Iker Casillas Ungkap Niatnya Jadi Pelatih

Berita Bola, FC Porto, Iker Casillas
Gilabola.com - Eks kiper Real Madrid yang kini membela FC Porto, Iker Casillas, mengaku ingin jadi pelatih.

Gilabola.com – Di pengujung karirnya sebagai pemain sepakbola, Iker Casillas pikirkan masa depannya dan mengaku ingin masuki dunia kepelatihan.

Namun, dalam wawancaranya dengan koran mingguan di Portugal, Expresso, kiper FC Porto Iker Casillas yang juga pernah jadi andalan Timnas Spanyol dan Real Madrid, mengaku tidak ingin menjadi pelatih kiper.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

“Tidak, jika Anda ingin menjadi pelatih, maka Anda tidak hanya melatih kiper, Anda harus sampaikan pengetahuan Anda kepada semua pemain. Dalam kasus saya, saya beruntung telah alami banyak hal dan akan lebih baik untuk teruskan (pengalaman saya) kepada semua pemain,” tegas Iker Casillas.

Legenda Real Madrid itu juga mengaku, ia berusaha bercermin pada pengalamannya di masa lalu. “Anda sedang pikirkan apa yang bisa terjadi dalam beberapa tahun ke depan. Itu sifat alami kehidupan. Saya tidak punya sisa 10 tahun lagi di sepakbola; saya tidak berpikir saya bisa bermain sampai saya berumur 47 tahun,” tambah Casillas dalam wawancara tersebut.

Ketika dia masih berusia 17 tahun, Casillas mengaku berpikir dia akan bermain sampai usianya 27 tahun. Tapi kemudian, tak disadari usianya sudah menginjak 32 tahun dan dia masih di lapangan. “Saya lebih dekat untuk pensiun daripada bermain, jadi saya harus menikmati waktu saya di sini,” tandas Casillas.

Rahasia Pelatih Sergio Conceiçã

Casillas juga memuji pelatihnya di FC Porto, Sergio Conceiçã. Menurutnya, dia pelatih yang sangat menuntut, dan selalu ingin berikan yang terbaik kepada anak asuhnya. “Dia selalu berpikir untuk berikan 100 persen, atau lebih … 120 persen,” katanya.

Mantan pemain internasional Spanyol itu juga soroti obsesi pelatih pada masalah berat nadam dan diet pemain sepakbola. “Dia adalah pendisiplinan yang ketat, dalam hal berat dan kekuatan,” jelasnya.

“Pada usia 37 tahun, hal yang menguntungkan saya untuk memiliki pelatih yang mengharuskan Anda memiliki berat dan diet tertentu, karena saya harus mengendalikan fisik saya lebih banyak,” aku Casillas.