Indra Sjafri Terapkan Sederet Aturan Ketat di Timnas U-19

Gilabola.com – Pelatih Indra Sjafri benar-benar ingin membentuk jiwa profesionalisme dan nasionalis pada diri pemain-pemain Timnas U-19. Sederet aturan ketat diterapkan sang pelatih.

Aturan itu berkaitan dengan pembentukan sikap dan kedisiplinan para pemain di luar lapangan (sesi latihan dan pertandingan). Aturan yang terbilang sangat ketat itu diberlakukan selama para pemain mengikuti pemusatan latihan (TC) yang saat ini berlangsung di Lapangan Atang Sutrisna, Cijantung, Jakarta Timur hingga 10 April 2017 mendatang.

Sejumlah aturan itu tidak dibuat sendiri oleh Indra Sjafri. Semuanya diputuskan atas kesepakatan dengan jajaran pelatih dan para pemain sendiri. Peraturan-peraturan itu antara lain menyangkut penggunaan telepon genggam (HP), dan pemakaian aksesoris seperti pengecatan rambut dan pemakaian anting.

Untuk pemakaian HP, para pemain dilarang membawa alat komunikasi itu pada saat-saat tertentu. Sedangkan terkait aksesoris, para pemain dilarang mengecat rambut dan memakai anting-anting di kuping atau tindik di hidung.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

“Jam makan tidak boleh membawa HP. HP juga dikumpulkan jam 9 malam, itu berlaku kepada para pemain dan pelatih. Kami itu bukan menyiapkan tukang tendangan bola, tapi menyiapkan atlet profesional untuk menunjukkan jati diri bangsa,” ujar Indra.

“Jati diri di sini tidak ada yang menggunakan anting-antingan, rambut diwarnai-warnain, atau yang menjauhkan dari jati diri Bangsa ini,” tambah mantan pelatih Bali United ini.

Demi menumbuhkan rasa nasionalis dan cinta tanah air dalam diri para pemain, kata Indra, para pemain juga akan dibekali pendidikan bela negara. “Nantinya juga akan ada sesi bela negara. Kami akan menyiapkan generasi terbaik dari sepakbola,” katanya.

Tim U-19 ini disiapkan untuk mengikuti Piala AFF U-18 yang berlangsung di Myanmar, September 2017 mendatang.