Olimpiade Baku.

Steven Zuber menjadi pahlawan kemenangan Swiss berkat lesakan hattrick assistnya untuk gol Haris Seferovic dan brace Xherdan Shaqiri dan itu membuat gelandang kiri itu mencatatkan rekor atas namanya dalam sejarah Kejuaraan Eropa.

Pemain Swiss Steven Zuber kini menjadi pemain ketiga sejak 1980 yang mencatatkan tiga assist dalam satu pertandingan Euro, setelah playmaker Portugal Rui Costa pada tahun 2000 (vs Inggris) dan legenda Denmark Michael Laudrup pada tahun 1984 (vs Yugoslavia).

Advertisement

Sementara bagi pencetak gol pertama Haris Seferovic, dengan lesakan gol pembukanya di menit ke-6 berarti dia menjadi pemain Swiss ketiga yang berhasil mencetak gol di Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa setelah duo rekannya Xherdan Shaqiri dan Admir Mehmedi.

Sebelumnya dia telah gagal mencetak gol di dua pertandingan kontra Wales dan Turki, meski striker berusia 29 tahun itu membawa catatan gol yang mengerikkan selama di Liga NOS Portugal bersama Benfica, mengemas 22 gol dan tujuh assist dalam 31 pertandingan.

Dengan Swiss akhirnya menang 3-1 usai gol pembuka Haris Seferovic, mereka juga mengakhiri rekor buruk mereka sebelumnya melawan Turki. Swiss juga memimpin 1-0 dalam dua pertandingan internasional terakhir mereka melawan Turki, di leg kedua playoff untuk Piala Dunia 2006 dan di Kejuaraan Eropa di kandang pada 2008, tetapi mereka kalah di kedua pertandingan.

Kini Swiss berada di peringkat ketiga Euro 2020, hanya kalah margin gol (-1 gol) dari Wales (+1 gol) di posisi runner up dan pasukan Vladimir Petkovic masih punya kesempatan lolos ke babak 16 besar melalui tim peringkat ketiga terbaik.