Italia Resmi Ajukan Tawaran Jadi Tuan Rumah Euro 2032, Ketiga Kalinya Dalam Sejarah

Federasi sepak bola Italia telah secara resmi mengumumkan niat mereka untuk mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Euro 2032, yang berarti akan menjadi kesempatan ketiga mereka menjadi tuan rumah turnamen ini.

Memang proses penawaran untuk hak tuan rumah Kejuaraan Eropa 2028 dan 2032 dimulai pada 23 Maret mendatang, dengan batas waktu untuk mempresentasikan proyek ditetapkan pada 12 April 2023. Keputusan akhir UEFA akan dibuat pada September di tahun yang sama.

Kejuaraan Eropa 2020 lalu, yang diundur ke musim panas 2021 karena pandemi dan akhirnya kemudian dimenangkan Italia usai mengalahkan Inggris di final, digelar di beberapa negara sekaligus, tapi edisi 2024 mendatang akan kembali ke konsep satu tuan rumah dengan Jerman akan bertindak sebagai host.

Keputusan untuk siapa penyelenggara Euro 2028 dan 2032 mendatang masih belum ditetapkan, dengan beberapa negara sudah mengajukan penawaran, termasuk Inggris dan Irlandia yang berduet untuk bisa menjadi tuan rumah di edisi 2028.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

Sekarang, seperti yang diumumkan oleh FIGC, pihak Federasi Sepak Bola Italia telah menyatakan minat mereka kepada UEFA untuk menjadi tuan rumah Euro 2032, jauh sebelum batas waktu pendaftaran pada Maret mendatang.

Italia sebelumnya telah menjadi tuan rumah kompetisi pada dua kesempatan di masa lalu, pada tahun 1968 dan 1980, serta empat pertandingan selama Euro 2020. Di tahun 1968, Gli Azzurri berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan Yugoslavia melalui pertandingan replay, sementara di edisi 1980 mereka kalah di perebutan tempat ketiga melawan Cekoslowakia melalui adu penalti.

Sementara itu, pernyataan untuk menjadi tuan rumah Euro 2032 mendatang juga juga menyoroti niat FIGC untuk memodernisasi stadion yang ada atau membangun yang baru di sekitar Italia setelah keputusan akhir UEFA dibuat, untuk meningkatkan kualitas ke standar modern.

BANDARTOGEL77
IBOSport
MACAUBET
SebelumnyaPrediksi Euro 2020: Bakal Ada Juara Baru, Tapi Bukan Perancis
SelanjutnyaTawaran FINAL Man Utd Untuk De Jong, Siap Jadikan Dia Pemain Bayaran Tertinggi di Inggris!