Israel Mena Selamatkan Ekuador Dari Kekalahan Tapi Tetap Tersingkir

Israel Mena Selamatkan Ekuador Dari Kekalahan Tapi Tetap Tersingkir

Gilabola.com – Israel Mena selamatkan Ekuador dari kekalahan di tangan Jepang pada laga Copa America hari Selasa (25/6) pagi tapi tetap saja tersingkir.

Timnas Ekuador tertinggal lebih dulu melalui gol Shoya Nakajima yang merantau dan mencari nafkah di Qatar. Beruntung Israel Mena selamatkan Ekuador dari kekalahan, meski kedua tim sama-sama tersingkir dari ajang Copa America 2019.

Kedua kesebelasan butuh kemenangan atau tiga poin dalam pertandingan Ekuador vs Jepang hari Selasa ini di Estadio Mineirao untuk mencoba menjadi dua dari tiga tim urutan ketiga terbaik dari tiga grup. Dua posisi teratas di Grup C sudah diisi oleh Chile dan Uruguay yang sepakat main 0-0 pada jam yang sama.

Shoya Nakajima yang bermain bagi klub Qatar Al-Duhail membawa Samurai Biru menebas pedangnya lebih dulu melalui gol menit 15. Beruntung sebelum babak pertama berakhir, pemain bernama lengkap Angel Israel Mena itu berhasil menyamakan skor 1-1.

Laga Ekuador vs Jepang Seimbang

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Pertandingan berlangsung seimbang dengan Los Amarillos sedikit lebih unggul daripada lawannya dalam soal penguasaan bola. Tapi justru Jepang yang mencatatkan lebih banyak tembakan ke gawang, enam dibandingkan tiga untuk Ekuador.

Gol Nakajima menit ke-15 itu menandai kali ketiga La Tricolor kebobolan sebelum menit ke-15 berlalu. Tiga kali bertanding di ajang Copa America 2019, tiga kali pula Ekuador kebobolan sebelum seperempat jam pertandingan berlalu. Saat melawan Uruguay, mereka kebobolan di menit keenam. Bertanding lawan Chile, mereka kebobolan menit kedelapan.

Gol ini berawal dari sebuah serangan Jepang dengan satu pemain Samurai Biru menjemput umpan terobosan untuk menyerang. Kiper Alexander Dominguez maju dengan gagah berani untuk menyambar bola. Hanya untuk sepersekian detik gawang Ekuador aman karena bola kemudian jatuh ke Nakajima yang menembak dari jarak lumayan jauh untuk bola bersarang di pojok atas gawang Los Amarillos. Perhatikan bagaimana Jepang melakukan serangan dan sungguh sial bola yang dibersihkan kiper Dominguez jatuh ke kaki Nakajima.

Selang 20-an menit La Tricolor membalas melalui Israel Mena tadi. Gol ini berawal dari sebuah sepak pojok yang gagal dan bola dibersihkan sampai ke lapangan tengah. Namun tim Amerika Selatan itu berhasil membawa bola kembali ke dalam kotak penalti Jepang dan satu serangan dari pemain Ekuador berhasil ditepis kiper Eiji Kawashima. Sayangnya bola jatuh ke depan lari Mena dan ia menyambar bola dari jarak dekat untuk menyamakan skor 1-1.

Dua Peluang Emas Jepang di Akhir Pertandingan

Sebenarnya di menit 90 jelang pertandingan berakhir Jepang memiliki dua peluang emas berdekatan. Pemain anyar Real Madrid Takefusa Kubo menyerahkan umpan terobosan ke Daizen Maeda, pemain pengganti yang baru saja turun selang semenit sebelumnya. Tapi sayang bola berhasil diblokir kiper Dominguez. Bola muntah jatuh ke depan Ayase Ueda, seorang pemain pengganti lainnya, tapi bola melesat tipis di atas mistar. Gagal sudah usaha Jepang menendang Ekuador.

Tak ada gol lagi meski ada delapan menit perpanjangan waktu. Hasil pertandingan Ekuador vs Jepang usai dengan skor 1-1. Dengan hasil ini kedua tim dipastikan tersingkir dari Copa America 2019, gagal lolos ke babak berikutnya. Nilai perolehan Sang Samurai Biru, dua poin, sama dengan Paraguay di Grup B, tapi selisih gol Jepang terlalu jauh, minus empat. Sudah tak mungkin lolos sebagai urutan ketiga terbaik.

Susunan Pemain

EKUADOR (4-1-4-1): Alexander Dominguez; Pedro Velasco, Arturo Mina, Robert Arboleda, Cristian Ramirez; Carlos Gruezo; Israel Mena, Jefferson Orejuela, Sebastian Mendez, Romario Ibarra; Enner Valencia (c).

JEPANG (4-4-2): Eiji Kawashima; Tomoki Iwata, Naomichi Ueda, Takehiro Tomiyasu, Daiki Sugioka; Koji Miyoshi, Gaku Shibasaki (c), Ko Itakura, Shoya Nakajima; Takefusa Kubo, Shinji Okazaki.