Jay Idzes OTW Naturalisasi, Timnas Indonesia Punya Pertahanan Terkuat di Asia Tenggara

Gila Bola – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memastikan Jay Idzes adalah pemain terbaru yang akan dinaturalisasi. Ia dinilai akan menambah kekuatan lini pertahanan timnas Indonesia.

Pemgumuman ini disampaikan langsung Erick Thohir melalui situs resmi PSSI, Rabu (6/9). Dalam pernyataannya, ia menyatakan pemain asal klub Venezia Jay Izes akan diproses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasional untuk Garuda Mendunia.

Bagi pecinta sepak bola tanah air, nama Jay Idzes mungkin masih asing ditelinga. Pasalnya, namanya sangat jarang disebutkan sebagai pemain yang akan dinaturalisasi oleh PSSI.

Namun Jay bukanlah pemain sembarangan. Pemain sepak bola berusia 23 tahun musim lalu bermain di Eredivisie bersama Go Ahead Eagles dan membantu finis di peringkat ke-11 Liga Belanda. Kini hadirnya Jay Idzes jelas memberikan kekuatan baru untuk pertahanan timnas Indonesia.

Pertahanan Timnas Ngeri

Keputusan menaturalisasi Jay Idzes membuat timnas Indonesia memiliki lini pertahanan  terkuat di Asia Tenggara. Selain Jay Idzes, posisi bek tengah naturalisasi ada Jordi Amat dan Elkan Baggott. Menariknya, semuanya aroma Eropa.

Sementara nama lainnya di timnas Indonesia memiliki Rizky Ridho dan Muhammad Ferrari. Belum lagi ada debutan Wahyu Prasetyo, bek PSIS Semarang yang bisa memberikan warna baru di lini belakang Skuad Garuda.

Dengan demikian, timnas Indonesia senior memiliki banyak pilihan di lini pertahanan dan akan memudahkan Shin Tae-yong memoles tim. Namun trio bek naturalisasi bisa menjadi andalan STY seperti Jordi Amat, Elkan Baggot, dan Jay Idzes.

Profil Jay Idzes

Jay Idzes merupakan pemain kelahiran Mierlo, Belanda pada Juni 2000. Ia memiliki keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya. Awal karier sepak bola Jay dimulai bersama PSV Eindhoven junior.

Lima tahun di akademi PSV Eindhoven, Jay Idzes bergabung dengan akademi VVV-Venlo dan Helmodsports pada 2014. Usai itu, ia bermain di FC Eindhoven dan bermain di tim akademi junior. Namun ia dibutuhkan tim utama dan bermain dalam 57 laga.

Kemudian Jay Idzes pindah ke Go Ahead Eagles dan bermain reguler dalam dua musim di Eredivisie. Pada musim panas 2023, Jay mencari petualangan baru dan bergabung dengan Venezia dengan status bebas transfer yang berkompetisi di Serie B Italia.

Pemain Serbabisa

Wajar jika PSSI ingin menaturalisasi Jay Idzes. Pasalnya, sang pemain juga bisa bermain di posisi lain selain bek tengah. Tercatat bisa bermain di posisi gelandang bertahan dan sentral.

Di sisi lain, Jay Idsez akan mudah dinaturalisasi karena berdasarkan situs transfermarkt sang pemain belum pernah bermain di timnas Belanda junior.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!