Italia Sudah 1000 Menit Lebih Tanpa Kebobolan, Rekor Dino Zoff Bisa Dipecahkan

Gilabola.com – Tim Italia asuhan Roberto Mancini kini telah melewati 1.000 menit tanpa kebobolan gol dan telah mencetak 33 gol sejak terakhir kali mereka membiarkan satu gol masuk ke gawang mereka.

Pada menit ke-36 babak pertama melawan Wales, Italia telah resmi melewati 1.000 menit tanpa kebobolan dan kini penjaga gawang Gianluigi Donnarumma semakin mendekati rekor yang pernah dipegang oleh legenda Juventus, Dino Zoff.

Rekor 1.000 menit lebih tanpa kebobolan ini pun membuat Roberto Mancini menjadi manajer dengan rekor clean sheet terlama bagi Gli Azzurri sejak era Feruccio Valcareggi, dan sementara Italia akhirnya menang 1-0 atas Wales, perhitungan itu menjadi 1.054 menit tanpa kebobolan.

Advertisement

Mantan manajer Gli Azzurri Azeglio Vicini memiliki statistik terbaik berikutnya dalam rekor clean sheet ini dengan 981 menit tanpa kebobolan, ketika pemain Argentina Claudio Caniggia memecahkan rekor tersebut pada tahun 1990.

Rekor clean sheet mutlak Italia saat ini masih dipegang oleh mantan kiper Juventus Dino Zoff, yang mencatatkan 1.143 menit tanpa kebobolan dari tahun 1972 hingga 1974, ketika Feruccio Valcareggi memimpin tim nasional.

Namun Dino Zoff, yang memenangkan Euro 1968 dan Piala Dunia 1982 bersama Italia, sudah mengakui bahwa dia tidak keberatan jika Gianluigi Donnarumma mengalahkan rekornya selama Kejuaraan Eropa musim panas ini.

“Jika rekor saya dikalahkan, saya akan senang,” kata Dino Zoff kepada La Gazzetta dello Sport. “Itu berarti Italia bisa melangkah jauh ke Wembley (tempat final Euro digelar). Tetapi bahkan jika Donnarumma kebobolan gol, itu tidak akan banyak berubah, skuad ini memiliki sumber daya hebat untuk menjadi tim yang kompetitif, untuk membalikkan situasi. Itu bisa terjadi dan seharusnya tidak menjadi masalah.”