Italia Kini Sudah 30 Pertandingan Tanpa Kekalahan, Samai Rekor Terbaik Mereka

Gilabola.com – Italia terus mempertahankan performa bagus mereka di bawah asuhan Roberto Mancini dengan mereka kini mencatatkan rekor pertandingan tanpa kekalahan usai kemenangan terbaru mereka atas Wales.

Italia memastikan finish di puncak klasemen Grup A Euro 2020 usai mengalahkan Wales dengan skor tipis 1-0 di Stadio Olimpico pada Minggu (20/6) malam WIB berkat gol tunggal Matteo Pessina.

Gol gelandang 24 tahun itu datang dari situasi tendangan bebas yang dieksekusi bintang Paris Saint-Germain Marco Verratti menit ke-39, dengan bola diarahkan ke pemain Atalanta yang langsung menyambar bola melewati gawang Danny Ward.

Advertisement

Italia kini telah memenangkan tiga dari tiga pertandingan dalam satu babak penyisihan grup di Kejuaraan Eropa dan Piala Dunia untuk keempat kalinya (sebelumnya di Euro 2000, Piala Dunia 1990 dan Piala Dunia 1978).

Dengan berhasil menghindari kekalahan melawan Wales, Italia kini menyamai rekor tak terkalahkan terbaik mereka: 30 pertandingan beruntun tanpa kekalahan antara 1935 dan 1939 saat berada di bawah asuhan Vittorio Pozzo.

Terakhir kali Italia menelan kekalahan adalah di ajang UEFA Nations League edisi perdana, ketika mereka dikalahkan Portugal dengan skor tipis 1-0 di babak fase grup lewat gol mantan pemain AC Milan, Andre Silva, pada 11 September 2018.

Sementara itu, Marco Verratti menunjukkan performa man of the match sekembalinya dia dari cedera dengan sebelumnya gelandang Paris Saint-Germain ini bahkan tidak masuk di skuad cadangan Italia dalam kemenangan atas Turki dan Swiss sebelumnya.

Marco Verratti memimpin semua pemain dalam pertandingan Italia vs Wales untuk statistik total sentuhan (136), operan yang diselesaikan (103), peluang yang diciptakan (5) dan tekel (4), serta satu-satunya assist yang menjadi gol dalam pertandingan tersebut.

Performa gelandang berusia 28 tahun ini tentu saja akan semakin memusingkan manajer Roberto Mancini, karena penggantinya yaitu gelandang Sassuolo Manuel Locatelli juga telah tampil sangat baik dan bahkan mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 atas Swiss di laga sebelumnya.