Italia Rebut Tempat Ketiga Berkat Gol-gol Domenico Berardi dan Nicolo Barella

Juara Eropa Italia memperlihatkan diri sebagai tim yang lebih serius dalam perebutan posisi ketiga UEFA Nations League, Minggu malam (10/10), usai mencetak dua gol ke gawang Belgia dan kebobolan satu.

Dua gol dari pemain Sassuolo Domenico Berardi dan pemain Inter Nicolo Barella mengukuhkan pasukan Roberto Mancini sebagai juara ketiga kompetisi kasta kedua di Eropa itu setelah mereka merebut gelar juara Euro 2020, selang empat bulan silam. Belgia coba membalas dan berhasil menyarangkan satu gol balasan, tapi terlalu sedikit dan terlalu terlambat.

Babak pertama diawali secara lesu dengan kedua tim sedikit kurang bergairah, sesuatu yang bisa dipahami karena ini hanya perebutan tempat ketiga dari sebuah kompetisi kelas kedua sesudah Piala Eropa pada Juni-Juli 2021 lalu, saat mana Gli Azzurri mengukuhkan diri sebagai juaranya, menaklukkan Inggris di final dengan adu penalti.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Belgia sebenarnya lebih dominan (57 persen) dalam hal penguasaan bola selama babak pertama, tapi malah kalah dalam hal percobaan serangan (9 banding 4) dan jumlah tembakan on target (3:1) selama babak pertama yang usai dengan skor imbang 0-0.

Perubahan langsung terjadi pada awal babak kedua. Hanya dalam waktu 59 detik saja sejak kick-off, Nicolo Barella menyambar bola liar yang terpantulkan ke arahnya dengan sepakan setengah voli ke pojok kanan bawah gawang Thibaut Courtois.

Selang 20 menit kemudian terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti saat Timothy Castagne menjatuhkan Federico Chiesa dalam perebutan bola. Wasit Srdjan Jovanovic asal Serbia menyempatkan diri melihat layar VAR sebelum menjatuhkan putusan sepakan penalti, yang diambil secara sukses oleh top skor Gli Azzurri, Domenico Berardi.

Gol Berardi menyebabkan Mancini mengambil keputusan untuk memasukkan Moise Kean, Bryan Cristante dan Jorginho, menggantikan Giacomo Raspadori, Barella sang pencetak gol pertama dan Lorenzo Pellegrini. Sementara di kubu lawan, Robert Martinez sudah lebih dulu memasukkan Kevin De Bruyne dan Charles de Ketelaere untuk menggantikan Youri Tielemans dan Alexis Saelemaekers.

De Ketelaere menyambar umpan De Bruyne untuk membalaskan satu gol ke gawang Gianluigi Donnarumma pada menit 86, yang diikuti dengan perubahan taktik permainan memasukkan Leandro Trossard dan menarik keluar Yannick Carrasco. Namun sayangnya tidak ada gol tambahan yang bisa memaksakan perpanjangan waktu. Italia dengan demikian merebut posisi ketiga UEFA Nations League edisi 2020/2021.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO