Italia Ajak Arab Saudi Kerjasama Jadi Tuan Rumah Bersama di Piala Dunia 2030

Gilabola.com – Italia sedang merencanakan tawaran potensial untuk menjadi tuan rumah bersama di Piala Dunia 2030 dengan Arab Saudi, menurut laporan dari The Athletic.

Presiden FIGC Gabriele Gravina mengatakan kepada media bahwa Italia berharap untuk memanfaatkan gelombang antusiasme dari kemenangan UEFA Euro 2020 mereka dengan mengajukan diri sebagai tuan rumah di Kejuaraan Eropa 2028 atau Piala Dunia 2030.

Hanya saja Italia tampaknya tidak akan menggelar semua pertandingan di turnamen besar itu di tanah air mereka sendiri, lantaran memang saat ini sedang tren bagaimana banyak negara yang bersatu untuk menjadi tuan rumah bersama di turnamen besar. Ini terutama karena ada pembengkakam menjadi 48 tim dan 80 pertandingan mulai tahun 2026.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Bahkan negara-negara ASEAN yang meliputi Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Malaysia beberapa tahun lalu sudah mencoba bekerja sama untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama di Piala Dunia 2034.

Memang biasanya setiap negara akan bekerjasama dengan negara tetangga untuk memudahkan akomodasi para peserta di turnamen internasional tersebut, tetapi Italia menariknya malah mengajak Arab Saudi untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama di Piala Dunia 2030 mendatang.

Menurut The Athletic, Boston Consultancy Group memberi saran kepada Arab Saudi untuk mengajukan tawaran potensial sebagai tuan rumah Piala Dunia dan menjalin koalisi untuk mewujudkan ambisi itu. Awalnya Mesir dan Maroko dianggap sebagai kandidat, tapi kini Italia juga bisa menjadi opsi alternatif yang menarik.

Kemenangan Italia di Euro akan meningkatkan harapan mereka untuk menjadi tuan rumah turnamen besar, terutama karena tawaran Inggris dan Irlandia sebagai tuan rumah bersama mungkin telah digagalkan oleh adegan kekerasan dan kekacauan selama final Euro 2020 di Wembley.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO