Timnas Brasil Ubah Lineup di Copa America Tanpa Neymar

Ini Lineup Timnas Brasil di Copa America Tanpa Neymar

Gilabola.com – Timnas Brasil siapkan lineup lain untuk Copa America 2019 setelah Neymar absen akibat cedera engkel. Masalahnya, Philippe Coutinho atau Richarlison yang akan diandalkan Tite?

Cedera pergelangan kaki yang dialami Neymar membuatnya hanya bisa menonton laga-laga Copa America dari layar kaca. Selain itu, bintang PSG itu juga meninggalkan pekerjaan rumah yang tak ringan bagi Selecao jelang pertandingan pertama, Sabtu (15/6).

Brasil sebenarnya memiliki keunggulan tersendiri karena mereka menjadi tuan rumah. Selain itu, skuad Tite juga memiliki kekuatan dan kedalaman bakat yang tiada bandingnya dari 11 tim peserta lainnya. Timnas Brasil bahkan berlaga di Copa America 2019 ini sebagai favorit nomor satu yang diperkirakan akan mengangkat trofi juara.

Meski demikian, Selecao tercatat belum pernah memenangkan turnamen negara-negara Amerika Selatan itu sejak 2007 lalu. Dengan koleksi trofi di Piala Konfederasi dan Olimpiade Rio, skuad Tite terus mendapat tekanan untuk menangkan Copa America.

Diperkuat Banyak Bintang

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Pelatih 58 tahun itupun menanggapinya dengan pemanggilan sejumlah pemain papan atas, walau akhirnya harus kehilangan Neymar yang dipastikan akan melewatkan seluruh turnamen ini

Susunan pemain skuad Brasil tetap saja diperkuat banyak bintang, termasuk dua pemain pemenang Liga Champions dari Liverpool; Alisson Becker dan Roberto Firmino, serta sejumlah pemain juara dari seluruh liga top Eropa. Beberapa hari terakhir ini, Tite pun alami dilema baru, yakni bagaimana caranya ia memangkas skuad yang berjumlah 23 pemain menjadi satu Starting XI.

Di laga perdana nanti, Brasil akan bertemu Bolivia di Cícero Pompeu de Toledo Stadium, Sao Paulo, Sabtu (15/6) pagi pukul 07:30 WIB. Di laga pembuka inilah, kejelian Tite dalam melihat kemampuan para pemainnya benar-benar diuji.

“Kami sudah punya susunan pemain awal, tapi kami bercanda saat mengatakan kami akan memanggil 23 pemain untuk kemudian memutuskan 11 pemain di antaranya,” ujar asisten pelatih, Cleber Xavier, kepada wartawan beberapa waktu lalu, seperti dilansir Goal.

Tak Pengaruh Walau Tanpa Neymar

Tak bisa dipungkiri, dibandingkan dengan rival utama mereka di ajang Copa America ini, terutama Argentina, Brasil telah menikmati tingkat konsistensi yang patut ditiru saat harus memilih tim terbaik mereka. Hilangnya Neymar hanya beberapa menit usai pertandingan persahabatan melawan Qatar digelar, bahkan tidak berdampak langsung pada hasil laga tersebut. Brasil kandaskan Qatar 2-0, sebelum akhirnya Brasil membantai Honduras, 7-0, di Porto Alegre.

Dalam kedua pertandingan itu, Tite menggunakan susunan pemain 4-2-3-1, yang juga bisa bermutasi menjadi 4-3-3 atau 4-1-4-1, tergantung pada lawan dalam turnamen nanti. Sementara itu bintang Chelsea, Willian, juga telah ditunjuk sebagai pengganti Neymar, dan ini dinilai perubahan yang harusnya tidak membuat banyak perbedaan secara taktik.

Neymar sebelumnya juga telah ‘disingkirkan’ Dani Alves dari posisi kapten Timnas Brasil jelang gelaran Copa Amerika, Juni – Juli 2019 ini. Alves dipastikan akan kembali fit dan berada di Starting XI pertama melawan Bolivia. Sementara, Alisson mengalahkan kiper Manchester City, Ederson, dan akan menjadi kiper nomor satu Brasil setelah Tite membandingkan prestasi kedua pemain tersebut tahun ini.

Dengan absennya Marcelo, Alex Sandro mendapat jalan untuk mengisi posisi bek kiri, di luar Thiago Silva dan Marquinhos di pusat pertahanan. Posisi pemain di lini tengah inilah yang dinilai sangat menyulitkan Tite, karena dia harus membuat keputusan tak mudah terkait para pemainnya di lini tersebut.

Coutinho atau Richarlison?

Sementara itu Casemiro kemungkinan besar akan memperkuat lini tengah Brasil, membuat Allan – sebagai opsi yang lebih agresif, atau Arthur sebagai pelintas yang unggul, untuk memperjuangkan posisinya mendampingi pemain Real Madrid itu.

Sejauh ini, Philippe Coutinho menjadi salah satu favorit Tite. Namun pemain Barcelona itu menderita sepanjang musim di Catalan, di mana ia gagal menunjukkan permainan terbaiknya dan tiba-tiba posisinya di Starting XI pertama Timnas Brasil mulai terlihat agak renggang walau tak ada Neymar.

Sementara bintang Everton, Richarlison, bisa memanfaatkan peluangnya di Brasil. Apalagi selama 12 bulan terakhir, ia sukses mencetak lima gol dalam 10 penampilannya, menyusul debutnya setelah Piala Dunia 2018. Dia menawarkan jalan keluar yang lebih langsung ke gawang dan tampaknya akan mainkan peran yang ditinggalkan Neymar di lini serang Selecao, walau Willian juga dipastikan berharap bisa membuat dampak jika dia diberi kesempatan bermain.

Lucas Paqueta menjadi pengganti yang lebih ortodoks untuk Coutinho dalam hal itu, di mana ia dipastikan akan beri tekanan pada mantan bintang Liverpool tersebut selama Copa America berlangsung tahun ini. Sementara, Brasil punya opsi wildcard dalam permainan bintang Ajax, David Neres, yang menikmati musim luar biasa sebagai semi finalis Liga Champions.

Namun, Roberto Firmino dipastikan akan menjadi pertama Brasil untuk mainkan perannya sebagai pemain nomor sembilan, di mana Gabriel Jesus bakal dimainkan sebagai pemain pengganti yang akan berikan dampaknya selama setengah jam terakhir jika Selecao butuh senjata tambahan.