Inggris Empat Kali Hantam Tiang Gawang, Giliran Gol Eh Dianulir

Inggris Empat Kali Hantam Tiang Gawang, Giliran Gol Eh Dianulir

Inggris rebut tempat ketiga UEFA Nations League, Minggu (9/6) malam setelah selama 120 menit empat kali hantam tiang gawang.

Setelah extra time 2×15 menit tak menghasilkan gol, pertandingan perebutan tempat ketiga UEFA Nations League antara Swiss vs Inggris itu harus diakhiri dengan adu penalti. Lima eksekutor pertama sama-sama berhasil, sebelum Josip Drmic kalah mental dan gagal melesakkan tembakan keenam dari timnas Swiss.

Sebenarnya ada satu momen ketika bola serangan timnas Inggris berhasil bersarang di gawang Yann Sommer, yaitu melalui sepakan Callum Wilson pada akhir babak kedua. Tapi setelah para pemain The Three Lions merayakan gol itu sejenak, penonton dibuat tegang dengan keputusan wasit Ovidiu Hategan asal Rumania untuk mengecek VAR.

Benar saja. Wasit memutuskan untuk menganulir satu-satunya gol pada menit 84 tadi setelah rekaman video asisten wasit (VAR) menunjukkan adanya pelanggaran satu pemain timnas Inggris sebelum terjadinya gol tersebut.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Lihat adegan itu di bawah ini. Dele Alli menanduk bola, hantam tiang gawang sebelum bola muntah disambar oleh Wilson. Tapi ada satu pemain Swiss yang tergeletak, pemain No 5 Manuel Akanji yang ditarik oleh Wilson beberapa detik sebelumnya. Gol dibatalkan dan skor tetap 0-0 sampai 90 menit.

Pendukung Inggris segera menyanyikan “Ngen**tlah VAR” segera setelah peristiwa itu, menunjukkan kejengkelan mereka karena kegembiraan terputus dengan keputusan VAR.

Beruntung setelah extra time 2×15 menit dan adu penalti timnas Inggris berhasil memenangi perebutan tempat ketiga UEFA Nations League ini melalui adu penalti. Sebenarnya lima eksekutor dari kedua kesebelasan berhasil melesakkan gol masing-masing. Dalam tendangan keenam yang sifatnya sudden death, artinya siapa pun yang berhasil atau gagal, adu penalti akan dihentikan, Eric Dier berhasil menjebol gawang lawan.

Josip Drmic yang sehari-hari merumput di Borussia Moenchengladbach tak berhasil menahan ketegangannya dengan beban berat bertumpu di pundaknya. Ia mengincar sisi kiri gawang, sesuatu yang dengan mudah diketahui oleh Jordan Pickford. Ia melemparkan badannya ke kiri dan membuang bola. Menanglah Inggris.

Timnas Inggris hantam tiang gawang sebanyak empat kali selama 120 menit. Yang paling mendebarkan adalah tendangan bebas oleh Raheem Sterling pada menit 118. Tendangannya tidak terlalu melengkung tapi dengan kekuatan yang luar biasa dan hanya menggetarkan tiang.

Sebelum itu menit 84 sundulan Dele Alli hantam mistar gawang, sebelum bola muntah disambar oleh Callum Wilson namun gol pemain Bournemouth itu dianulir wasit.

Dua peluang tim Three Lions lainnya yang hantam tiang gawang terjadi menit ketiga saat Harry Kane mencongkel bola guna melewati kiper Yann Sommer dan menghantam mistar gawang. Setelah itu di awal paruh kedua satu umpan dari Danny Rose sampai ke kaki Harry Kane, yang mengarahkan ke gawang yang kosong. Tapi Fabian Schaer muncul dan melakukan sliding untuk membuang bola hantam tiang gawang sebelum keluar.

Jadi sangat beruntung timnas Inggris menang adu penalti. Kalau mereka sampai kalah, akan muncul teori konspirasi soal ketidaksukaan melihat Three Lions menjadi juara tiga kompetisi perdana UEFA Nations League ini.